Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

9 Cara Ganti Kartu ATM BCA Chip Online : Biaya, Perbedaan & Contoh

Cara Ganti Kartu ATM BCA Chip Online

Cara Ganti Kartu ATM BCA Chip Online – Kartu ATM atau kartu debit merupakan salah satu alat transaksi yang digunakan para nasabah bank, baik itu untuk tarik tunai pada mesin ATM ataupun pembayaran non tunai melalui Mesin EDC pada saat berbelanja.

Awal penggunaan kartu ATM di Indonesia sendiri masih menggunakan jenis kartu ATM strip atau non chip, sedangkan belakangan ini para nasabah bank sudah diharuskan untuk menggunakan kartu ATM chip. Sehingga para nasabah harus ganti kartu ATM non chip menjadi chip.

Jadi untuk para nasabah yang masih menggunakan kartu ATM non chip atau strip tidak dapat menggunakan kartu tersebut lagi jika belum ganti ke kartu ATM chip. Karena hal tersebut sudah menjadi peraturan dari pihak bank Indonesia untuk menggunakan kartu ATM chip.

Nah, untuk anda yang merupakan nasabah bank BCA dan kebetulan masih menggunakan kartu ATM non chip, kemudian ingin ganti kartu tanpa harus ke bank atau dirumah saja. Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat cara ganti kartu ATM BCA chip online yang akan kami berikan berikut ini.

Biaya Ganti Kartu ATM BCA Chip Online

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi cara ganti kartu ATM, alangkah baiknya jika anda mengetahui juga berapa biaya ganti kartu ATM BCA chip online tanpa ke bank. Besarnya biaya ganti kartu ATM BCA adalah sebesar Rp 20.000, dimana biaya tersebut digunakan sebagai biaya pengiriman.

Jadi biaya tersebut mungkin saja akan berbeda-beda, sesuai dengan alamat pengiriman. Sedangkan untuk anda yang ingin ganti kartu ATM tanpa biaya, maka anda dapat mengambil kartu ATM tersebut secara langsung di salah satu kantor cabang bank BCA terdekat.

Karena untuk biaya ganti kartu ATM sendiri tidak dikenakan biaya. Dan biaya pengiriman itu sendiri nantinya akan langsung dipotong dari saldo rekening yang dimiliki, sehingga para nasabah tidak perlu mengeluarkan uang biaya ganti kartu ATM BCA secara tunai.

Perbedaan Kartu ATM BCA Chip dan Non Chip

Lantas apa perbedaan kartu ATM BCA chip dan non chip? perbedaan utama dari kedua jenis kartu tersebut tentunya terdapat pada tampilan kartu, untuk jenis kartu non chip masih terdapat strip hitam pada bagian belakang. Dimana strip hitam tersebut difungsikan untuk menyimpan data nasabah.

Sedangkan untuk jenis kartu ATM chip tidak memiliki strip hitam pada bagian belakang, melainkan diganti dengan chip EMV pada bagian depan layaknya SIM Card pada smartphone. Dimana chip tersebut yang digunakan untuk menyimpan data para nasabah bank.

Contoh Kartu ATM BCA Chip dan Non Chip

Untuk lebih mempermudah anda dalam memahami perbedaan antara kartu ATM BCA chip dan non chip, maka anda bisa melihat beberapa contoh kartu ATM BCA yang sudah menggunakan chip dan non chip atau yang masih terdapat strip hitam pada bagian belakang berikut ini.

Contoh Kartu ATM BCA Chip

Contoh Kartu ATM BCA Non Chip

Cara Ganti Kartu ATM BCA Chip Online

Setelah anda mengetahui beberapa hal tentang kartu ATM BCA chip dan non chip, maka saatnya anda mengetahui bagaimana cara ganti kartu ATM BCA tersebut. Jika anda ingin menggunakan cara ganti kartu ATM BCA tanpa ke bank, maka anda harus sudah memiliki BCA mobile terlebih dahulu.

Karena cara ganti kartu ATM tersebut dilakukan melalui BCA mobile. Sedangkan untuk anda yang belum memilikinya, maka anda bisa download terlebih dahulu. Setelah berhasil memiliki layanan BCA mobile, maka anda bisa langsung mengikuti cara ganti kartu berikut ini:

1. Pilih Menu Akun Saya

Pilih menu Akun Saya

Apabila anda sudah memiliki BCA mobile. Silahkan buka aplikasi tersebut, kemudian login dan dilanjutkan dengan memilih menu Akun Saya.

2. Pilih Ganti Kartu

Pilih Ganti Kartu ATM BCA Chip

Setelah berada pada menu Akun Saya, maka akan terlihat menu Ganti Kartu pada pada bagian atas sendiri. Silahkan pilih menu Ganti Kartu.

3. Pilih Jenis Kartu ATM BCA

Pilih Jenis Kartu ATM BCA Chip

Cara selanjutnya silahkan pilih jenis kartu ATM yang diinginkan dan perhatikan limit dari kartu ATM serta keluaran kartu ATM tersebut. Karena kartu ATM BCA didukung oleh dua jenis kartu yaitu MasterCard dan GPN.

4. Pilih Metode Pengiriman

Pilih Metode Pengiriman Kartu ATM BCA Chip

Cara berikutnya adalah memilih metode pengiriman. Apabila anda ingin mengambil di kantor cabang, maka silahkan pilih Ambil di Cabang. Sedangkan untuk tanpa ke bank, maka bisa pilih Kirim ke Alamat Terdaftar.

Setelah itu silahkan isi email untuk mendapatkan pemberitahuan seputar proses pengiriman kartu ATM, setelah itu silahkan pilih menu lanjut.

5. Pilih Alamat Pengiriman

Piliha Alamat Pengiriman Kartu ATM BCA Chip

Pada bagian menu selanjutnya akan terdapat pilihan alamat yang sudah terdaftar pada saat membuat rekening BCA. Silahkan pilih salah satu alamat pengiriman. Akan tetapi untuk anda yang ingin mengirimkan kartu ATM ke alamat berbeda, silahkan pilih Alamat lain.

6. Isi Detail Alamat Pengiriman

Isi Detail Alamat Pengiriman

Apabila memilih alamat lain, maka anda harus mengisikan detail alamat pengiriman dengan benar. Setelah mengisi data pengiriman dengan benar, silahkan pilih menu Lanjut.

7. Konfirmasi Data

Konfirmasi Data

Cara selanjutnya ialah konfirmasi data, pastikan semua data bank dan jenis kartu yang dipilih sudah benar. Jika semua sudah benar, silahkan centang kotak persetujuan dan pilih menu Lanjut.

8. Masukan PIN BCA Mobile

Masukan PIN BCA Mobile

Setelah selesai mengkonfirmasi data, cara terakhir ialah memasukan PIN BCA mobile dengan benar.

9. Proses Pengajuan Berhasil

Proses Pengajuan Ganti Kartu ATM BCA Chip Online Berhasil

Jika sudah memasukan PIN BCA mobile dengan benar, maka proses pengajuan ganti kartu ATM BCA chip telah berhasil. Anda tinggal menunggu proses pengiriman kartu ke rumah.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang cara ganti kartu ATM BCA chip online tanpa ke bank dari PakaiBanking pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi tentang cara ganti kartu ATM yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk anda.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *