Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Saldo BRI Minus 2022: Penyebab & Cara Mengatasinya!

Saldo BRI Minus
Advertisements

Saldo BRI Minus – Kembali lagi pada kesempatan ini kami ingin membahas seputar permasalahan perbankan, dimana untuk informasi seputar permasalahan yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini adalah saldo BRI minus.

Karena permasalahan saldo BRI minus bukan hanya terjadi pada para nasabah bank BRI saja, melainkan juga terjadi pada nasabah bank lainnya, seperti misalnya bank BNI yang juga ada masalah saldo BNI minus. Sehingga permasalahan tersebut tidak hanya terjadi pada bank BRI saja.

Nah, untuk kalian yang sekiranya merupakan nasabah BRI dan kebetulan sedang mengalami masalah saldo minus, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan seputar permasalahan tersebut.

Barang kali saja setelah kalian melihat informasi yang kami berikan hari ini, permasalahan yang sedang kalian hadapi dapat teratasi. Untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui informasi selengkapnya, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Apa Itu Saldo BRI Minus

Saldo BRI minus adalah kondisi dimana saldo pada rekening BRI sudah melebihi saldo efektif atau saldo yang dapat digunakan karena adanya transaksi yang melebihi saldo efektif. Pada umumnya ketika saldo efektif tersebut habis, maka transaksi tidak dapat dilakukan.

Akan tetapi ada beberapa jenis transaksi yang tetap dapat dilakukan meskipun saldo efektif tersebut telah habis. Oleh karena itu, saldo pada rekening tersebut akan menjadi minus, karena terjadi transaksi yang melebihi batas saldo efektif pada rekening.

Penyebab Saldo BRI Minus

Berdasarkan dari penjelasan diatas sendiri sudah dapat diketahui penyebab utama permasalahan tersebut, dimana hal tersebut bisa terjadi karena adanya transaksi yang melebihi saldo efektif. Dimana transaksi tersebut bisanya terjadi karena menggunakan sistem auto debit.

Advertisements

1. Pembayaran Tagihan

Salah satu pembayaran yang umumnya menggunakan sistem auto debit ialah pembayaran tagihan bulanan, seperti misalnya tagihan listrik, internet, pulsa atau paket data dan beberapa tagihan lainnya yang umumnya kalian bayarkan setiap bulan.

Pada saat kalian lupa untuk mengisi saldo rekening dan sistem auto debit masih aktif, kemudian sudah masuk waktunya untuk pembayaran. Maka secara otomatis, sistem akan melakukan pembayaran tagihan tersebut. Meskipun saldo efektif pada rekening habis atau tidak ada.

2. Transaksi Cicilan / Kredit

Selain tagihan bulanan, transaksi yang bisa menggunakan sistem auto debit adalah transaksi cicilan atau kredit. Transaksi ini biasanya memang dilakukan secara auto debit, untuk menjaga kelupaan dalam melakukan pembayaran cicilan setiap bulan.

Namun apabila lupa melakukan isi saldo pada rekening yang terhubung dengan sistem auto debit, maka akan muncul saldo minus. Karena hal tersebut sama seperti penyebab pertama, dimana sistem tetap dapat melakukan pembayaran meskipun saldo efektif tidak ada.

3. Biaya Admin Per Bulan

Penyebab terakhir adalah biaya admin untuk buku tabungan dan kartu debit, dimana setiap buku tabungan dan kartu debit memiliki biaya admin yang dibebankan kepada para nasabah. Termasuk juga untuk nasabah BRI untuk beberapa jenis tabungan tertentu.

Pembayaran biaya admin untuk buku tabungan dan kartu debit juga sama halnya dengan sistem pembayaran auto debit, dimana sistem tidak mengetahui apakah masih ada saldo efektif atau tidak. Sehingga pada saat saldo efektif tidak ada dan terjadi pembayaran biaya admin, maka saldo akan menjadi minus.

Cara Mengatasi Saldo BRI Minus

Setelah mengetahui penyebab permasalahan ini, maka cara mengatasi saldo BRI minus adalah dengan cara memutuskan sistem auto debit. Sehingga kalian bisa memeriksa rekening BRI yang digunakan telah terhubung ke sistem pembayaran mana saja.

Apabila tidak ingin memutuskan atau mematikan sistem auto debit, maka kalian harus selalu mengingat untuk mengisi saldo rekening BRI secara rutin sebelum tanggal jatuh tempo sistem auto debit berlangsung. Sehingga tidak akan ada permasalahan saldo minus.

Sedangkan untuk penyebab permasalahan karena pembayaran biaya admin, maka cara mengatasinya juga sama, yaitu dengan mengisi saldo rekening BRI. Karena biaya admin bank memang akan tetap dibebankan kepada nasabah. Sehingga pada saat saldo terisi, secara otomatis akan terpotong untuk biaya tersebut.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi mengenai cara mengatasi dan penyebab saldo BRI minus dari Pakai Banking, semoga saja informasi seputar permasalahan saldo minus yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat untuk kalian semua.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *