Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

4 Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasi

Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan
Advertisements

Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan – Kartu ATM adalah alat tarik tunai melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang diterbitkan oleh bank. Kartu ATM juga bisa digunakan sebagai kartu debit, karena kartu ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara elektronik.

Namun perlu diketahui ada PERBEDAAN KARTU ATM DAN KREDIT, meskipun meskipun secara fungsional kedua jenis kartu ini sama, yaitu bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara elektronik ataupun penarikan tunai pada mesin ATM.

Dan pada kesempatan ini, kami ingin membahas tentang penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan. Karena tidak jarang terjadi masalah pada kartu ATM yang menyebabkan kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk tarik tunai atau transaksi lainnya.

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan kartu ATM tidak bisa digunakan, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini secara lengkap.

Jenis-Jenis Kartu ATM

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu macam-macam kartu ATM. Dimana saat ini terdapat dua jenis kartu ATM yaitu, kartu ATM non chip dan chip.

Meskipun saat ini kartu ATM non chip sudah tidak bisa digunakan karena peraturan pemerintah yang mengharuskan setiap bank sudah menggunakan kartu ATM chip untuk lebih meningkatkan keamanan data para nasabah bank.

Dan hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan. Apabila jenis kartu ATM kalian saat ini masih menggunakan jenis kartu ATM non chip dan dari pihak bank sudah tidak lagi mengaktifkan jenis kartu tersebut, maka kartu ATM tidak dapat lagi digunakan.

Advertisements

Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan

Selain penyebab yang kami jelaskan diatas, masih ada beberapa penyebab lainnya yang menjadikan kartu ATM tidak bisa digunakan. Apabila kalian ingin mengetahui beberapa penyebab lainnya secara lengkap, maka kalian bisa langsung melihat beberapa penyabab tersebut dibawah ini.

Status Kartu ATM Pasif

Status kartu ATM pasif artinya kartu ATM tidak pernah digunakan. Seperti misalnya kartu ATM BRI akan berstatus pasif jika tidak digunakan lebih dari 540 hari. Hal tersebut akan bersifat otomatis, karena sudah dilakukan secara sistematis.

Masa Aktif Kartu Habis

Tidak berbeda jauh dengan beberapa jenis kartu lainnya, kartu ATM juga memiliki masa aktif yang tertera pada bagian depan. Apabila masa aktif kartu ATM sudah habis, maka secara otomatis juga kartu ATM tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

Kartu ATM Rusak

Penyebab lainnya ialah kartu ATM rusak. Apabila terjadi kerusakan pada kartu ATM seperti kartu patah, bagian chip tergores dan kotor. Maka hal tersebut bisa menjadi penyebab kartu ATM tidak terbaca, error dan tidak bisa digunakan.

Mesin ATM Rusak

Penyebab terakhir ialah mesin ATM error. Apabila terjadi masalah pada mesin ATM, maka hal tersebut juga bisa menjadi penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan. Ciri ciri mesin ATM error biasanya adalah kartu ATM tidak bisa masuk.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan

Adapun untuk cara mengatasi kartu ATM tidak bisa digunakan sesuai dengan penyebabnya. Apabila penyebab tidak bisa digunakan karena kartu pasif, maka sering-seringlah menggunakan kartu tersebut. Meskipun hanya untuk cek saldo, mutasi atau lainnya.

Sedangkan untuk cara mengatasi masa aktif kartu habis atau rusak, sebaiknya kalian lakukan pergantian kartu ATM pada bank yang digunakan. Sedangkan untuk yang mengalami permasalahan pada mesin ATM, maka silahkan pilih mesin ATM terdekat lainnya yang masih bisa digunakan.

Biaya Ganti Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan

Adapun untuk kalian yang mengalami permasalahan kartu ATM rusak atau masa aktif sudah habis dan perlu melakukan pergantian kartu. Maka perlu diketahui terdapat biaya ganti kartu ATM. Dimana biaya yang dikenakan itu bervariasi, sesuai dengan jenis kartu yang digunakan.

Biasanya pihak bank akan membebankan biaya kurang lebih Rp 5.000 sampai Rp 15.000 sesuai dengan jenis kartu yang digunakan seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Namun ada juga beberapa bank dan jenis kartu yang tidak dipungut biaya.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi tentang penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan dan cara mengatasinya yang pada kesempatan hari ini dapat Pakai Banking berikan, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak-banyak bantuan untuk kalian.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *