Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

10 Cara Mengaktifkan Auto Debit BPJS Kesehatan : Mandiri & BCA

Cara Mengaktifkan Auto Debit BPJS Kesehatan

Cara Mengaktifkan Auto Debit BPJS Kesehatan – BPJS Kesehatan merupakan layanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu memfasilitas layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Layanan BJPS Kesehatan ini terbagi menjadi dua, yaitu PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan Non-PBI. Jadi untuk para peserta BPJS Kesehatan Non-PBI, diwajibkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Cara Bayar BPJS Kesehatan ini sendiri ada beberapa metode, diantaranya adalah transfer melalui rekening, bisa menggunakan layanan e-banking atau melalui mesin ATM. Selain itu juga ada metode pembayaran auto debit.

Pembayaran auto debit sendiri memungkinkan para peserta BPJS Kesehatan dapat melakukan pembayaran secara otomatis setiap bulannya, karena sistem pembayaran tersebut bersifat auto yang langsung diambil dari rekening yang dihubungkan.

Syarat Mengaktifkan Auto Debit BPJS Kesehatan

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai cara mengaktifkan layanan auto debit, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu syarat mengaktifkan layanan tersebut. Karena jika tidak memenuhi syarat mengaktifkan layanan tersebut, maka tidak dapat menggunakan layanan auto debit.

Adapun syarat utama mengaktifkan layanan ini ialah harus memiliki rekening bank Mandiri atau BCA yang masih aktif, dan rekening tersebut harus sudah terdaftar pada layanan mobile banking (Livin by Mandiri / BCA Mobile).

Apabila rekening yang dimiliki belum terdaftar layanan mobile banking, maka kalian tidak dapat mengaktifkan layanan auto debit BPJS Kesehatan seperti yang sudah kami sampaikan diatas sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Auto Debit BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui syarat yang diperlukan untuk mengaktifkan layanan tersebut, lantas bagaimana cara mengaktifkan autodebet BPJS Kesehatan? Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan layanan tersebut adalah sebagai berikut.

Autodebet BPJS Kesehatan Aplikasi

Cara pertama yang dapat dilakukan ialah melalui aplikasi BPJSK Kesehatan, dimana kalian dapat download aplikasi Mobile JKN di Google Play atau App Store sesuai dengan tipe smartphone yang digunakan. Setelah itu silahkan mengikuti cara mengaktifkan sebagai berikut.

1. Pilih Pendaftaran Auto Debit

Pilih Cara Daftar Auto Debit BPJS Kesehatan

Cara pertama silahkan buka aplikasi Mobile JKN yang telah di download sebelumnya, setelah itu silahkan login menggunakan akun yang telah dimiliki. Selanjutnya tinggal memilih menu Pendaftaran Auto Debit.

2. Pilih Bank

Pilih Bank

Pada bagian selanjutnya akan terlihat beberapa pilihan bank, silahkan pilih salah satu bank yang akan digunakan. Sebagai contoh kami akan menggunakan bank Mandiri.

3. Setujui Syarat & Ketentuan

Setujui Syarat dan Ketentuan

Selanjutnya akan diarahkan ke halaman Syarat & Ketentuan, silahkan Centang Kotak Persetujuan dan dilanjutkan dengan memilih menu Selanjutnya.

4. Pilih Daftar Auto Debit

Pilih Cara Mengaktifkan Auto Debit BPJS Kesehatan

Setelah itu akan terlihat daftar tagihan / iuran BPJS Kesehatan yang perlu dibayarkan, silahkan langsung pilih saja Daftar Auto Debit.

5. Login Data Bank

Login Data Bank

Langkah terakhir ialah tinggal Login Data Bank sesuai dengan yang telah dimiliki. Setelah itu proses pendaftaran Auto Debit BPJS Kesehatan telah berhasil dilakukan.

Autodebet BPJS Kesehatan Mandiri

Selain dapat mengaktifkan fitur auto debit dari aplikasi mobile JKN, fitur ini juga dapat diaktifkan melalui layanan mobile banking secara langsung. Dimana sebagai contoh kami akan memberikan cara mengaktifkan auto debit BJPS Kesehatan di Livin Mandiri.

1. Pilih Menu Bayar

Pilih Menu Bayar

Pertama-tama silahkan buka aplikasi Livin’by Mandiri, setelah itu silahkan login menggunakan akun yang telah dimiliki. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu Bayar.

2. Pilih Auto Debit

Pilih Cara Mengaktifkan Auto Debit BPJS Kesehatan Mandiri

Setelah itu silahkan pilih pada bagian tab Auto Debit dan dilanjutkan dengan memilih Pendaftaran Auto Debit.

3. Pilih BPJS Kesehatan

Pilih BPJS Kesehatan

Pada bagian selanjutnya silahkan memilih BPJS Kesehatan pada bagian penyedia jasa, setelah itu pilih Lanjut.

4. Masukan Nomor VA

Masukan Nomor VA BPJS Kesehatan

Langkah selanjutnya tinggal memasukan Nomor VA BPJS Kesehatan yang telah dimiliki, setelah itu pilih Lanjut.

5. Konfirmasi Data

Konfirmasi Data

Langkah terakhir tinggal memastikan semua data yang telah dimasukan itu benar, apabila sudah yakin tinggal memilih menu Daftar.

Biaya Mengaktifkan Auto Debit BPJS Kesehatan

Adapun untuk biaya mengaktifkan layanan auto debit ini tidak ada, hanya saja biaya yang diperlukan untuk paket data. Hal tersebut jika kalian menggunakan layanan internet dari paket data, apabila menggunakan layanan WIFI maka tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai cara mengaktifkan auto debit BPJS Kesehatan yang sekiranya dapat Pakai Banking berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan tadi dapat menambah pengetahuan kalian.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.