4 Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif Atau Tidak

Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif Atau Tidak – Rekening adalah sederet nomor unik yang digunakan untuk bertransaksi di Bank, seperti tarik tunai, menabung, hingga pengecekan saldo (baik secara langsung maupun mobile banking atau internet). Setiap orang boleh memiliki nomor rekening lebih dari satu dan tentunya susunan nomornya berbeda.

Nomor rekening ini berfungsi untuk melacak serta mencatat setiap transaksi individu supaya dapat diketahui nominal, lokasi serta waktunya. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini (khususnya di bidang finansial), memiliki rekening adalah suatu hal yang wajib bagi setiap individu, hal ini karena terkait dengan semakin meratanya layanan perbankan sebagai media transaksi.

Nah mengacu pada judul artikel diatas yakni cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak, sebagai pemilik rekening hal tersebut merupakan hal dasar yang sangat penting diketahui dan dipahami terlebih jika kita memiliki rekening lebih dari satu. Mengapa sangat penting? iya, karena jika rekening tidak aktif maka tidak akan bisa digunakan untuk melakukan transaksi apapun dan jika melakukan transaksi memakai rekening tidak aktif maka secara otomatis transaksi dibatalkan.

Lantas bagaimana cara mengetahui sebuah rekening itu masih aktif atau sudah tidak aktif? Nah untuk itu pada kesempatan kali ini pakaibanking akan memberikan informasi seputar permasalahan tersebut. Jadi buat yang masih kebingungan atau sedang mencari informasi mengenai cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak, simak ulasan dari pakaibanking tentang cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak berikut ini.

Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif Atau Tidak

Rekening yang selama periode waktu minimal 6 bulan berturut-turut tidak digunakan maka statusnya akan berubah menjadi rekening pasif atau dalam istilah perbankan dinamakan rekening dormant, hal ini berlaku untuk rekening yang masih memiliki saldo.

Nah untuk rekening yang tidak digunakan untuk bertransaksi selama 6 bulan berturut-turut dan saldo yang dimilikinya 0 (nol) maka rekening akan secara otomatis ditutup oleh sistem dan menjadi rekening tidak aktif. Terkait cara megecek apakah rekening masih aktif atau tidak, ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Adapun cara mengetahui sebuah rekening itu masih aktif atau tidak yaitu sebagai berikut :

1. Mencoba Rekening Untuk Bertransaksi

Cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak yang pertama yaitu dengan mencobanya untuk bertransaksi. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa rekening tidak aktif tidak akan bisa melakukan transaksi apapun. Cek masih aktif atau tidak nya rekening bisa dilakukan dengan mencoba bertransaksi lewat ATM, dengan begitu status rekening akan diketahui dimana jika transaksi berhasil berarti rekening masih aktif. Sebaliknya jika ternyata transaksi gagal, bisa jadi karena rekening sudah tidak aktif.

2. Mengecek Melalui Internet Atau Mobile Banking

Cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak yang kedua yaitu melalui internet banking atau mobile banking. Cara satu ini bisa dibilang cara paling mudah dan simpel karena kita hanya tinggal membuka mobile banking atau internet lalu selanjutnya tinggal lihat status rekening, apakah masih aktif atau tidak.

3. Mengetahui Status Rekening Dengan Menghubungi Customer Service Bank

Cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak juga bisa dilakukan dengan cara menghubungi langsung customer service Bank. Cara ini terbilang sangat mudah karena kita tinggal menghubungi nomor CS Bank lalu tanyakan status rekening apakah masih aktif atau tidak, maka selanjutnya pihak customer service Bank akan menginformasikan kepada kita terkait dengan masih aktif atau tidaknya rekening kita.

4. Mengetahui Rekening Aktif Atau Tidak Dengan Datang Langsung ke Bank

Rekening masih aktif atau tidak juga bisa diketahui dengan datang langsung ke Bank terdekat. Dengan datang langsung ke Bank selain mengetahui status rekening masih aktif atau tidak nantinya jika ternyata rekening sudah dalam kondisi tidak aktif, kita dapat mengaktifkan kembali rekening tersebut. Sebelum datang ke Bank pastikan terlebih dahulu membawa berkas-berkas yang nantinya dibutuhkan, misalnya seperti buku tabyngan, ATM dan kartu ID (KTP).

Nah itu dia beberapa cara untuk mengetahui status rekening apakah masih aktif atau sudah tidak aktif yang bisa anda coba lakukan jika menemui permasalahan tersebut.

Cara Bikin Nomor Rekening Bank Baru

Sebagi informasi tambahan, berikut ini pakaibanking sertakan informasi mengenai cara membuat nomor rekening Bank baru. Ini bisa jadi solusi alternatif ketika setelah melakukan pengecekan status rekening dan ternyata sudah tidak aktif namun tidak mau mengaktifkan kembali rekening tersebut. Adapun cara bikin nomor rekening Bank baru adalah sebagai berikut :

  • Pertama siapkan berkas-berkas seperti KTP, Kartu Keluarga dan lain sebagainya
  • Jika sudah, datangi Bank terdekat di kota Anda, lalu ambil nomor antrian
  • Kemudian tunggu sampai customer service memanggil/menyebut nomor antrian Anda
  • Selanjutnya setelah CS memanggil, sampaikan maksud dan tujuan kedatangan yaitu membuat nomor rekening baru
  • Setelah itu pilih jenis tabungan yang diinginkan, lalu isi data diri pada formulir yang dikasihkan CS tentunya disertai tanda tangan Anda. Disini biasanya pihak CS akan meminta beberapa berkas, seperti KTP, Kartu Keluarga dan sebagainya.
  • Setelah mengisi formulir selesai, nantinya anda akan diberika sebuah ATM, kemudian diminta untuk membuat pin ATM
  • Kemudian setelah semuanya selesai, selanjutnya CS akan memberikan slip setoran guna melakukan transaksi di teller lalu lakukan setoran pertama
  • Terakhir, Anda akan diminta menandatangani beberapa berkas di teller, setelah itu Anda akan diberi buku tabungan baru oleh teller.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak yang bisa pakaibanking bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.