6 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI 2022: Pasti Kembali!

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI
Advertisements

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI – Salah satu fasilitas perbankan yang bisa kalian dapatkan setelah membuka rekening yaitu kartu ATM. Dimana kartu ATM dapat digunakan untuk melakukan transaksi di mesin ATM maupun mesin EDC. Seperti untuk transfer uang, bayar tagihan, top up maupun melakukan transaksi perbankan lainnya.

Beberapa waktu lalu muncul pemberitaan mengenai uang nasabah BRI hilang. Baik karena kesalahan nasabah maupun adanya tindak pencurian atau penipuan melalui mesin ATM oleh para pelaku kejahatan. Namun bagaimana cara mengurus uang hilang di ATM BRI?

Ada beberapa langkah yang bisa di lakukan ketika kalian mengalami uang hilang di ATM Bank Republik Indonesia. Cara mengurus uang hilang di ATM BRI bisa dengan datang ke kantor cabang BRI terdekat maupun dengan mengatasinya melalui kantor pusat Bank Indonesia. Sehingga nantinya kalian bisa mengurus saldo rekening BRI yang hilang tersebut.

Nah pada artikel kali ini, admin Pakaibanking.com akan menyajikan ulasan mengenai cara mengurus uang hilang di ATM BRI. Namun sebelum masuk ke cara tersebut, silahkan simak penjelasan mengenai beberapa penyebab uang di ATM BRI hilang berikut ini.

Penyebab Uang di ATM BRI Hilang

Sebelum kalian mengurus saldo hilang di ATM BRI, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu mengenai beberapa penyebab saldo hilang di ATM BRI. Seperti adanya Skimming atau beberapa kemungkinan lainnya yang membuat uang kalian hilang di ATM BRI. Penyebab saldo di ATM BRI hilang diantaranya sebagai berikut:

1. Skimming

Penyebab pertama yang membuat uang kalian hilang di ATM BRI yakni adanya Skimming. Tentunya kalian sudah pernah mendengar adanya Skimming ini. Dimana Skimming adalah sebuah tindak kejahatan yang menyerang perbankan. Para pelaku Skimming bisa mengambil uang di ATM seperti BRI, BCA, Mandiri, BNI maupun beberapa bank lainnya.

Dalam kejahatan Skimming, tentunya pihak bank terkait juga akan mendapatkan imbas nya. Dimana pastinya para nasabah akan mempertanyakan sistem keamanan di bank tersebut. Dan bisa berakibat nasabah tidak mau lagi menyimpan uang di bank tersebut.

Advertisements

2. Tindak Penipuan Lainnya

Penyebab kedua yang membuat uang kalian hilang di ATM BRI yaitu adanya tindak penipuan atau kejahatan perbankan lainnya. Misalnya tindak penipuan melalui SMS atau panggilan yang menyuruh nasabah BRI untuk datang ke ATM BRI dengan alih-alih untuk mengambil hadiah atau bonus. Dimana ketika nasabah menuruti pelaku kejahatan nantinya disuruh transfer sejumlah uang untuk mengambil hadiah yang ditawarkan oleh pelaku penipuan. Alhasil uang nasabah di ATM BRI tersebut menjadi hilang atau berkurang.

Nah setelah ketahui beberapa penyebab diatas, sekarang apa saja syarat untuk mengurus saldo hilang di ATM BRI? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Syarat Mengurus Uang Hilang di ATM BRI

Ada beberapa syarat yang perlu kalian siapkan atau penuhi sebelum mengurus uang hilang di BRI. Dimana syarat tersebut tentunya sesuai dengan nama pemilik rekening BRI. Syarat mengurus saldo hilang di ATM BRI diantaranya sebagai berikut:

  • KTP Pemilik Rekening BRI
  • Buku Rekening BRI
  • Kartu ATM BRI
  • Rincian atau Mutasi Transaksi Terakhir di ATM BRI
  • Pulsa kurang lebih Rp 20.000

Nah setelah ketahui beberapa syarat diatas, sekarang bagaimana cara mengurus saldo hilang di ATM BRI? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI

Ada beberapa langkah yang perlu kalian ketahui ketika akan mengurus uang hilang di BRI. Misalnya dengan menghubungi Call Center BRI, datang ke kantor cabang BRI terdekat dan beberapa langkah lainnya. Cara mengurus saldo hilang di ATM BRI adalah sebagai berikut:

1. Hubungi Call Center BRI

Advertisements

Pertama silahkan hubungi Call Center BRI untuk memberitahu kejadian yang kalian alami. Bahwa kalian telah kehilangan uang di ATM BRI. Baik dengan menjelaskan adanya tindakan Skimming maupun tindakan penipuan lainnya yang sesuai dengan kenyataan. Kalian bisa hubungi Call Center BRI di kontak BRI 24 Jam 14017 atau melalui (021) 1500 017.

2. Kunjungi Kantor BRI

Kunjungi Kantor BRI Untuk Mengurus Uang Hilang di ATM

Setelah menghubungi Call Center BRI, silahkan siapkan semua syarat seperti KTP, Buku Rekening maupun kartu ATM BRI. Setelah itu silahkan datangi kantor cabang BRI terdekat. Untuk meminta solusi atau bantuan CS BRI agar uang kalian bisa kembali ke ATM BRI.

3. Ambil Nomor Antri

Ambil Nomor Antri

Setelah sampai di kantor cabang BRI, silahkan ambil nomor antrean ke Customer Service atau CS BRI. Sehingga nantinya kalian mengurus uang hilang di ATM melalui bantuan Customer Service.

4. Sampaikan Keluhan ke CS BRI

Sampaikan Keluhan ke CS BRI

Selanjutnya setelah mendapatkan giliran bertemu dengan CS BRI, silahkan sampaikan keluhan kalian. Yakni dengan memberitahu bahwa kalian mengalami uang hilang di rekening BRI seperti yang dilakukan ketika menghubungi Call Center BRI.

5. Jelaskan Kronologi Kejadian

Kemudian berikan penjelasan atau kronologi kejadian kehilangan uang di ATM BRI kalian. Misalnya dengan menyebutkan hari, jam dan tempat kejadian ketika kalian mengetahui uang hilang di ATM BRI. Sehingga nantinya keterangan kejadian tersebut akan dicatat oleh pihak bank BRI.

6. Ikuti Instruksi Pihak Bank

Terakhir, silahkan ikuti semua perintah atau instruksi dari pihak terkait uang kalian yang hilang di ATM BRI. Misalnya dengan memberikan buku rekening, kartu ATM maupun dokumen pendukung lainnya sebagai bukti mengurus uang hilang tersebut.

Setelah proses mengurus uang hilang diterima pihak BRI, silahkan tunggu proses pengembalian uang dari pihak bank BRI atau pihak lainnya yang bertanggung jawab.

Selain mengurus uang hilang, Pakaibanking.com juga sudah pernah mengulas tentang cara mengurus kartu ATM BCA hilang tanpa buku tabungan.

Mengatasi Saldo BRI Hilang Lewat Kantor Pusat BI

Selain datang ke kantor cabang BRI terdekat, kalian juga bisa mengurusnya melalui kantor pusat Bank Indonesia. Cara ini bisa kalian lakukan ketika uang yang hilang memiliki jumlah atau nominal yang besar atau belum bisa diselesaikan oleh pihak bank BRI.

Silahkan datang ke kantor pusat BI untuk menyampaikan kejadian dan meminta bantuan pihak BI untuk menyelesaikan permasalahan yang kalian alami. Misalnya dengan membantu proses mediasi atau komunikasi dengan pihak bank BRI.

Selain itu, pihak Bank Indonesia juga siap membantu kerugian sampai dengan Rp 500.000.000 sesuai dengan ketentuan atau kebijakan yang berlaku. Dan pihak Bank Indonesia juga memiliki wewenang untuk memberikan sanksi kepada pihak bank yang tidak menangani masalah nasabah dengan baik.

Itulah informasi mengenai cara mengurus saldo hilang di ATM BRI. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung ketika mengurus uang hilang di BRI menggunakan cara-cara di atas?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara mengurus uang hilang di ATM BRI dapat kalian lakukan dengan hubungi Call Center BRI terlebih dahulu. Setelah itu silahkan datang ke kantor cabang BRI atau tempat kalian membuka rekening BRI untuk meminta bantuan terkait uang kalian yang hilang. Selain itu, kalian juga bisa meminta bantuan pihak BI untuk menyelesaikan permasalahan dengan pihak bank BRI.

Sekian artikel kali ini tentang cara mengurus saldo hilang di ATM BRI. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Pakaibanking.com dan semoga artikel di atas tentang cara mengurus uang hilang di BRI dapat menambah wawasan buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Pakaibanking.com

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *