Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

15 Cara Bayar Pajak Motor di Alfamart Beserta Syarat & Biaya 2022

Advertisements

Cara Bayar Pajak Motor di Alfamart – Sudah semestinya sebagai pemilik motor, kita diwajibkan untuk bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), baik tahunan ataupun setiap lima tahun sekali. Saat ini bayar pajak motor sudah lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Jika dulu membayar pajak motor harus di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), namun kini sudah semakin mudah. Dimana selain bayar pajak di Mobile Banking BCA, Anda juga bisa membayar pajak motor di Gerai Alfamart.

Dengan membayar PKB di Alfamart, maka Anda bisa dengan mudah menuntaskan kewajibannya kepada negara. Pasalnya, gerai Alfamart sangat mudah ditemui disekitar lingkungan masyarakat, sehingga lebih menghemat waktu.

Dengan demikian, maka Alfamart bisa menjadi solusi buat Anda untuk menghindari telat bayar. Lantas, bagaimana cara bayar pajak motor di Alfamart? Adapun penjelasan selengkapnya, silahkan simak ulasan lengkap di bawah ini.

Keuntungan Bayar Pajak Motor di Alfamart

Selain mudah, membayar pajak motor di Alfamart juga memiliki keuntungan tersendiri. Adapun keuntungan membayar PKB di Alfamart diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Dapat melakukan pembayaran malam hari ataupun hari libur.
  2. Bisa melakukan pembayaran PKB dari luar kota.
  3. Gerai Alfamart mudah ditemui di lingkungan sekitar, sehingga pembayaran jauh lebih mudah dan cepat.
  4. Tidak perlu mengantre terlalu lama.
  5. Dekat dengan rumah.
  6. Dapat juga untuk membayar denda telat bayar pajak.
  7. Ada banyak promo dan diskon.
  8. Hemat waktu saat membayar tagihan.
  9. Dapat melakukan pembayaran secara tunai maupun non tunai.

Kekurangan Bayar Pajak Motor di Alfamart

Meskipun memberikan sejumlah keuntungan, namun tak bisa ditutup-tutupi bahwa pembayaran pajak motor melalui Alfamart juga memiliki kekurangannya tersendiri. Dimana kekurangan bayar PKB di Alfamart yaitu sebagai berikut.

  1. Hanya bisa untuk membayar pajak tahunan saja.
  2. Dikenakan biaya tambahan berupa biaya administrasi.
  3. Tidak dapat mutasi.

Nah, itulah sejumlah keuntungan dan kelebihan membayar pajak motor di Alfamart. Meskipun memiliki kerugian, namun masih banyak keuntungan yang bisa dirasakan sehingga itu bukan menjadi masalah.

Advertisements

Syarat Bayar Pajak Motor di Alfamart

Advertisements

Untuk melakukan pembayaran pajak motor di Alfamart, ada beberapa syarat yang mesti Anda siapkan. Dimana syarat yang dibutuhkan untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Alfamart umumnya hanya berupa dokumen kendaraan dan identias pribadi. Untuk lebih jelasnya, berikut syarat-syarat yang perlu disiapkan.

  1. STNK Asli milik wajib pajak (pemilik motor).
  2. KTP Asli pemilik motor.
  3. Nomor telepon atau email aktif.
  4. Uang untuk membayar pajak.

Syarat-syarat di atas, nantinya harus Anda bawa ke gerai Alfamart terdekat ketika akan melakukan pembayaran. Dimana nantinya pihak kasir akan meminta sejumlah data yang ada pada STNK dan KTP, jadi jangan sampai ketinggalan atau bahkan tidak membawanya sama sekali.

Biaya Admin Bayar Motor Pajak di Alfamart

Selain dokumen persyaratan, pembayaran pajak sepeda motor yang dilakukan di gerai Alfamart terdekat juga membebankan biaya administrasi. Sehingga, pastikan Anda membawa uang melebihi total tagihan pajak yang harus dibayar.

Umumnya, membayar pajak motor di Alfamart akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 5.000,- Biaya admin ini nantinya akan langsung dibayar oleh wajib pajak, ketika melakukan pembayaran di Alfamart, dimana biaya admin akan diakumulasikan dengan total pajak motor yang harus dibayar.

Cara Bayar Pajak Motor di Alfamart

Setelah mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan pembayaran pajak motor. Cara bayar pajak motor di Alfamart sangatlah mudah, karena pembayaran dilakukan seperti ketika Anda membayar belanjaan di Alfamart.

Namun, jika Anda masih bingung dengan cara membayarnya, maka langsung saja ikuti panduan pembayaran pajak motor di gerai Alfamart di bawah ini.

  1. Kunjungi gerai Alfamart terdekat dengan membawa STNK dan KTP.
  2. Langsung datangi kasir Alfamart dan sampaikan tujuan Anda ingin bayar pajak motor.
  3. Kasir akan meminta nomor kendaraan yang tertera di STNK. Jadi silahkan informasi nomor kendaraan yang ada di STNK milik Anda.
  4. Tunggu sampai kasir selesai memproses permintaan Anda.
  5. Lalu, kasir akan menginformasikan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Silahkan serahkan uang sesuai total tagihan pajak yang diinformasikan kasir. Lalu, tunggu hingga proses pembayaran selesai.
  6. Jika pembayaran pajak motor telah berhasil, maka kasir akan memberi struk pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah. Silahkan simpan bukti pembayaran tersebut.
  7. Setelah beberapa saat, nantinya Samsat setempat akan mengirim link download Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Pajak (TBPKB) melalui nomor telepon ataupun email.
  8. Silahkan buka SMS atau email dari Samsat dan klik link yang tersedia pada pesan tersebut untuk mendownload TBPKB.
  9. Berikutnya, Anda dapat mencetak TBPKB tersebut. Namun, jika Anda ingin mencetak STNK maka datang ke kantor Samsat terdekat dengan membawa bukti pembayaran dari Alfamart yang telah Anda dapatkan.

Jatuh Tempo Pembayaran Pajak Motor

Seperti sudah Anda diketahui, bahwasanya pajak motor diharuskan dibayar tepat waktu dan tidak boleh melewati tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan. Lantas, kapan tanggal jatuh tempo bayar PKB? Untuk batas akhir pembayaran pajak yaitu sesuai dengan masa berlaku STNK.

Dimana pada STNK biasanya tertera masa berlaku pada tanggal sekian. Misalnya masa berlaku STNK motor Anda adalah 02 Februari 2021, maka jatuh tempo bayar pajak motor tersebut juga sama dengan masa berlaku STNK yatu 02 Februari 2021.

Denda Telat Bayar Pajak Motor

Nah, apabila pajak motor dibayar lewat tanggal jatuh tempo, maka akan dikenakan denda keterlambatan. Untuk wajib pajak yang telat membayar pajak motor maksimal 24 bulan atau 2 tahun akan dikenakan denda total 48%.

Perhitungan denda PKB : 25% per tahun dan jika terlambat 3 bulan, maka; PKB x 3/12. Jika telat 6 bulan, maka; PKB x 25% x 6/12. Denda SWDKLLJ yaitu sebesar Rp. 35.000 untuk sepeda motor.

Sebagai contoh; Jika Anda memiliki sepeda motor dan telat bayar pajak selama 6 bulan. Jumlah PKB di STNK Rp. 219.000 dan SWDKLLJ Rp. 35.000. Maka denda keterlambatan yang harus dibayar adalah (Rp. 219.000 x 25% x 6/12) + Rp. 35.000 = Rp. 62.375.

Jadi total tagihan pajak motor yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 219.000 + 62.375 = Rp. 281.375.- Merugikan sekali bukan!!! Itulah sebabnya cara bayar pajak motor di Alfamart bisa dijadikan solusi untuk mengatasi keterlambatan pembayaran.

Akhir Kata

Nah, demikianlah informasi lengkap dari pakaibanking.com terkait cara bayar pajak motor di Alfamart. Dengan membaca artikel di atas, maka kini Anda telah mengetahui cara dan prosedur langkah demi langkah membayar pajak di Alfamart. Dengan mengikuti cara dari kami di atas, maka Anda dapat menghindari denda akibat telat bayar pajak motor. Mungkin cukup sekian, semoga membantu.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.