Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

8 Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret Tanpa Syarat KTP 2022

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret – Bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tidak harus selalu dilakukan di loket Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Pasalnya, saat ini sudah ada berbagai tempat yang bisa dimanfaatkan untuk membayar pajak motor setiap tahun.

Selain bisa bayar pajak motor di Alfamart, kini Anda juga sudah bisa membayar pajak di Indomaret yang bisa menjadi alternatif yang praktis. Dengan adanya cara membayar pajak motor di Indomaret ini, maka wajib pajak tidak perlu lagi mengantre panjang di loket pembayaran Samsat.

Cukup mendatangi gerai Indomaret yang telah menyediakan layanan e-Samsat atau Payment Point Online Bank (PPOB) terdekat, maka Anda sudah bisa memenuhi kewajiban wajib pajak. Cara membayar pajak motor lewat Indomaret juga sangat mudah dan cepat tanpa syarat yang ribet.

Dimana Anda hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan dan bahkan ini bisa dilakukan tanpa KTP, sehingga cocok sekali buat Anda yang belum balik nama. Lantas, bagaimana cara bayar pajak motor di Indomaret? Adapun cara membayarnya, syarat dan biaya admin ada pada artikel di bawah ini.

Syarat Bayar Pajak Motor di Indomaret

Pembayaran pajak motor di Indomaret membutuhkan sejumlah syarat, dimana syarat-syarat yang dibutuhkan umumnya berupa identitas wajib pajak dan juga dokumen kendaraan bermotor. Adapun beberapa syarat yang harus Anda siapkan untuk nantinya digunakan membayar pajak yaitu :

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli pemilik motor.
  2. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli.
  3. Nomor HP atau email yang aktif.
  4. Uang untuk membayar pajak motor.

Nah, itulah sejumlah syarat yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan pembayaran di Indomaret. Nantinya, dokumen persyaratan di atas akan dibutuhkan oleh kasir untuk memverifikasi pembayaran pajak motor Anda.

Indomaret yang Sudah Menyediakan Payment Point Online Bank (PPOB)

Selain syarat-syarat di atas, perlu Anda ketahui bahwasanya bayar pajak motor di Indomaret hanya bisa dilakukan pada gerai Indomaret yang sudah mendukung layanan e-Samsat berupa Payment Point Online Bank (PPOB). Saat ini Indomaret yang sudah menyediakan mesin ini baru beberapa wilayah berikut.

  • DKI Jakarta.
  • Banten.
  • Jawa Barat.
  • Jawa Timur.
  • Jawa Tengah.
  • Kalimantan Timur.
  • Kepulauan Riau.
  • Sulawesi Selatan.

Nah, layanan inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membayar pajak tanpa KTP. Namun pembayaran melalui Payment Point Online Bank (PPOB) hanya bisa dilakukan apabila layanan e-Samsat sedang dalam kondisi online.

Biaya Admin Bayar Pajak Motor di Indomaret

Informasi lainnya yang juga harus Anda ketahui, jika ingin membayar pajak lewat Indomaret adalah biaya administrasi. Dimana cara bayar pajak motor di Indomaret akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 5.000.- yang akan langsung diakumulasikan pada saat pembayaran pajak motor dilakukan.

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Setelah semua syarat pembayaran siap dan Anda juga sudah menemukan gerai Indomaret yang mendukung layanan e-Samsat untuk pembayaran pajak motor, maka selanjutnya Anda bisa langsung membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dengan segera sebelum jatuh tempo.

Cara bayar PKB di Indomaret terbilang mudah, dimana Anda dapat menggunakan mesin Payment Point Online Bank (PPOB) ataupun langsung membayar di kasir. Untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti panduan berikut ini.

  1. Kunjungi gerai Indomaret terdekat dengan membawa STNK dan KTP.
  2. Lalu, temui kasir Indomaret dan sampaikan bahwa Anda ingin bayar pajak motor.
  3. Kemudian, kasir akan meminta informasi seperti nomor polisi, nomor mesin kendaraan dan nomor HP Anda.
  4. Tunggu hingga proses verifikasi data selesai.
  5. Setelah itu, kasir akan menginformasikan total tagihan pajak motor yang harus Anda bayar beserta biaya admin sebesar Rp. 5.000.-
  6. Jika pembayaran telah selesai, Anda akan menerima struk sebagai bukti Anda telah membayar pajak dan beberapa saat kemudian Anda akan menerima SMS berisi link bitly Electronic Registration and Identification (ERI) dari Polri.
  7. Silahkan tekan link tersebut, maka akan muncul gambar tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran elektroni (e-TBPKP) yang dilengkapi dengan QR Code.
  8. Simpanlah bukti tersebut untuk digunakan sebagai pengesahan di STNK kendaraan bermotor pengguna dan dicetak sendiri serta sah di kantor kepolisian (Polsek/Polres).

e-TBPKP dengan QR Code tersebut adalah tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah. Jadi nantinya, jika ada petugas melakukan razia, maka dapat memverifikasi pengesahan dengan menggunakan scan QR Code tersebut.

Dengan QR Code tersebut, maka pengguna tidak perlu datang ke Samsat untuk mencetak TBPKP. Tapi, jika ingin mencetak lembaran pajak motor menjadi satu dengan STNK, maka Anda harus datang ke kantor Samsat terdekat.

Apakah Bisa Bayar Pajak Motor Tanpa KTP di Indomaret ?

Banyak orang bertanya-tanya, apakah bisa bayar pajak motor di Indomaret bisa tanpa KTP? Nah, dari informasi yang kami dapatkan, Anda bisa bayar pajak motor tanpa KTP di Indomaret yang sudah menyediakan mesin Payment Point Online Bank (PPOB). Berikut cara melakukannya.

  1. Pertama, silahkan kunjungi gerai Indomaret yang telah menyediakan mesin Payment Point Online Bank (PPOB).
  2. Pada mesin Payment Point Online Bank (PPOB), silahkan klik tombol pencarian.
  3. Kemudian, masukkan kata kunci “SAMSAT” lalu klik cari.
  4. Lalu, pilih lokasi kantor Samsat yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal Anda.
  5. Setelah itu, masukkan nomor HP aktif, nomor polisi dan nomor mesin sesuai yang tertera di STNK. Klik Lanjut.
  6. Akan muncul informasi terkait total pajak yang harus dibayar dan informasi yang tertera seperti pada STNK. Pastikan semuanya sudah sesuai dengan STNK dan jika sudah konfirmasi dengan menekan tombol Lanjut.
  7. Selanjutnya, pilih metode pembayaran pajak motor, apakah secara tunai melalui kasir atau non-tunai langsung dari mesin Payment Point Online Bank (PPOB).
  8. Lalu, akan keluar tiket Payment Point dari mesin. Silahkan selesaikan pembayaran pajak motor Anda di kasir Indomaret. Selesai!!!

Akhir Kata

Nah, itulah informasi lengkap dari pakaibanking.com terkait cara bayar pajak motor di Indomaret tanpa KTP, lengkap beserta syarat dan biaya admin. Dengan mengikuti cara-cara di atas, maka Anda akan dengan mudah dan cepat melunasi pajak motor tahunan. Demikianlah dan semoga membantu.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.