Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Kenapa Kartu ATM BNI Tidak Valid ? Cara Mengatasi & Artinya

Kenapa Kartu ATM BNI Tidak Valid
Advertisements

Kenapa Kartu ATM BNI Tidak Valid – Kartu ATM merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh perbankan untuk melakukan berbagai macam transaksi pada mesin ATM ataupun mesin EDC sebagai alat pembayaran.

Tidak jarang terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi pada kartu ATM, seperti salah satunya adalah kartu ATM tidak valid. Lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi pada kartu ATM? Dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada kesempatan ini kami ingin membahas tentang kenapa kartu ATM BNI tidak valid, jadi untuk kalian yang merupakan nasabah BNI dan kebetulan juga sedang mengalami hal tersebut bisa melihat informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini.

Dimana pada pembahasan kenapa kartu ATM BNI tidak valid yang akan kami berikan hari ini akan diberikan bersama dengan cara mengatasi permsalahan tersebut. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat informasinya dibawah ini.

Kartu ATM BNI Tidak Valid Artinya

Kartu ATM BNI tidak valid artinya kartu ATM tidak dapat digunakan untuk bertransaksi, baik digunakan untuk bertransaksi pada mesin ATM atau mesin EDC. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh banyak penyebab.

Kartu ATM valid sendiri biasanya akan muncul notifikasi error pada saat digunakan atau bisa saja digunakan namun pada saat melakukan transaksi akan muncul notifikasi gagal transaksi. Hal tersebut kembali lagi tergantung dari penyebab permasalahan kartu ATM itu sendiri.

Kenapa Kartu ATM BNI Tidak Valid

Lantas apa yang menjadi penyebab kartu ATM BNI tidak tidak dapat digunakan? Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan permasalahan tersebut. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung melihat beberapa penyebab tersebut dibawah ini.

Advertisements

1. Masa Aktif Habis

Setiap kartu ATM memiliki masa aktif atau expired date yang bisanya tercantum pada bagian depan. Apabila masa aktif kartu sudha habis, maka kartu ATM tersebut sudah tidak dapat lagi digunakan untuk berbagai macam transaksi yang kalian inginkan.

2. Kartu ATM Disable

Penyebab lainnya kenapa kartu ATM tidak valid adalah Kartu ATM Disable. Kartu ATM disable sendiri artinya sama saja kartu atm tidak aktif. Namun hal ini bukan karena masa aktif kartu, akan tetapi dikarenakan keinginan oleh pemilik yang menonaktifkan kartu tersebut.

3. Kartu ATM Rusak

Hal lainnya bisa menjadi penyebab tidak validnya kartu ATM adalah kartu ATM rusak. Kerusakan yang terjadi pada kartu ATM baik itu berupa goresan atau bahkan patah bisa menyebabkan kartu ATM tidak terbaca, sehingga kartu ATM menjadi tidak valid.

4. Kartu ATM Terblokir

Penyebab lainnya ialah karena kartu ATM terblokir. Hal tersebut bisa dikarenakan salah memasukan PIN sebanyak 3 kali atau terjadi tindakan atau transaksi yang mencurigakan sehingga kartu ATM diblokir oleh pihak bank secara sepihak.

5. Status Kartu Dormant

Penyebab terakhir ialah karena status kartu ATM dormant. Status kartu ATM tersebut biasanya muncul secara otomatis apabila kartu ATM tidak pernah digunakan sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, umumnya pihak bank memiliki batas waktu sampai 3-6 bulan.

Cara Mengatasi Kartu ATM BNI Tidak Valid

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa kartu ATM BNI tidak valid, maka dapat ditemukan beberapa solusi atau cara mengatasi. Dimana cara mengatasi permasalahan tersebut harus disesuaikan dengan penyebab permasalahannya.

1. Menghubungi BNI Call Center

Untuk penyebab tidak validnya kartu ATM yang dikarenakan oleh terblokir, status dormant atau disable, maka kalian bisa menghubungi call center BNI di 1500046 / +62-21-30500046. Silahkan kalian beritahukan kepada pihak BNI seputar permasalahan kalian agar dibantu menemukan solusinya.

2. Mendatangi Kantor Cabang BNI

Sedangkan untuk penyebab karena kartu ATM rusak atau masa aktif habis, maka kalian bisa langsung mendatangi salah satu kantor cabang BNI terdekat. Dimana kalian dapat melakukan penggantian kartu ATM untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Biaya Ganti Kartu ATM BNI Tidak Valid

Apabila solusi dari permasalahan diatas adalah ganti kartu, maka kalian perlu mempersiapkan biaya ganti kartu. Biaya ganti kartu ATM BNI sendiri berdasarkan dari jenis kartu yang digunakan dan pembayaran biaya tidak secara langsung, melainkan memotong secara otomatis dari saldo.

Jenis TabunganBiaya
BNI Taplus Bisnis GoldRp 20.000
BNI Taplus Bisnis PlatinumRp 25.000
BNI Taplus MudaRp 25.000
BNI Taplus AnakRp 15.000
BNI Simpanan PelajarRp 10.000
Advertisements

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi tentang kenapa ATM BNI tidak valid yang sekiranya dapat Pakai Banking berikan untuk kalian semua, semoga saja informasi tentang kartu ATM tidak valid diatas bisa memecahkan permasalahan kalian.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.