6 Kode Error EDC Bukopin Lengkap & Solusinya 2022

Kode Error EDC Bukopin
Advertisements

Kode Error EDC Bukopin – Menggunakan alat gesek tunai, sekarang ini menjadi solusi ketika belanja, transfer maupun melakukan pembayaran lainnya tanpa harus mengeluarkan uang cash. Dimana transaksi ini biasanya membutuhkan mesin EDC atau Elektronic Data Capture.

Pasalnya sekarang ini hampir semua bank sudah menyediakan mesin EDC untuk melakukan berbagai transaksi. Salah satunya yaitu mesin EDC tersebut yaitu dari bank Bukopin. Tidak jarang pengguna mendapati adanya kode error EDC Bukopin. Namun apa saja kode error EDC Bukopin?

Ada beberapa Response code EDC Bukopin yang sering muncul atau dialami pengguna. Beberapa kode error EDC Bukopin bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa mengetahui arti kode error dan cara mengatasi kode error tersebut.

Nah pada artikel kali ini, admin Pakaibanking.com akan menyajikan rangkuman mengenai daftar kode error EDC Bukopin. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak ulasan mengenai pengertian kode error EDC berikut ini.

Apa Itu Kode Error EDC Bukopin?

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa EDC (Elektronic Data Capture) adalah sebuah alamat penerima pembayaran yang bisa hubungkan antar rekening. Biasanya mesin EDC berupa seperti telepon genggam model lama dengan tampilan layar yang lebih kecil.

Nah untuk kode error EDC Bukopin itu sendiri adalah sebuah kode atau isyarat yang muncul ketika adanya masalah saat menggunakan mesin EDC Bukopin. Sehingga jika pengguna mengalami kendala saat transaksi menggunakan mesin EDC Bukopin, maka akan muncul berupa kode atau Response code.

Setelah ketahui pengertian Response code EDC Bukopin, sekarang apa saja kode yang sering muncul di mesin EDC Bukopin? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Advertisements

Daftar Kode Error EDC Bukopin

Ada beberapa Response error EDC Bukopin yang perlu kalian ketahui artinya. Dimana biasanya kode error tersebut muncul ketika kalian gagal dalam melakukan transaksi menggunakan mesin EDC tersebut. Daftar kode kode error pada mesin Elektronic Data Capture Bukopin diantaranya sebagai berikut:

Kode ErrorKeterangan Kode ErrorArti Kode Error
30Format ErrorKartu ATM bermasalah
91Issuer Or Switch InoperativeAdanya gangguan jaringan
Searching Signal Please WaitAdanya gangguan jaringan
57Transaksi Tidak DiizinkanAdanya gangguan sistem
T8ReversalMesin EDC perlu di Clear Reversal
N6Salah nomor rekening, PIN ATM atau kode bank
Advertisements

Selain kode error EDC di atas, kemarin Pakaibanking.com juga sudah pernah merangkum tentang kode error EDC BRI.

Nah setelah ketahui beberapa kode error mesin EDC di atas, sekarang bagaimana cara mengatasi kode error EDC tersebut? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Kode Error EDC Bukopin

Cara mengatasi kode error EDC dapat dilakukan sesuai dengan nomor kode error atau Response Code yang muncul. Sehingga sebelum mengatasi kode error EDC, tentunya kalian perlu mengetahui nama maupun arti dari kode error mesin EDC tersebut. Cara mengatasi Response Code EDC Bukopin adalah sebagai berikut:

1. Kode Error 30

Cara Mengatasi Kode Error EDC 30

Cara mengatasi kode error EDC 30 atau Format Error yakni dengan cek masa di kartu ATM dan cek mesin EDC. Pastikan kartu ATM masih aktif dan belum kadaluwarsa. Selain itu, kalian juga bisa coba dengan mematikan mesin EDC Bukopin terlebih dahulu, lalu hidupkan kembali dan coba gunakan lagi mesin EDC Bukopin tersebut. Jika masih muncul kode error 30, silahkan hubungi Customer Service bank Bukopin.

2. Kode Error 91

Cara mengatasi kode error EDC 91 atau Issuer Or Switch Inoperative yakni dengan melakukan Clear Reversal. Setelah itu tes Host, dan jika masih muncul kode error tersebut, silahkan tekan tombol mati, lalu tekan tombol Func. Kemudian silahkan tunggu proses Rebot, lalu silahkan tes Host kembali. Namun, jika masih muncul kode error 91, silahkan hubungi Customer Service bank Bukopin.

3. Kode Searching Signal Please Wait

Cara mengatasi kode error EDC Searching Signal Please Wait yaitu dengan menunggu jaringan kembali normal dan stabil. Namun jika sampai 24 jam masih muncul kode error tersebut, silahkan ganti atau gunakan provider lain untuk mengatasi kode error Searching Signal Please Wait. Namun, jika masih muncul kode error Searching Signal Please Wait, silahkan hubungi Customer Service bank Bukopin.

4. Kode Error 57

Cara mengatasi kode error EDC 57 atau Transaksi Tidak Diizinkan yakni dengan menunggu beberapa saat, lalu silahkan coba kembali. Namun jika sudah lebih dari 3 jam dan masih muncul kode 57, silahkan hubungi Customer Service bank Bukopin.

5. Kode Error T8

Cara mengatasi kode error EDC Bukopin T8 yakni dengan tekan tombol ke bawah > pilih ATM mini Bukopin > pilih Clear Reversal > lalu tekan Enter. Namun jika masih muncul kode T8, silahkan hubungi Customer Service bank Bukopin.

6. Kode Error N6

Cara mengatasi kode error EDC N6 yaitu dengan cek nomor rekening penampung, cek PIN ATM maupun dengan cek kode bank. Pastikan semua benar dalam memasukkan nomor rekening penampung, PIN ATM maupun kode bank. Namun jika masih muncul kode N6, silahkan hubungi Customer Service bank Bukopin.

Itulah informasi mengenai kode error EDC Bank Umum Koperasi Indonesia. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai arti, penyebab dan cara mengatasi Response Code EDC Bukopin?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas, ada beberapa kode error EDC Bukopin yang perlu kalian ketahui. Diantaranya yaitu 30 (Format Error), 91 (Issuer Or Switch Inoperative), Searching Signal Please Wait, 57 (Transaksi Tidak Diizinkan), T8 dan N6.

Sekian artikel kali ini tentang daftar Response Code Error EDC Bukopin. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Pakaibanking.com dan semoga artikel di atas tentang kode error EDC Bank Umum Koperasi Indonesia bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Pakaibanking.com

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *