9 Cara Blokir Rekening Penipuan Online di Semua Bank

Cara Blokir Rekening Penipuan

Cara Blokir Rekening Penipuan – Kejahatan dalam dunia perbankan tidak hanya terjadi seperti perampokan kepada para nasabah setelah mengambil uang cash maupun akan menabung ke bank. Dimana sekarang ini juga telah terjadi banyak sekali kasus penipuan melalui transfer uang di rekening. Dimana kebanyakan penipuan tersebut bermodus iming-iming hadiah besar dengan meminta korban mengirim sejumlah uang kepada para penipu.

Selain itu, para penipu juga banyak yang melakukan penipuan dengan menargetkan kepada para nasabah bank yang masih Gaptek tentang mesin ATM atau aplikasi mobile banking. Serta tidak sedikit pula pelaku penipuan yang berhasil ditangkap dan diblokir rekening nya. Namun bagaimana cara blokir rekening penipuan online seperti modus transfer bank?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan para nasabah untuk mengembalikan uang yang telah di transfer ke pelaku penipuan. Dimana cara blokir rekening penipuan adalah salah satu cara untuk mengembalikan uang yang hilang. Namun cara tersebut ada beberapa proses yang perlu diselesaikan seperti menghubungi Call Center Bank penipuan, melengkapi dokumen pelaporan dan menyiapkan bukti adanya penipuan.

Nah pada artikel kali ini, admin Pakaibanking akan memberikan ulasan mengenai cara blokir rekening penipuan baik secara online maupun offline. Namun sebelum masuk ke cara tersebut, silahkan simak ulasan tentang syarat dan hal-hal yang perlu disiapkan untuk memblokir rekening penipuan berikut ini.

Syarat Blokir Rekening Penipuan

Ada beberapa persyaratan yang perlu anda siapkan ketika akan melakukan pemblokiran rekening penipuan. Dimana syarat tersebut meliputi nomor rekening dan nama bank pelaku penipuan, bukti transfer maupun bukti lainnya dan beberapa dokumen pribadi seperti buku rekening, KTP maupun tanda pengenal lainnya. Hal-hal yang perlu disiapkan untuk memblokir rekening penipuan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Nomor Rekening Penipu

Syarat pertama untuk bisa melaporkan dan memblokir rekening penipuan yaitu mengenai nomor rekening pelaku penipuan tersebut. Dimana dengan menyimpan nomor rekening penipuan, maka nantinya anda bisa melacak nama bank dan nama pemilik rekening tersebut. Sehingga nantinya pihak bank bisa membantu anda dalam proses pemblokiran rekening penipuan.

2. Bukti Penipuan

Syarat kedua agar bisa melaporkan dan blokir rekening penipuan yakni mengenai bukti adanya penipuan. Misalnya dengan mengumpulkan bukti transfer, Chatting maupun panggilan dengan pelaku penipuan. Sehingga bukti tersebut dapat menguatkan anda ketika anda melakukan pelaporan kepada pihak bank terkait maupun pihak kepolisian.

3. Dokumen Pribadi

Syarat ketiga agar dapat memblokir rekening penipuan yaitu tentang dokumen pribadi anda. Dimana dokumen pribadi tersebut meliputi Buku Rekening, KTP, KK maupun dokumen tanda pengenal lainnya. Sehingga dokumen tersebut dapat digunakan untuk melakukan pelaporan ke pihak bank dan kepolisian.

4. Dokumen Persyaratan

Syarat selanjutnya untuk bisa memblokir rekening penipuan yaitu tentang dokumen persyaratan yang wajib anda penuhi. Dimana biasanya pihak bank akan meminta bukti pelaporan kepada kepolisian jika anda sebelumnya sudah melakukan melaporkan adanya penipuan. Selain itu, bisa juga dengan menyiapkan surat-surat lain seperti dari kelurahan maupun kecamatan terkait pelaporan adanya penipuan.

Nah setelah ketahui beberapa syarat memblokir rekening penipuan, sekarang bagaimana cara melaporkan dan memblokir rekening penipuan? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Blokir Rekening Penipuan

Cara blokir rekening penipu di dunia perbankan dapat dimulai dari menyiapkan bukti dan dokumen persyaratan. Setelah itu lakukan mencari tahu nama bank pelaku penipuan, lalu hubungi pihak bank terkait dan silahkan minta proses mengembalikan uang dan pemblokiran rekening penipuan. Cara memblokir rekening penipuan adalah sebagai berikut :

1. Siapkan Bukti Penipuan

Cara pertama silahkan siapkan semua bukti yang berhubungan dengan adanya penipuan. Misalnya dengan menyiapkan bukti Chat lewat SMS, Whatsapp maupun melalui aplikasi lain. Lalu jika anda bukti panggilan dari penipu, silahkan simpan dan siapkan untuk proses blokir rekening. Serta siapkan juga bukti transfer anda ke rekening penipuan tersebut.

2. Cari Tahu Nama Bank

Cara kedua silahkan cari tahu nama bank pelaku penipuan tersebut. Sehingga setelah mengetahui nama bank terkait, nantinya anda bisa menghubungi pihak bank pelaku penipuan tersebut. Anda bisa cari tahu nama bank melalui pencarian Google dengan mengetik nomor rekening dan diikuti kata nomor rekening apa? Sehingga nantinya anda bisa mendapatkan hasil pencarian di Google tentang nama bank dari rekening penipuan tersebut.

3. Hubungi Call Center Bank

Setelah mendapatkan rincian pihak bank terkait, silahkan lanjutkan dengan menghubungi Call Center bank tersebut. Sehingga nantinya anda bisa menyampaikan tujuan anda menghubungi CS dan meminta arahan untuk proses blokir rekening penipuan. Anda bisa mendapatkan kontak Call Center melalui situs resmi bank maupun melalui menu pencarian di Google. Seperti kontak panggilan, Email maupun aplikasi Chatting lainnya.

4. Ceritakan Kejadian Kepada CS bank

Kemudian setelah berhasil terhubung dengan Call Center, silahkan sampaikan tujuan anda menghubungi CS dan ceritakan kronologi penipuan yang dialami secara rinci dan jelas. Sehingga CS bank bisa membantu dan memberikan arahan untuk proses melakukan blokir rekening.

5. Berikan Semua Bukti Penipuan

Setelah laporan diterima pihak bank, silahkan berikan semua bukti penipuan yang anda alami. Silahkan kirimkan bukti transfer, Chat maupun panggilan dengan pelaku penipuan. Anda bisa mengirimkan bukti tersebut melalui Email ke CS bank terkait.

6. Minta Blokir Rekening Penipu

Kemudian setelah berhasil mengirimkan bukti penipuan, silahkan mintakan kepada pihak bank untuk memproses pengembalian uang dan pemblokiran rekening penipuan.

Namun jika CS memerintahkan anda untuk melengkapi dokumen persyaratan blokir rekening, silahkan penuhi semua persyaratan tersebut. Silahkan simak ulasan mengenai dokumen persyaratan blokir rekening penipu berikut ini.

7. Lengkapi Dokumen Persyaratan

Bisanya ada beberapa dokumen yang perlu anda siapkan untuk melakukan pemblokiran rekening penipuan. Diantaranya yaitu KTP, KK dan Buku Rekening dari korban penipuan. Silahkan siapkan semua persyaratan tersebut.

8. Tunggu Proses Blokir Rekening Penipu

Setelah semua persyaratan dan bukti sudah dipenuhi, silahkan tunggu proses pengembalian uang dan pemblokiran rekening penipuan. Biasanya proses ini membutuhkan waktu, pasalnya bank membutuhkan waktu untuk Crosscheck ke rekening penipuan tersebut. Apakah benar terjadi penipuan atau tidak. Sehingga silahkan tunggu saja proses blokir rekening penipu yang sedang berlangsung.

9. Selesai Blokir Rekening Penipuan

Nah setelah proses blokir rekening penipu sudah berhasil dilakukan pihak bank, maka nantinya anda akan mendapatkan informasi melalui panggilan dan Email terkait pelaporan dan pemblokiran terhadap rekening pelaporan.

Itulah informasi mengenai cara melaporkan dan memblokir rekening penipuan online seperti modus transfer atau modus lainnya. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai cara blokir rekening penipu?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa cara blokir rekening penipuan dapat dimulai dengan menyiapkan bukti penipuan, menghubungi pihak bank pelaku penipuan dan meminta kepada pihak bank tersebut untuk melakukan pemblokiran rekening. Dengan begitu nantinya uang kerugian dari adanya penipuan tersebut bisa anda dapatkan kembali, dan rekening penipu akan diblokir agar tidak terjadi kasus lainnya di kemudian hari.

Sekian artikel kali ini mengenai cara blokir rekening penipuan yang berhasil admin Pakaibanking rangkum. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Pakaibanking.com dan semoga ulasan tentang cara blokir rekening penipu di atas bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.