Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

7 Perbedaan Kartu Debit dan Kredit : Pengertian & Contoh

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit – Transaksi non tunai saat ini menjadi banyak pilihan orang, karena hal tersebut menjadikan kita tidak perlu membawa banyak uang di dalam dompet. Selain itu, hal tersebut juga dapat mengurangi resiko yang tidak diinginkan seperti kecurian.

Ada beberapa pilihan jenis transaksi non tunai, diantaranya ialah menggunakan kartu debit dan kredit. Jika dilihat cara penggunaannya, kedua jenis kartu tersebut tidak memiliki perbedaan. Namun jika dilihat lebih detail, terdapat beberapa perbedaan diantara kedua kartu tersebut.

Untuk kalian yang sekiranya suka berbelanja di minimarket atau toko dengan pembayaran non tunai, maka kalian bisa menggunakan MESIN EDC. Karena mesin EDC dapat digunakan untuk menerima pembayaran dari kartu debit dan kredit.

Nah, bagi kalian yang sekiranya masih belum mengetahui dengan pasti apa saja perbedaan kartu debit dan kredit secara lengkap, maka kalian bisa melihat dahulu beberapa perbedaan tersebut pada pembahasan yang akan Pakai Banking berikan hari ini.

Apa Itu Kartu Debit dan Kredit

Sebelum kami lanjutkan ke informasi perbedaan kedua kartu tersebut, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kedua kartu tersebut. Karena dari pengertian kedua kartu tersebut sudah akan terlihat perbedaan utama.

Apa Itu Kartu Debit

Pengertian kartu debit adalah sebuah kartu yang digunakan untuk pembayaran secara elektrnonik yang diterbitkan pihak bank. Kartu debit dapat difungsikan sebagai alat pembayaran non tunai dan dapat juga digunakan sebagai alat untuk tarik tunai, sehingga dikenal juga dengan sebutan kartu ATM.

Apa Itu Kartu Kredit

Pengertian kartu kredit adalah sebuah jenis pelayanan pembayaran retail non tunai dengan cara kredit. Para pengguna akan mendapatkan pinjaman untuk transaksi dan pinjaman tersebut harus dikembalikan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Setelah mengetahui pengertian kartu kredit dan debit, maka sudah sedikit terlihat perbedaan antara kedua kartu tersebut. Namun untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat perbedaan kartu kredit dan debit yang akan kami berikan secara lengkap dibawah ini.

1. Tampilan Kartu

Dari segi tampilan, kartu kredit dan debit tidak memiliki perbedaan cukup signifikan. Kedua jenis kartu tersebut memiliki tampilan kurang lebih sama, namun untuk jenis kartu kredit biasanya akan terdapat logo perusahaan kartu kredit seperti Mastercar, Visa, American Express, dll.

Sedangkan untuk jenis kartu debit ada yang memiliki logo perusahaan tersebut dan ada juga yang tidak. Selain itu, pada bagian belakang kartu debit juga terkadang ada yang dilengkapi dengan 3 digit angka dan ada juga yang tidak. Jika kartu kredit sudah pasti dilengkapi 3 digit angka pada bagian belakang kartu.

2. Limit Transaksi

Perbedaan selanjutnya terdapat pada limit transaksi. Limit transaksi pada kartu debit sesuai dengan saldo pada rekening, sedangkan untuk limit transaksi kartu kredit sesuai dengan jenis kartu dan perjanjian saat membuat kartu kredit.

Limit transaksi kartu kredit bervariasi, mulai dari jutaan rupiah sampai dengan ratusan juta rupiah. Tergantung dari riwayat keuangan dan transaksi yang sudah dilakukan oleh pengguna kartu kredit.

3. Biaya Transaksi

Untuk perbedaan selanjutnya ialah terdapat pada biaya transaksi. Biaya transaksi kartu debit biasanya hanya dikenakan pada saat pengguna melakukan transaksi beda bank, dimana pengguna akan terkena biaya sebesar Rp 6.500.

Sedangkan untuk pengguna kartu kredit, terdapat beberapa biaya yang perlu dibayarkan yang diantaranya adalah biaya bunga, kelebihan pemakaian, biaya materai dan beberapa biaya lainnya.

4. Cara Transaksi

Perbedaan berikutnya ialah dari cara transaksi. Cara transaksi kartu debit tergolong cukup simpel, para pengguna cukup melakukan verifikasi pembayaran dengan memasukan PIN kartu debit atau kartu ATM saja. Sedangkan untuk pengguna kartu kredit ada sejumlah verifikasi transaksi yang diantaranya bisa tanda tangan atau PIN.

5. Pembayaran

Perbedaan utama kedua kartu tersebut ialah solusi pembayaran. Pembayaran dengan kartu debit dilakukan secara cash atau tunai, setelah proses pembayaran selesai maka saldo pada rekening tabungan akan langsung terpotong sesuai dengan jumlah pembayaran.

Sedangkan untuk kartu kredit, pembayaran akan ditagihkan sesuai dengan jatuh tempo pada saat perjanjian membuat kartu kredit. Selain itu, pembayaran tersebut juga dapat dilakukan dalam beberapa waktu, misalnya dalam waktu 1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan.

6. Promo Belanja

Perbedaan utama lainnya ialah promo belanja. Para penjual biasanya banyak menawarkan promo untuk para pengguna kartu kredit, sedangkan untuk pengguna kartu debit biasanya tidak cukup promo yang ditawarkan. Karena pengguna kartu kredit sendiri tidak sebanyak kartu ATM.

7. Kewajiban Pengguna

Sedangkan perbedaan terakhir ialah kewajiban pengguna. Dimana bagi pengguna kartu debit diwajibkan untuk memiliki tabungan pada bank penerbit kartu debit tersebut. Sedangkan untuk pengguna kartu kredit tidak diwajibkan untuk memiliki tabungan pada bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.

Contoh Kartu Debit dan Kredit

Seteah mengetahui beberapa perbedaan diantara kedua jenis kartu tersebut, maka saatnya kalian juga mengetahui contoh dari kedua kartu tersebut. Dimana contoh kartu kredit dan debit tersebut dapat kalian lihat pada gambar kartu berikut ini.

Akhir Kata

Itu dia beberapa perbedaan kartu debit dan kredit yang sekiranya dapat kami berikan kepada kalian semua pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan pada kesempatan hari ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semuanya.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *