√ Saldo Minimal BSI Easy Wadiah 2022 : Biaya & Setoran Awal

saldo minimal BSI Easy Wadiah
Advertisements

Saldo Minimal BSI Easy Wadiah – Bank Syariah Indonesia atau disingkat BSI memberikan pilihan simpanan dengan prinsip syariah dengan tujuan pemenuhan kebutuhan nasabah muslim. Salah satu produk andalan BSI adalah tabungan Easy Wadiah dimana menerapkan sistem tanpa bunga sehingga nasabah akan terbebas dari riba.

Mengetahui saldo minimal BSI Easy Wadiah memang cukup penting bagi nasabah yang selalu bertransaksi memakai fasilitas perbankan. Pengguna bisa melakukan cara pindah HP di BSI Mobile untuk memudahkan setiap transaksinya termasuk untuk nasabah tabungan Easy Wadiah.

Saldo minimal memang menentukan pemakaian uang pada rekening Easy Wadiah BSI sehingga wajib diperhatikan. Ketika saldo dibawah nilai minimal maka nasabah tidak bisa melakukan transaksi, apalagi jika sudah mencapai 6 bulan maka akan dikenakan biaya dormant.

Ketika nasabah tidak melakukan transaksi debet ataupun kredit pada tabungan BSI Easy Wadiah selama 6 bulan maka rekening akan tidak aktif. Saat rekeningnya tidak aktif nasabah dikenakan biaya dormant perbulan sehingga akan menambah pengeluaran ataupun potongannya.

Apa itu BSI Easy Wadiah?

BSI Easy Wadiah adalah tabungan memakai mata uang rupiah yang memakai prinsip Wadiah Yad Dhamanah dimana untuk penarikan serta setoran bisa dilakukan kapanpun melalui fasilitas TAM ataupun kantor cabang BSI terdekat.

Wadiah Yad Dhamanah merupakan akad titip barang dimana penerima titipannya dengan ataupun tanpa izin bisa memanfaatkannya serta harus memiliki tanggung jawab ketika ada kerusakan maupun kehilangan. Kemudian keuntungan maupun manfaatnya sepenuhnya akan jadi hak milik dari penerima titipannya.

Jadi BSI Easy Wadiah tidak memiliki sistem bagi hasil kepada nasabah, namun akan ada bonus sukarela sesuai dari ketentuan Bank. Meski begitu pemilik BSI Easy Wadiah masih memperoleh keuntungan dari minimnya biaya administrasi dan potongan perbulannya.

Advertisements

Kelebihan BSI Easy Wadiah

Pada dasarnya ketentuan saldo minimal tabungan Easy Wadiah memang sudah ditentukan dari pihak Bank. Demikian pula biaya admin BSI sehingga nasabah tinggal hanya menaatinya saja. Lantas apa saja kelebihan yang diberikan oleh tabungan Easy Wadiah BSI?

  • Nasabah terbebas dari biaya admin setiap bulannya.
  • Gratis tarik tunai pada seluruh ATM Bank BSI.
  • Pembukaan rekening BSI Easy Wadiah bisa secara online.
  • Mudah bertransaksi dengan aplikasi BSI Mobile dan fasilitas BSI Net Banking.
  • Gratis biaya transaksi pada semua mesin EDC BSI dan pada jaringan PRIMA.
  • Kartu ATM BSI bisa dipakai bertransaksi pada semua ATM BSI, Mandiri, Bersama, PRIMA, ATMLink dan juga berlogo VISA.

Saldo Minimal BSI Easy Wadiah

Lantas berapa saldo minimal Easy Wadiah? Sesuai dengan ketentuan Bank BSI, saldo minimal BSI Easy Wadiah adalah sebesar Rp.50.000 dimana nominalnya termasuk rendah. Jadi saldo rekening mengendap hanya 50 ribu rupiah saja sehingga nasabah bisa betransaksi dengan nominal lebih banyak.

Tak heran apabila sisa saldo minimal BSI menjadi salah satu yang paling terjangkau karena memang masih banyak Bank lain yang berada pada kisaran Rp.100.000. Dengan saldo minimal BSI Easy Wadiah yang terjangkau semakin memudahkan nasabah untuk bertransaksi dan melakukan semua aktivitas keuangan secara leluasa.

Ketika kalian menjumpai BSI Mobile Bank tidak bisa dibuka bisa jadi karena sudah mencapai waktu 6 bulan tidak ada transaksi ataupun saldo dibawah minimal. Jadi selalu cek saldo minimal Easy Wadiah apakah masih berada pada batas yang ditentukan.

Biaya & Setoran

Memang tujuan dari BSI Easy Wadiah hanya untuk menabung dan tidak menambahkan nilainya. Hal ini sudah sesuai dengan prinsip syariah yang diterapkan Bank BSI sehingga tidak akan ada riba dari hasil tabungan nasabahnya.

Selain saldo minimal BSI Easy Wadiah terdapat pula biaya serta setoran yang wajib dipenuhi oleh penggunanya. Meskipun BSI Easy Wadiah tidak memberlakukan pemberian bonus namun kalian masih berkesempatan memperoleh insentif sukarela dari Bank BSI.

Biaya Admin BSI Gratis
Biaya ATM– GPN Silver = gratis
– GPN Gold = Rp.1.000/bulan
– GPN Platinum = Rp.2.000/bulan
– VISA Silver = Rp.1.000/bulan
– VISA Gold = Rp.1.000/bulan
– VISA Platinum = Rp.3.000/bulan
Biaya Dormant/BulanRp.5.000
Biaya Tutup RekeningRp.20.000
Biaya pergantian buku hilang/rusakRp.5.000
Biaya pergantian kartu hilang/rusakRp.25.000
Reissue PINRp.5.000
Setoran Awal– Perorangan Rp.100.000
– Non perorangan Rp.1.000.00
Setoran minimal berikutnya– Rp.50.000 via Teller
– Rp.1 via E-Channel
Tarik Tunai/Pindah Buku < Rp.5.000.000 di counterRp.2.500
Advertisements

Perbedaan Wadiah dan Mudharabah

Saldo minimal BSI Easy Wadiah termasuk rendah sehingga dapat dimanfaatkan untuk simpanan jangka panjang. Selain itu setoran saldo minimal juga bisa dijangkau semua kalangan sehingga jauh lebih mudah menabung di BSI Easy Wadiah

Jika dilihat dari saldo minimal BSI Easy Wadiah memang akan berbeda prinsipnya dengan Easy Mudharabah. Bagi sebagian orang masih sulit membedakan BSI Easy Wadiah dan juga Easy Mudharabah terutama dari sisi penggunaannya.

Meskipun BSI Easy Wadiah serta Easy Mudharabah memakai prinsip syariah namun nyatanya cara kerja cukup berbeda. Supaya memudahkan kalian membedakannya silahkan simak perbedaan BSI Easy Wadiah serta Easy Mudharabah dibawah ini.

  1. Akan akan berbeda dimana Easy Wadiah memakai prinsip nasabah menitipkan uang ke Bank BSI melalui bentuk tabungan/simpanan. Ketika nasabahnya membutuhkan uang maka Bank BSI akan siap mengembalikannya. Kemudian Easy Mudharabah memakai akad untuk memperoleh keuntungan ataupun laba. Nasabah diposisikan sebagai penyedia modal dan disetorkan ke Bank BSI, lalu hasil keuntungan dibagi memakai perhitungan bagi hasil nisbah/rasio.
  2. Pada BSI Easy Wadiah nasabah hanya menitipkan uang dengan mengikuti aturan saldo minimal saja tanpa investasi. Sedangkan pada BSI Easy Mudharabah nasabahnya sebagai pemilik modal dimana investasi sejumlah uang ke Bank dan mendapatkan bagi hasil.
  3. Saldo pada BSI Easy Wadiah bersifat sebagai simpanan/titipan, sedangkan Mudharabah sebagai invetasi dimana akan ada timbal balik keuntungan nisbah.
  4. Untuk BSI Easy Wadiah pengembalian uang nasabah akan tetap sesuai setoran awal, sedangkan Mudharabah nominalnya akan berbeda bergantung pada hasil investasi dari produk keuangan syariah.
  5. Saldo BSI Easy Wadiah dapat dicairkan kapan saja, sedangkan Mudharabah mempunyai aturan jangka waktu tersendiri.

Akhir Kata

Dengan mengetahui saldo minimal kalian akan secara mudah menentukan besaran transaksi serta jumlah setoran. Selain itu jangan sampai rekening kamu berada pada batas saldo minimal hingga 6 bulan karena bisa masuk kedalam rekening dormant/tidak aktif.

Pada dasarnya BSI Easy Wadiah menawarkan berbagai keunggulan terutama untuk nasabah dengan tujuan menabung. Demikian penjelasan dari pakaibanking.com, semoga memudahkan kalian dalam menggunakan tabungan BSI Easy Wadiah

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.