Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan? Ini Cara Mengatasinya!

Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan
Advertisements

Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan – Salah satu fasilitas bank BNI yang diberikan kepada nasabah nya yaitu kartu ATM. Dimana menggunakan kartu ATM BNI, nasabah bisa melakukan beberapa transaksi perbankan melalui mesin ATM maupun mesin EDC. Seperti untuk transfer, pembayaran non tunai maupun untuk beberapa transaksi lainnya.

Ada beberapa pengguna kartu ATM Bank Negara Indonesia yang mengalami kendala ketika digunakan. Seperti kartu ATM rusak, kartu ATM tertelan maupun kartu ATM tidak bisa digunakan. Namun sebenarnya apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi kartu ATM BNI tidak bisa digunakan?

Ada beberapa masalah yang menyebabkan kartu ATM Bank Negara Indonesia tidak bisa digunakan untuk transaksi maupun tidak bisa digunakan di mesin ATM. Cara mengatasi kartu ATM BNI tidak bisa digunakan bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa mengatasi sendiri ketika terjadi masalah kartu ATM BRI tidak bisa dipakai.

Nah pada artikel kali ini, admin Pakaibanking.com akan menyajikan ulasan mengenai cara mengatasi kartu ATM BNI tidak bisa digunakan. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak ulasan mengenai beberapa penyebab kartu ATM BNI tidak bisa dipakai berikut ini.

Penyebab Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

Beberapa penyebab kartu Anjungan Tunai Mandiri BNI tidak bisa digunakan yakni karena masa aktif kartu sudah habis, kartu berstatus Dormant maupun adanya masalah lainnya di kartu atau rekening BNI tersebut. Penyebab kartu ATM Bank Negara Indonesia tidak bisa digunakan diantaranya sebagai berikut:

1. Masa Aktif Kartu ATM BNI Habis

Penyebab kartu ATM BNI tidak bisa dipakai yang pertama yakni mengenai masa aktif kartu atau Valid Thru. Dimana setiap kartu ATM tentunya memiliki masa aktif atau expired sampai dengan 5 tahun. Sehingga ketika kartu ATM tersebut sudah lebih dari 5 tahun masa aktifnya, maka bisa membuat kartu ATM tidak bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM maupun mesin EDC.

2. Kartu ATM BNI Berstatus Dormant

Penyebab kartu ATM BNI tidak bisa digunakan kedua yaitu karena kartu ATM BNI memasuki masa Dormant atau berstatus menjadi pasif. Dimana kartu ATM akan berstatus Dormant ketika nasabah tidak menggunakan kartu ATM maupun rekening dengan jangka waktu 6 bulan lamanya. Sehingga jika ATM BNI tidak digunakan lebih dari 6 bulan, maka kemungkinan ATM tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali untuk transaksi.

Advertisements

3. Kartu ATM Rusak

Penyebab kartu ATM BNI tidak bisa dipakai ketiga yakni karena kartu ATM BNI mengalami kerusakan. Dimana kerusakan tersebut seperti kartu ATM BNI patah, retak maupun pita hitam di kartu ATM BNI ter gores. Sehingga ketika ATM tersebut mengalami kerusakan maka mesin ATM akan menolak atau tidak bisa digunakan di mesin ATM tersebut.

4. Kartu ATM BNI Belum Diganti Chip

Masalah kartu ATM BNI tidak bisa dipakai selanjutnya yakni dikarenakan kartu ATM BNI tersebut belum di ganti ke kartu ATM yang ber teknologi Chip. Pasalnya sekarang ini kartu ATM lama perlu ditukar dengan kartu ATM yang sudah ber Chip. Dan pihak Bank sudah memberlakukan penggunaan kartu ATM Chip tersebut.

Nah setelah ketahui beberapa penyebab di atas, sekarang bagaimana cara mengatasi kartu ATM Bank Negara Indonesia tidak bisa digunakan? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

Ada beberapa langkah atau proses yang perlu kalian lakukan agar kartu ATM bisa digunakan kembali. Seperti dengan mengaktifkan kembali, mengganti kartu ATM BNI maupun beberapa cara lainnya. Cara mengatasi kartu ATM BNI tidak bisa dipakai adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan Kembali Kartu ATM

Cara mengatasi kartu ATM Bank Negara Indonesia tidak bisa digunakan pertama yakni dengan melakukan pengaktifan kembali kartu ATM tersebut. Cara ini dapat digunakan ketika kartu ATM tersebut sudah memiliki masa aktif lebih dari 5 tahun maupun pada kartu ATM yang sudah berstatus Dormant. Silahkan kunjungi kantor BNI terdekat untuk mengaktifkan kembali kartu ATM tersebut. Kalian perlu membawa persyaratan seperti KTP, buku rekening maupun kartu ATM BNI yang sudah tidak aktif tersebut.

2. Ganti Kartu ATM BNI Chip

Cara kedua untuk mengatasi kartu ATM BNI tidak bisa digunakan kedua yakni dengan mengubah kartu ATM ke yang sudah ber teknologi Chip. Cara ini dapat digunakan ketika kartu ATM kalian masih menggunakan versi lama atau belum terpasang Chip. Untuk persyaratan nya pun kalian perlu membawa dokumen seperti KTP, buku rekening maupun kartu ATM BNI lama kalian.

Berbicara mengenai cara mengatasi kartu ATM rusak di Bank Negara Indonesia, nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 sampai dengan Rp 25.000 sesuai dengan jenis kartu.

Selain Bank Negara Indonesia, kemarin Pakaibanking.com juga sudah pernah mengulas tentang penyebab dan cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan. Dan buat kalian yang ingin baca artikel lainnya mengenai kartu ATM, silahkan kunjungi halaman Kategori Kartu ATM dari Pakaibanking.com

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu ATM Bank Negara Indonesia tidak bisa digunakan. Bagaimana, apakah masih ada yang mengalami kendala ketika mencoba mengatasi kartu ATM BNI tidak bisa dipakai menggunakan beberapa cara di atas?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas bahwa ada beberapa masalah yang menyebabkan kartu ATM BNI tidak bisa digunakan. Misalnya karena kartu ATM BNI belum menggunakan Chip, kartu ATM BNI sudah melewati batas masa aktif maupun karena kartu ATM BNI tersebut mengalami kerusakan seperti patah, retak atau lainnya. Untuk cara mengatasinya, kalian bisa datang ke kantor BNI terdekat untuk mengaktifkan kembali maupun mencetak ulang kartu ATM BNI.

Sekian artikel kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi kartu ATM Bank Negara Indonesia tidak bisa digunakan. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Pakaibanking.com dan semoga artikel di atas tentang kartu ATM BNI tidak bisa dipakai dapat menambah informasi buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Pakaibanking.com

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *