Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Kartu ATM Chip Tidak Terdeteksi : Penyebab & Cara Mengatasi

Kartu ATM Chip Tidak Terdeteksi

Kartu ATM Chip Tidak Terdeteksi – Kartu ATM chip merupakan salah satu perkembangan dalam dunia perbankan. Dimana jenis kartu menggunakan chip awalnya hanya digunakan pada jenis kartu kredit saja, namun saat ini sudah digunakan juga pada kartu ATM atau Debit.

Kartu ATM awalnya menggunakan jenis kartu magnetic stripe atau kartu strip magnetik. Dimana penggunaan kartu ATM strip magnetik dapat digesek pada Mesin EDC, sedangkan untuk chip cukup dimasukan saja.

Kartu ATM berbasis chip digadang-gadang memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis strip magnetik. Namun hal tersebut tidak membuat jenis kartu ATM chip terlepas dari yang namanya error, karena terjadi beberapa kasus kartu ATM chip tidak terdeteksi.

Untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan kartu ATM tidak terdeteksi di mesin ATM, maka saat ini kalian sedang berada pada tempat yang tepat. Karena Pakai Banking saat ini akan membahas hal tersebut secara lengkap.

Kartu ATM Chip Tidak Terdeteksi

Kartu ATM chip tidak terdeteksi memiliki beberapa penyebab dan dari penyebab tersebut kalian dapat memilih cara mengatasi hal tersebut. Apabila kalian ingin mengetahui apa saja penyebab kartu ATM tidak terdeteksi dan cara mengatasinya.

Maka kalian bisa langsung melihat informasi selengkapnya yang akan kami sajikan dibawah ini.

Penyebab Kartu ATM Chip Tidak Terdeteksi

Ada banyak penyebab kartu ATM tidak terdeteksi, dimana penyebab tersebut bisa terjadi karena kartu ATM yang bermasalah ataupun mesin ATM nya yang bermasalah. Sehingga kalian harus teliti pada saat akan menggunakan kartu ATM.

Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Chip pada kartu ATM kotor atau terdapat benda lain yang menutupi.
  • Terdapat goresan atau terkelupas pada bagian chip.
  • Terdapat masalah pada mesin ATM yang digunakan.
  • Mesin ATM sedang dalam kondisi pemeliharaan (Maintenance).

Cara Mengatasi Kartu ATM Chip Tidak Terdeteksi

Setelah kalian mengetahui beberapa penyebab kartu ATM tidak terdeteksi, lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Silahkan kalian pilih cara mengatasi kartu ATM chip tidak terdeteksi sesuai dengan penyebab permasalahan.

Apabila penyebabnya karena kartu ATM kotor, maka silahkan bersihkan kartu ATM terlebih dahulu. Sedangkan untuk yang kartu ATM nya rusak atau terdapat goresan, sebaiknya ganti kartu ATM terlebih dahulu. Karena tidak ada cara untuk mengatasi hal tersebut selain mengganti kartu.

Sedangkan untuk penyebab permsalahannya terdapat mesin ATM, maka silahkan ganti mesin ATM yang digunakan. Atau kalian bisa memanfaatkan fasilitas perbankan lainnya untuk sementara waktu seperti mobile banking, internet banking atau sms banking untuk bertransaksi sementara waktu.

Cara Merawat Kartu ATM Chip

Perlu kalian ketahui, ada beberapa cara untuk merawat kartu ATM chip supaya tidak mudah rusak, tergores ataupun kotor. Sehingga kartu ATM tidak terjadi error pada saat akan digunakan. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tempat Penyimpanan

Pastikan menyimpan kartu ATM pada tempat yang benar. Usahakan menyimpan kartu ATM pada tempat yang sesuai, seperti misalnya disimpan pada tempat khusus kartu ATM. Kalau pun ingin disimpan dalam dompet, usahakan untuk tidak meletakan dompet dikantong celana belakang.

Karena menyimpan kartu ATM dalam dompet kemudian diletakan dikantong celana belakang, tidak menutup kemungkinan dapat membuat kartu ATM menjadi rusak bahkan patah, karena kartu ATM tertekan pada saat duduk.

2. Bersihkan Kartu

Apabila kalian menyimpan kartu ATM pada tempat yang benar, kemungkinan kartu ATM kotor sangat minim terjadi. Akan tetapi untuk kalian yang menyimpan kartu ATM disembarang tempat, tidak menutup kemungkinan kartu ATM dapat kotor.

Jadi untuk kalian yang menyimpan kartu ATM disembarang tempat, usahakan untuk membersihkan kartu ATM secara rutin. Paling tidak pada saat akan menggunakan kartu tersebut. Hal tersebut bertujuan supaya tidak terjadi error pada saat digunakan seperti tidak terdeteksi.

Akhir Kata

Demikian itu beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu ATM chip tidak terdeteksi yang sekiranya dapat kami berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semuanya.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.