Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

7 Penyebab Kartu ATM Disable dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kartu ATM Disable
Advertisements

Penyebab Kartu ATM Disable – Kartu ATM adalah salah satu jenis layanan perbankan yang digunakan untuk melakukan tarik tunai melalui mesin ATM atau dapat juga difungsikan sebagai kartu debit dalam pembayaran melalui mesin EDC.

Tidak berbeda jauh dengan beberapa layanan perbankan lainnya, kartu ATM juga terkadang mengalami masalah, seperti salah satu permsalahan yang sering dialami adalah kartu ATM disable, kartu atm tertelan, hilang atau lainnya.

Nah, pada kesempatan hari ini, Pakai Banking ingin memberikan informasi tentang penyebab kartu ATM disable. Barang kali saja ada diantara kalian yang saat ini sedang mengalami permsahalan kartu ATM disable.

Oleh karena itu, kami ingin membantu dengan memberikan beberapa penyebab masalah tersebut. Namun selain memberikan informasi tentang penyebab permsalahan, kami juga turut memberikan cara mengatasi kartu ATM disable.

Arti Enable dan Disable Kartu ATM

Sebelum kami lanjutkan ke penyebab permsalahan kali ini, alangkah baiknya jika kalian mengetahui arti enable dan disable kartu ATM. Dimana arti enable secara bahasa adalah boleh atau mengaktifkan, sehingga secara harifah kartu ATM enable adalah dapat digunakan.

Sedangkan disable secara bahasa adalah menonaktifkan, maka arti kartu ATM disable adalah kartu ATM yang dinonaktifkan. Dimana pada kondisi ini, kartu ATM tidak dapat digunakan untuk berbagai macam jenis transaksi.

Penyebab Kartu ATM Disable

Lantas apa yang menjadi penyebab kartu ATM disable? Penyabab permsalahan tersebut ada berbagai macam, mulai dari kesalahan pengguna itu sendiri sampai dengan tindakan yang tidak diizinkan. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa langsung melihat beberapa penyebab tersebut dibawah ini.

Advertisements

1. Salah Memasukan PIN ATM

Penyebab pertama ialah salah memasukan PIN kartu ATM sampai 3 kali. Apabila pengguna salah memasukan PIN kartu ATM sebanyak 3 kali, maka secara otomatis kartu ATM akan disable atau dinonaktifkan.

2. PIN ATM Kadaluwarsa

Penyebab kedua adalah PIN kartu ATM kadaluwarsa, kadaluwarsa dalam hal ini adalah PIN kartu ATM sudah lama tidak diganti. Maka dari itu, pihak bank memutuskan untuk mendisable kartu ATM tersebut.

Namun tidak semua jenis bank melakukan hal tersebut, hanya terdapat beberapa jenis bank saja yang melakukan hal tersebut. Dan pada saat melakukan disable juga biasanya pihak bank akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

3. Terdapat Transaksi Mencurigakan

Hal lainnya yang menjadi penyebab kartu ATM disable adalah terdapat transaksi mencurigakan. Apabila pihak bank melihat transaksi yang mencurigakan, maka pihak bank dapat menonaktifkan kartu ATM secara sepihak demi keamanan nasabah.

4. Hacking Kartu ATM

Penyebab selanjutnya adalah terjadi hacking atau pembajakan pada kartu ATM oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apabila terjadi hal seperti ini, maka pihak bank dapat mendisable kartu ATM secara sepihak seperti penyebab sebelumnya.

5. Penyalahgunaan Kartu ATM

Penyebab berikutnya adalah penyalahgunaan kartu ATM. Tidak jarang seseorang membuat rekening bank digunakan untuk hal-hal yang tidak baik, seperti misalnya judi, penipuan atau lainnya. Dari tidakan nasabah tersebut, maka pihak bank dapat menonaktifkan kartu ATM.

6. Skimming Data Nasabah

Skimming atau pencurian data nasabah adalah penyebab kartu ATM disable yang berikutnya, dimana hal ini biasanya langsung dilakukan oleh para hacker ke situs resmi bank tersebut. Dan untuk menjaga data nasabah, biasanya pihak bank akan menonaktifkan kartu ATM terlebih dahulu.

7. Permintaan Nasabah

Penyebab terakhir ialah permintaan nasabah itu sendiri, hal ini biasanya terjadi pada saat kartu ATM hilang. Sebelum nasabah Mengurus Kartu ATM Hilang, alangkah baiknya jika kartu ATM dinonaktifkan terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Kartu ATM Disable

Cara mengatasi kartu ATM disable sendiri sangat mudah, tidak berbeda jauh dengan Cara Membuka Blokir Kartu ATM BRI. Dimana cara paling mudah yang dapat dilakukan ialah mendatangi kantor cabang bank terdekat.

Cara lainnya yang dapat dilakukan ialah melalui layanan internet banking, biasanya pada layanan internet banking setiap bank tersedia fitur untuk disable dan enable kartu ATM. Para nasabah cukup menggunakan fitur tersebut, maka kartu ATM akan dapat digunakan kembali.

Berapa Lama Kartu ATM Disable

Lantas berapa lama kartu ATM disable? Untuk lama waktu kartu tersebut dinonaktifkan sendiri tidak ada batasan. Selama pemilik kartu ATM belum mengaktifkan kembali kartu ATM tersebut, maka kartu akan tetap dalam kondisi disable.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang penyebab kartu ATM disable dan cara mengatasinya, mudah-mudahan saja informasi tentang kartu ATM non aktif diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semuanya.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.