6 Perbedaan Rekening Giro dan Tabungan

Perbedaan Rekening Giro dan Tabungan
Advertisements

Perbedaan Rekening Giro dan Tabungan – Ada beberapa produk atau jenis rekening dari bank yang biasa digunakan para nasabah untuk melakukan transaksi perbankan seperti menabung, transfer uang maupun menarik uang. Dimana produk rekening bank tersebut diantaranya yaitu Giro (Current Account), Tabungan, Koran atau lainnya.

Dari beberapa jenis rekening tersebut pastinya memiliki kesamaan maupun perbedaan. Seperti halnya pada Tabungan dan Current Account, dimana keduanya memiliki beberapa pembeda yang dapat dirasakan. Namun apa saja perbedaan rekening Giro dan Tabungan?

Membedakan antara Giro dan Tabungan bisa dilihat dari berbagai sisi. Dimana perbedaan rekening Giro dan Tabungan dapat dilihat dari sasaran nasabah, media dan cara setor atau penarikan, limit transfer dan penarikan, biaya admin maupun mengenai laporan bulanan. Dengan adanya perbedaan tersebut, nantinya nasabah bisa memilih jenis produk rekening yang sesuai dengan kebutuhannya.

Nah pada artikel kali ini, admin Pakaibanking akan mengulas mengenai perbedaan rekening Giro dan Tabungan. Namun sebelum masuk pembahan mengenai pembeda antara Giro dan Tabungan, silahkan simak ulasan tentang pengertian dari Giro dan Tabungan berikut ini.

Apa Itu Rekening Giro?

Pengertian dari Giro atau Current Account adalah sebuah layanan atau jenis produk dari perbankan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi keuangan seperti setor dan menarik tunai. Dimana penarikan atau setoran nya bisa dilakukan kapan saja selama masih jam kerja bank. Giro tidak mempunyai kartu ATM yang bisa digunakan untuk setor, transfer maupun penarikan uang di mesin ATM. Giro mempunyai sebuah alat yang bisa digunakan sebagai alat menarik uang yaitu Cek dan Bilyet Giro.

Apa Itu Rekening Tabungan?

Pengertian dari Tabungan adalah sebuah layanan atau jenis produk dari perbankan yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi keuangan seperti menabung, transfer dan menarik tunai. Dimana transaksi setor tunai, transfer dan menarik tunai dapat dilakukan melalui kantor bank. Serta bisa melakukan tarik tunai melalui mesin ATM. Pasalnya setiap pemilik rekening tabungan bisa memilih mencetak maupun tidak mencetak kartu ATM.

Nah setelah ketahui pengertian mengenai masing-masing jenis rekening tersebut, silahkan simak ulasan mengenai perbedaan nya berikut ini.

Advertisements

Perbedaan Rekening Giro dan Tabungan

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa ada beberapa poin yang dapat dilihat untuk membedakan Giro dan Tabungan. Dimana perbedaan tersebut meliputi sasaran nasabah, limit, media setor dan menarik tunai, biaya dan lainnya. Perbedaan Giro dan Tabungan adalah sebagai berikut :

1. Perbedaan Sasaran Nasabah

Perbedaan Giro dan Tabungan pertama yakni mengenai sasaran nasabah. Dimana kedua jenis rekening bank tersebut memilih tujuan atau target nasabah yang berbeda. Perbedaan sasaran nasabah dari Giro dan Tabungan adalah sebagai berikut :

  • Rekening Giro
    Target nasabah dari rekening Giro yakni perusahaan, pengusaha atau perseorangan yang aktivitas transaksi keuangannya tinggi dan dalam jumlah besar. Serta menargetkan kepada para nasabah yang setiap hari atau rutin melakukan transaksi besar.
  • Rekening Tabungan
    Target nasabah dari rekening tabungan yaitu siapapun nasabah yang memenuhi persyaratan pembuatan rekening tabungan seperti umur, memiliki KTP dan KK atau tanda pengenal lainnya. Sehingga rekening Tabungan tidak hanya menargetkan perusahaan atau pengusaha yang memiliki transaksi besar setiap harinya.

2. Perbedaan Limit Transfer dan Penarikan

Perbedaan rekening Giro dan Tabungan kedua yaitu mengenai limit transaksi. Dimana limit transaksi tersebut meliputi limit saldo, setor, transfer atau penarikan. Dimana limit transaksi pada rekening Giro dapat dilakukan lebih banyak atau besar. Sedangkan limit transaksi pada rekening Tabungan dapat dilakukan dengan jumlah kecil dan setiap harinya diberikan batas seusai jenis rekening Tabungan yang dibuat. Jadi setiap rekening Tabungan memiliki limit transaksi berbeda-beda.

3. Perbedaan Media Transfer dan Penarikan

Perbedaan Giro dan Tabungan ketiga yakni mengenai media transaksi. Dimana pada rekening Giro, pengguna bisa melakukan setor dan penarikan melalui kantor bank. Sedangkan pada rekening Tabungan, pengguna bisa melakukan transaksi melalui kantor bank, mesin ATM, mesin EDC maupun melalui Mobile Banking atau transaksi online.

4. Perbedaan Biaya Giro dan Tabungan

Perbedaan Giro dan Tabungan selanjutnya yaitu tentang biaya bulanan maupun biaya admin. Dimana pada Giro tentunya akan mendapatkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan Tabungan. Pasalnya pada rekening Giro dapat dilakukan transaksi besar. Sehingga biaya bulanan, biaya administrasi rekening di bawah saldo minimum, biaya penutupan rekening, biaya buku Cek/Bilyet menjadi lebih besar.

5. Perbedaan Laporan Bulanan

Perbedaan rekening Giro dan Tabungan selanjutnya yaitu mengenai laporan bulanan. Dimana pada rekening Giro, pemegang atau pemilik rekening akan mendapatkan laporan bulanan dari bank terkait rincian uang masuk, uang keluar dan potongan biaya akan disampaikan setiap bulannya. Sedangkan pada rekening Tabungan laporan bulanan tidak akan disampaikan setiap bulan kepada pemilik rekening. Namun hanya bisa dilaporkan ketika pemilik rekening Tabungan datang ke kantor bank untuk mencetak rincian transaksi nya.

6. Perbedaan Fisik Produk

Perbedaan Giro dan Tabungan selanjutnya yakni mengenai fisik dari produk. Dimana pada rekening Giro pemilik hanya akan mendapatkan buku laporan berupa rekening koran. Sedangkan pada rekening Tabungan, pengguna akan mendapatkan buku rekening dan juga kartu ATM yang bisa digunakan untuk menyetorkan dan menarik uang.

Buat anda yang ingin mengetahui juga perbedaan antara kartu debit dan kredit, kemarin admin Pakaibanking sudah pernah mengulas mengenai perbedaan kartu debit dan kredit. Serta buat anda yang ingin tahu juga tentang perbedaan Internet Banking dan MBanking, admin Pakaibanking juga sudah pernah merangkum mengenai perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking.

Itulah informasi mengenai perbedaan Giro dan Tabungan. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung tentang perbedaan Giro dan Tabungan?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa perbedaan rekening Giro dan Tabungan dapat dilihat dari sasaran nasabah, limit transaksi, biaya serta media dan cara penarikan nya. Rekening Giro memiliki limit dan biaya transaksi lebih besar. Sedangkan rekening Tabungan memiliki limit dan biaya lebih murah.

Sekian artikel kali ini tentang perbedaan Giro dan Tabungan. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Pakaibanking.com dan semoga artikel perbedaan Giro dan Tabungan di atas bisa menambah wawasan buat anda semuanya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.