Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Kenapa Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai ? Penyebab & Solusi

Kenapa Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai
Advertisements

Kenapa Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai – Kartu ATM merupakan salah satu fasilitas perbankan yang diberikan untuk mempermudah proses transaksi nasabahnya, dimana hal tersebut memungkinan nasabah untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM, EDC atau lainnya.

Salah satu layanan yang dapat dilakukan melalui mesin ATM ialah layanan tarik tunai, dimana nasabah dapat mengambil uang melalui mesin ATM. Namun hal tersebut terkadang mengalami sebuah kendala, sehingga proses tarik tunai tidak bisa dilakukan pada mesin ATM.

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan kartu ATM tidak bisa tarik tunai? Maka ada baiknya jika kalian lihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan diberikan dengan pokok pembahasan permasalahan tidak bisa tarik tunai.

Siapa tahu saja setelah kalian melihat informasi yang kami berikan hari ini, maka permasalahan yang sedang kalian hadapi bisa teratasi atau terbantu. Apabila kalian sudah ingin mengetahui informasi selengkapnya, maka bisa langsung melihat informasinya dibawah ini.

Kenapa Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Permasalahan kartu ATM tidak bisa tarik tunai memang sering terjadi, oleh karena itu tidak sedikit orang bertanya kenapa kartu ATM tidak bisa terik tunai padahal saldo masih ada dan beberapa pertanyaan lainnya seputar hal tersebut.

Kondisi tidak bisa tarik tunai sendiri bisa terjadi karena beberapa hal, dan untuk cara mengatasi atau solusi permasalahan tersebut harus disesuaikan dengan penyebab kenapa permasalahan tersebut bisa terjadi. Agar solusi atau cara mengatasi yang dipilih bisa tepat.

Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Penyebab tidak bisa tarik tunai pada Mesin ATM itu sendiri diantaranya adalah saldo tidak mencukupi, kartu ATM disable dan mesin ATM bermasalah. Adapun untuk penjelasan lengkap dari setiap penyebab permasalahan tersebut adalah sebagai berikut.

Advertisements

1. Saldo Tidak Mencukupi

Saldo tidak mencukupi berlaku untuk saldo rekening dan saldo pada mesin ATM. Pastikan saldo pada rekening memiliki jumlah yang sesuai dengan jumlah tarik tunai. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan jumlah saldo endapan pada rekening.

Karena ada beberapa jenis rekening yang mengendapkan saldo dan saldo endapan tersebut tidak dapat ditarik. Apabila kalian melakukan tarik tunai melebihi batas minimal saldo endapan pada rekening, maka proses tarik tunai bisa dilakukan.

Selain itu, saldo pada mesin ATM juga harus sesuai dengan jumlah penarikan, apabila jumlah uang pada mesin ATM tidak sesuai dengan jumlah tarik tunai, maka proses tarik tunai juga tidak dapat dilakukan. Hal ini biasanya ditandai dengan tidak terjadinya apa-apa pada saat tarik tunai.

2. Kartu ATM Disable

Penyebab selanjutnya adalah karena kartu ATM disable. Kondisi kartu ATM disable atau dinonaktifkan sudah dapat dipastikan tidak bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi, termasuk tarik tunai. Sehingga perlu diperiksa bagaimana status kartu ATM yang digunakan.

3. Mesin ATM Bermasalah

Penyebab terakhir adalah mesin ATM bermasalah. Apabila terjadi permasalahan pada mesin ATM, maka tidak menutup kemungkinan proses transaksi tidak dapat dilakukan, baik itu transaksi finansial seperti tarik tunai atau transaksi non-finansial seperti cek saldo dan cek mutasi.

Akan tetapi pada saat mesin ATM mengalami masalah, biasanya akan muncul pemberitahuan pada layar ATM atau dipasangi tanda yang memberitahukan bahwa mesin ATM tersebut tidak dapat digunakan. Sehingga para nasabah akan mengetahui kondisi tersebut diawal sebelum menggunakan mesin ATM.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari masalah tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi kartu ATM tidak bisa tarik tunai? Untuk dapat menentukan cara mengatasi atau solusi yang sesuai, maka perlu dilakukan pemeriksa secara bertahap untuk mengetahui penyebab permasalahan.

Maka dari itu, kami sarankan kepada kalian untuk memeriksa dari penyebab pertama, yaitu memeriksa saldo rekening. Pastikan saldo rekening sesuai dengan jumlah tarik tunai yang akan dilakukan. Apabila hal tersebut sudah dilakukan dan tetap tidak bisa tarik tunai.

Maka hal tersebut bisa terjadi karena jumlah uang pada mesin ATM sudah habis atau tidak sesuai dengan jumlah tarik tunai yang dilakukan, sehingga proses tarik tunai tidak dapat dilakukan. Apabila hal ini terjadi, maka tidak ada solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

Sedangkan untuk penyebab permasalahan karena kartu ATM disable, kalian bisa memeriksa menggunakan mobile banking, internet banking atau secara langsung menanyakan kepada CS bank yang kalian gunakan.

Apabila status kartu ATM disable, maka kalian bisa melakukan cara mengaktifkan kartu ATM disable. Setelah mengaktifkan kembali kartu ATM, coba kalian gunakan untuk bertransaksi tarik tunai. Apabila masih tetap tidak bisa digunakan, maka penyebabnya ada pada mesin ATM.

Untuk permasalahan yang terjadi karena mesin ATM rusak, maka hal tersebut juga tidak memiliki solusi selain mencari mesin ATM lain yang dapat digunakan. Karena hal tersebut hanya dapat diatas oleh teknisi yang bersangkutan.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi mengenai kenapa kartu ATM tidak bisa tarik tunai, semoga saja informasi yang baru saja Pakai Banking berikan pada kesempatan hari ini dapat memberikan banyak tambahan informasi untuk kalian semuanya yang memang sedang membutuhkan.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *