Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

3 Jenis-Jenis Mesin EDC : Pengertian, Fungsi Tombol & Istilah

Jenis-Jenis Mesin EDC

Jenis-Jenis Mesin EDC – Perkembangan dalam dunia perbankan saat ini sudah sangat pesat, hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya fitur-fitur pendukung layanan perbankan. Mulai dari internet banking, sms banking dan mobile banking.

Selain itu, layanan pendukung lainnya juga telah banyak dikembangkan, seperti misalnya dalam penggunaan mesin EDC. Dimana fungsi utama mesin EDC ialah untuk menerima pembayaran dengan menggunakan kartu debit atau kredit.

Mesin EDC ini sendiri lebih banyak digunakan bagi mereka yang memiliki bisnis, seperti toko atau jasa pelayanan yang akan mempermudah para customer dalam melakukan pembayaran. Terutama untuk customer yang ingin melakukan pembayaran non tunai.

Apabila anda ingin menggunakan mesin EDC untuk mendukung bisnis anda, namun anda masih belum mengetahui jenis-jenis mesin EDC itu sendiri. Maka tidak ada salahnya apabila anda melihat informasi tersebut terlebih dahulu untuk dapat mengetahuinya.

Pengertian Mesin EDC

Pengertian mesin EDC adalah sebuah alat penerima pembayaran non tunai menggunakan kartu debit atau kredit, ke dalam rekening terhubung dengan mesin EDC tersebut. Jadi mesine EDC ini hanya dapat digunakan untuk satu rekening saja seperti key bank.

Kepanjangan dari EDC sendiri adalah Electronic Digital Capture. Dan mesin EDC ini sendiri dapat digunakan disemua bank, karena saat ini semua bank di Indonesia sudah mendukung fitur mesin EDC. Seperti MESIN EDC BCA, BNI atau Mandiri.

Fungsi Tombol Mesin EDC

Selain itu, anda juga perlu mengetahui apa saja fungsi tombol mesin EDC. Karena secara umum fungsi tombol mesin EDC setiap bank itu sama saja. Jadi saat anda sudah mengetahui fungsi tombol mesin EDC secara keseluruhan, maka anda akan dapat menggunakan mesin EDC dengan mudah.

Berikut ini adalah beberapa fungsi tombol mesin EDC yang perlu diketahui.

TombolFungsi
Tombol HijauYes/Konfirmasi
Tombol KuningClear Data
Tombol MerahNo/Cancel
Tombol FFunction
NumberInput PIN dan Nominal

Istilah Dalam Mesin EDC

Selain itu, anda juga harus mengetahui beberapa istilah dalam mesin EDC. Sebenarnya istilah dalam mesin EDC sama saja, hanya saja penggunaan bahasa Inggris dalam mesin EDC yang membuat istilah tersebut terasa asing.

Lantas, apa saja istilah dalam mesin EDC itu sendiri? berikut ini adalah beberapa istilah di dalam mesin EDC secara lengkap.

IstilahArti
ReprintMencetak ulang struk transaksi
ReportLaporan keuangan
Clear ReversalMenghapus laporan gagal transaksi
Summary ReportRangkuman laporan keuangan
FunctionTombol fungsi dengan kombinasi

Jenis-Jenis Mesin EDC

Setelah mengetahui beberapa hal tentang mesin EDC, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu jenis-jenis mesin EDC. Dimana terdapat tiga jenis EDC berdasarkan dari jenis internet yang digunakan pada mesin EDC, yaitu GPRS power, GPRS mobile dan fixed line.

1. GPRS Power

Jenis Mesin EDC GPRS Power

Mesin EDC GPRS power adalah jenis mesin EDC yang layanannya mengandalkan tegangan listrik. Dimana mesin EDC ini hanya dapat digunakan pada saat ada aliran listrik saja, tanpa harus menggunakan layanan jaringan internet dari provider.

Jadi pada saat tidak terdapat layanan internet, jenis mesin EDC ini masih tetap dapat digunakan. Akan tetapi mesin EDC jenis ini tidak dapat digunakan secara mobile, karena harus terhubung dengan aliran listrik.

2. GPRS Mobile

Jenis Mesin EDC GPRS Mobile

Mesin EDC GPRS Mobile adalah jenis mesin EDC yang layanannya menggunakan internet mobile dengan berbagai macam dukungan provider. Jenis mesin EDC ini menjadi salah satu jenis mesin yang paling banyak digunakan, karena mesin EDC ini lebih praktis.

Bagi anda yang sekiranya lebih banyak melakukan transaksi diluar ruangan, maka akan sangat pas jika menggunakan jenis mesin EDC ini. Karena mesin EDC GPRS mobile telah dilengkapi dengan baterai sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

3. Fixed Line

Jenis Mesin EDC Fixed Line

Mesin EDC Fixed Line adalah jenis mesin EDC yang layanannya memanfaatkan internet kabel, seperti misalnya layanan internet dari Indihome, Bizznet dan beberapa layanan internet kabel lainnya. Keunggulan jenis mesin EDC ini ialah proses transaksi dapat berjalan lebih cepat.

Hal tersebut dikarenakan jaringan internet menggunakan fixed line jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan internet mobile. Namun tidak berbeda jauh dengan jenis mesin EDC GPRS power, jenis mesin EDC ini tidak dapat digunakan secara mobile atau dibawa kemana-mana.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang jenis-jenis mesin EDC yang sekiranya dapat Pakaibanking berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi tentang jenis-jenis mesin EDC yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk anda-anda sekalian semuanya.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *