Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

2 Cara Mengetahui PIN ATM dari Buku Tabungan Semua Bank 2022

Advertisements

Cara Mengetahui PIN ATM dari Buku Tabungan – membahas mengenai proses atau cara mengecek nomor PIN ATM menggunakan buku tabungan. Dimana buku tabungan sendiri berkaitan dengan hampir seluruh data ATM.

Menggunakan layanan tabungan di bank sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Pasalnya kini jumlah perbankan di dalam negeri berjumlah sangat banyak, baik berupa bank BUMN maupun swasta. Dimana semua ATM bank tersebut wajib menggunakan PIN ATM, sehingga cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan menjadi salah satu info penting.

Karena adanya peraturan pemerintah RI mengenai PIN ATM, kini seluruh ATM harus menggunakan PIN dengan alasan keamanan data serta keamanan transaksi. Lalu bagaimana jika tidak mengetahui PIN ATM tersebut? Bila demikian maka kalian harus menggunakan cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan ataupun pelayanan perbankan lainnya.

Sebagai catatan awal, cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan hanya dapat dilakukan jika rekening masih dalam kondisi aktif. Untuk mengetahui kondisi aktif tidaknya tabungan, silakan gunakan CARA MENGETAHUI REKENING MASIH AKTIF ATAU TIDAK.

Sekilas Tentang PIN ATM

Sebelum menuju ke uraian tentang cara mengetahuinya, ada baiknya jika kalian tahu lebih dulu informasi mengenai PIN ATM. Dimana PIN ATM itu sebenarnya adalah singkatan untuk menyebut istilah Personal Identification Number (nomor identifikasi individu).

Artinya setiap orang mungkin saja memiliki nomor identifikasi atau PIN ATM tersendiri. Di Indonesia, aturan tentang pemakaian wajib PIN ATM telah diberlakukan sejak beberapa tahun terakhir. Tujuannya adalah supaya nasabah bank bisa lebih aman saat melakukan transaksi di ATM.

Meskipun mempunyai tingkat keamanan tinggi, PIN ATM terkadang masih memberikan kesulitan bagi seseorang yakni kelupaan PIN ATM. Jika sudah demikian maka kartu ATM tidak bisa digunakan baik di mesin ATM maupun EDC.

Advertisements

Bila sudah terlanjur lupa dengan PIN ATM milik sendiri, maka untuk mengetahuinya kalian perlu bertanya kepada pihak bank atau mencarinya di dokumen terkait rekening tabungan, seperti buku tabungan.

Kegunaan Utama Buku Tabungan

Seperti sudah disinggung di atas bahwa buku tabungan dapat dipahami sebagai salah satu dokumen utama terkait kepemilikan rekening tabungan atau simpanan. Dimana kegunaan utama buku tabungan yaitu sebagai tempat pencatatan data tabungan serta mutasi.

Beberapa contoh informasi utama yang pasti tercatat di dalam buku tabungan ATM yakni seperti :

  • Nama pemilik tabungan.
  • Alamat rumah pemilik tabungan.
  • Nomor rekening tabungan.
  • Nomor seri buku tabungan.
  • Kantor cabang pembuatan tabungan.
  • Tanggal pencetakan buku tabungan.
  • Mutasi transaksi penyimpanan & kredit tabungan.

Dari daftar di atas dapat diketahui bahwa jika nasabah membutuhkan beberapa informasi seputar tabungan miliknya maka bisa langsung mencarinya di dalam buku tabungan. Lalu bagaimana dengan cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan? Jawabannya tersedia pada ulasan di bawah ini.

Cara Mengetahui PIN ATM dari Buku Tabungan

Berdasarkan bahasan mengenai kegunaan utama buku tabungan terlihat jelas bahwa PIN ATM tidak termasuk dalam daftar informasi utama buku tabungan. Dengan kata lain, tidak ada cara mengetahui PIN ATM secara langsung dari buku tabungan.

Kasusnya akan berbeda apabila pemilik buku tabungan sudah pernah menulis sendiri PIN ATM miliknya di dalam buku tabungan. Tapi hal itu sangat jarang ditemui, karena sebagian nasabah tidak berani menulis PIN ATM di buku tabungan.

Cara Mudah Mengetahui PIN ATM Semua Bank

Meskipun cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan belum tersedia, kalian tidak perlu khawatir. Pasalnya ada cara mudah mengetahui PIN ATM yang bisa digunakan untuk seluruh jenis tabungan di semua bank, yakni cara mengetahui dari sistem online serta sistem offline.

Cara Mengetahui PIN ATM dari Sistem Online

Cara umum pertama untuk mengetahui informasi PIN ATM dari semua bank adalah dengan bertanya ke pihak perbankan lewat layanan call center. Berikut ini telah penulis rangkum beberapa kontak call center perbankan ternama di dalam negeri.

  • Mandiri : 14000
  • BRI : 14017
  • BNI : 150046
  • BCA : 1500888
  • BSI : (021) 30405999
  • BTN : 1500286
  • BTPN : 1500300

Silakan hubungi kontak call center di atas jika kalian memang harus melakukan transaksi secepatnya. Tapi ingatlah bahwa saat menghubungi nomor di atas, akan ada biaya telepon yaitu sekitar Rp. 2.000 per menit. Jadi siapkan dulu pulsa sebelum mencoba cara mengetahui PIN ATM dari sistem online di atas.

Cara Mengetahui PIN ATM dari Sistem Offline

Berbeda dengan cara online di atas, cara mengetahui PIN ATM sistem offline adalah dengan datang langsung ke kantor cabangnya. Artinya kalian harus mendatangi kantor bank tempat tabungan berada, lalu menanyakan PIN ATM ke bagian customer service nya. Cara mengetahui PIN ATM lewat CS bank ini tidak dikenai biaya apa pun.

Sebagai catatan tambahan, sebenarnya jika memang lupa dengan PIN ATM maka bisa melakukan cara untuk reset dan atur ulang PIN. Tapi topik tentang lupa PIN ATM setiap bank di Indonesia akan kami bahas sendiri-sendiri di artikel lain. Jadi ikuti terus bahasan Pakaibanking.com agar kalian tidak ketinggalan informasi penting seputar dunia perbankan BUMN maupun swasta.

Akhir Kata

Sekian pembahasan Pakaibanking.com mengenai cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan serta cara mudah lainnya. Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa mengecek PIN ATM dari buku tabungan hampir dikatakan mustahil, karena PIN ATM tidak dicantumkan di buku tabungan. Jadi jika ingin tahu nomor PIN ATM maka harus bertanya kepada pihak bank terkait baik lewat sistem online maupun offline.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.