Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

5 Cara Membaca Buku Tabungan BCA, BNI, BRI dan Mandiri

Cara Membaca Buku Tabungan
Advertisements

Cara Membaca Buku Tabungan – Buku tabungan adalah tanda bukti kepemilikan rekening atau tabungan pada bank. Biasanya nasabah akan mendapatkan buku tabungan setelah membuat rekening sebagai tanda bukti dan juga catatan transaksi keuangan.

Oleh karena itu, buku tabugan biasanya digunakan menjadi salah satu syarat untuk mengurus sesuatu hal di bank, karena buku tabungan menjadi salah satu alat bukti jika nasabah tersebut merupakan pemilik rekening atau tabungan tersebut.

Dan selain menjadi alat bukti kepemilikan rekening atau tabungan, buku tabungan juga menjadi catatan transaksi keuangan para nasabah. Dimana nasabah bank tersebut dapat mengetahui jenis transaksi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, Pakai Banking ingin memberikan informasi seputar cara membaca buku tabungan. Barang kali saja masih ada diantara kalian yang belum memahami bagaimana cara membaca buku tabungan BRI, BCA, BNI atau Mandiri.

Isi Buku Tabungan Bank

Sebelum kami lanjutkan ke cara membaca buku rekening, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu isi buku tabungan. Dengan mengetahui apa saja isi buku rekening bank, maka kalian dapat membaca dengan lebih mudah.

1. Keterangan Buku Tabungan

Pada bagian awal buku tabungan umumnya berisi nama pemilik rekening atau tabungan lengkap dengan tanda tangan. Masih diarea yang sama juga terdapat nomor rekening bank dan juga kantor cabang pembuatan buku tabungan tersebut.

Pada bagian selanjutnya akan berisikan sejumlah keterangan seputar bank tersebut diikuti dengan kolom Kode Transaksi Bank. Kode transaksi bank ada yang terletak pada bagian depan atau belakang buku tabungan dan ada juga pada bagian kolom transaksi, sesuai dengan jenis bank.

Advertisements

2. Kolom Transaksi

Isi buku tabungan bank selanjutnya ialah kolom transaksi, kolom transaksi merupakan isi utama dari buku tabungan. Jumlah kolom transaksi ada yang berjumlah 7 kolom ada yang 6 kolom, hal tersebut sesuai dengan jenis bank yang digunakan.

Jumlah kolom transaksi bank BNI, BRI dan BCA biasanya berjumlah 7 kolom, masing-masing kolom berisikan nomor, tanggal, sandi/kode transaksi, debet, kredit, saldo dan pengesahan petugas.

Sedangkan untuk kolom transaksi buku tabungan Mandiri berjumlah 6, masing-masing kolom berisikan nomor, tanggal, sandi/kode transaksi, mutasi, saldo dan pengesahan petugas.

Jadi perbedaan buku tabungan Mandiri dan bank lainya hanya terdapat pada bagian keuangan, dimana jumlah uang masuk dan keluar pada buku tabungan Mandiri menjadi satu kolom pada bagian mutasi. Sedangkan untuk bank lainnya dibuat secara terpisah pada bagian kolom debet dan kredit.

Cara Membaca Buku Tabungan

Lantas bagaimana cara membaca buku tabungan? Setelah kalian mengetahui isi buku tabungan, maka kalian sudah sedikit mengetahui bagaimana cara membaca buku rekening tersebut. Karena membaca buku rekening utamanya ada pada bagian kolom transaksi.

1. Tanggal Buku Tabungan

Kolom tanggal berisikan tanggal transaksi yang dilakukan oleh para nasabah. Jadi kapapun kalian melakukan transaksi, baik menggunakan mobile banking, internet banking atau sms banking, tanggal transaksi yang dilakukan tetap tercatat.

2. Sandi/Kode Transaksi

Pada bagian kolom selanjutnya ialah kode transaksi. Pada kolom ini berisikan kode transaksi berdasarkan jenis transaksi yang dilakukan, biasanya ditulis menggunakan singkatan huruf atau angka. Untuk lebih memudahkan mengetahui jenis transaksi, kalian bisa melihat arti kode transaksi pada bagian kolom kode transaksi.

3. Debet Buku Tabungan

Selanjutnya terdapat kolom debet. Kolom debet merupakan bagian catatan keuangan masuk bank, namun hal tersebut dilihat dari sudut pandang bank. Karena Arti Debet sendiri merupakan catatan keuangan peningkatan aset yang dimiliki bank.

Namun jika dilihat dari sisi nasabah, hal tersebut memiliki arti catatan uang keluar yang dilakukan oleh nasabah. Hal tersebut dikarenakan pihak bank membayar hutangnya kepada nasabah, sehingga termasuk kedalam catatan peningkatan aset.

4. Kredit Buku Tabungan

Sedangkan pada bagian kolom kredit berisikan catatan uang masuk para nasabah. Namun Arti Kredit dari sudut pandang bank adalah pihak bank memiliki hutang kepada nasabah. Oleh karena itu, setiap nasabah melakaukan setor uang akan tercatat pada bagian kredit.

5. Saldo Buku Tabungan

Kolom selanjutnya adalah saldo tabungan, pada bagian kolom ini berisikan jumlah saldo tabungan yang dimiliki oleh para nasabah. Setiap kali nasabah melakukan transaksi baik debet atau kredit, biasanya pada bagian saldo akan mengalami perubahan.

6. Pengesahan Petugas Bank

Kolom terakhir adalah pengesahan petugas bank, pada bagian ini berisikan ID teller bank yang mengurus transaksi pada saat itu. Jadi pada bagian ini para nasabah tidak perlu begitu memperhatikan, terkecuali untuk kepentingan tertentu.

Akhir Kata

Sangat mudah bukan cara membaca buku tabungan? mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan tentang cara membaca buku tabungan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semua, terutama yang belum mengetahui cara membaca buku rekening.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.