Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

6 Cara Mematikan Mesin EDC BCA : Type Ingenico, Castles & Move

Cara Mematikan Mesin EDC BCA

Cara Mematikan Mesin EDC BCA – Mesin EDC (Electronic Data Capture) ialah mesin penerima pembayaran yang bisa dihubungkan antar rekening bank. Mesin EDC dikeluarkan oleh pihak bank itu sendiri, sehingga setiap mesin EDC hanya dapat digunakan untuk satu jenis bank saja.

Sebagai contoh mesin EDC BCA, maka mesin tersebut hanya dapat terhubung dengan rekening BCA dan hanya dapat digunakan untuk transaksi sesama rekening BCA. Apabila pengguna bank lain ingin menggunakan mesin EDC BCA, maka transaksi tidak dapat dilakukan.

Mesin EDC sendiri saat ini sudah banyak digunakan disetiap toko atau tempat perbelanjaan untuk mempermudah para pembeli dalam berbelanja. Karena dengan menggunakan mesin EDC, pembeli tidak perlu membayar secara cash alias bisa menggunakan kartu debit.

Pada saat melakukan transaksi menggunakan mesin EDC BCA juga akan terdapat KODE TRANSAKSI BANK BCA, karena menggunakan mesin EDC termasuk dalam bagian transaksi. Terutama jenis transaksi debit atau transfer uang antar rekening BCA.

Untuk anda yang sekiranya ingin memanfaatkan mesin EDC BCA namun belum mengetahui bagaimana cara mengoperasikan mesin EDC BCA? Terutama untuk cara mematikan mesin tersebut, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat informasi cara mematikan mesin EDC berikut ini.

Jenis-Jenis Mesin EDC BCA

Jenis-Jenis EDC

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi cara mematikan mesin EDC, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu jenis-jenis mesin EDC BCA yang ada. Dimana mesin EDC BCA sendiri terbagi menjadi 3 tipe, yaitu Type Ingenico, Type Move dan Type Castles.

Dimana ketiga tipe mesin EDC BCA tersebut sampai saat ini masih digunakan. Jadi untuk cara mematikan mesin EDC itu sendiri tergantung dari tipe mesin EDC, karena cara untuk mematikan mesin tersebut berbeda-beda setiap tipenya.

Cara Mematikan Mesin EDC BCA

Nah, sekarang saatnya anda mengetahui bagaimana cara mematikan mesin EDC BCA. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, apabila cara mematikan mesin ini tergantung dari tipe. Karena setiap tipe memiliki cara mematikan berbeda-beda, maka dari itu anda harus perhatikan tipe mesin EDC yang dimiliki.

Cara Mematikan Mesin EDC BCA Type Ingenico

Cara Mematikan Mesin EDC BCA Type Ingenico

Cara mematikan mesin yang pertama ialah untuk tipe ingenico. Mesin EDC type Ingenico adalah tipe mesin EDC pertama dengan interface sederhana dan masih menggunakan tombol menu pada bagian tengah, kemudian tombol function masih berada pada bagian angka.

Adapun cara mematikan mesin EDC tipe ingenico ini ialah dengan cara menahan Tombol Kuning pada bagian tengah bawah bersama dengan Tombol Titik secara bersamaan, kurang lebih selama 5 detik. Sedangkan untuk mengaktifkan tinggal menekan Tombol Hijau selama 5 detik.

Cara Mematikan Mesin EDC BCA Type Castles

Cara Mematikan Mesin EDC BCA Type Castles

Cara mematikan mesin EDC kedua ialah untuk tipe move. Mesin EDC type Move adalah mesin EDC versi kedua dengan tampilan user interface lebih sederhana, karena tombol function sudah berada pada bagian atas sejajar dengan tombol menu. Kemudian tombol transaksi ada disebelah kanan tombol angka.

Cara mematikan mesin EDC type Move tidak berbeda jauh dengan type Ingenico, yaitu dengan cara menekan dan tahan Tombol Kuning bersama dengan Tombol Titik kurang lebih selama 5 detik. Sedangkan untuk mengaktifkan mesin EDC type Move cukup dengan menekan Tombol Hijau selama 5 detik.

Cara Mematikan Mesin EDC BCA Type Move

Cara Mematikan Mesin EDC BCA Type Move

Adapun cara mematikan mesin EDC yang terakhir adalah tipe Castles. Dimana mesin EDC type Castles merupakan mesin EDC tipe terbaru, dengan user interface lebih komplek. Karena tombol function sudah dibuat secara terpisah menjadi F1 sampai dengan F4 disamping tombol menu.

Cara menonaktifkan mesin EDC type Castles secara umum sama yaitu dengan menekan dan tahan Tombol Kuning bersama dengan Tombol Titik selama 5 detik. Hanya saja tombol titik pada tipe castles dibuat bersama dengan tombol pagar (#), sehingga terlihat berbeda dengan tipe lainnya.

Tips Seputar EDC BCA

  • Bukti transaksi wajib disimpan paling minim dalam waktu 9 bulan.
  • Minimal harus melakukan 1 kali transaksi dalam waktu 1 bulan.
  • Waktu Settlement paling akhir ialah pukul 22.00 WIB.
  • Alangkah baiknya melakukan Audit Report terlebih dahulu sebelum Settlement.
  • Tanda warna merah pada bagian struk menandakan, kertas struk akan habis.
  • Merc# dengan awalan 885 menandakan jenis transaksi kartu debit.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang cara mematikan mesin EDC BCA type ingenico, move dan castles dari Pakaibanking, semoga saja informasi tentang cara mematikan mesin EDC diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi anda-anda sekalian.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *