Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

15 Cara Mendapatkan Mesin EDC BRI 2022 : Syarat & Biaya

Cara Mendapatkan Mesin EDC BRI

Cara Mendapatkan Mesin EDC BRI – Mesin EDC merupakan alat yang digunakan untuk melakukan transaksi secara non tunai menggunakan kartu debit atau kredit. Mesin EDC biasanya digunakan para pelaku bisnis untuk lebih menunjang bisnisnya.

Saat ini sudah semua bank menyediakan mesin EDC, termasuk bank BRI. Sehingga para pelaku bisnis bisa menggunakan semua bank untuk lebih memperlancar bisnisnya menggunakan mesin EDC sebagai alat pembayarannya.

Untuk anda yang merupakan pengguna rekening bank BRI, kemudian ingin menggunakan mesin EDC. Namun belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan mesin EDC tersebut, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat informasi dari kami ini.

Karena kami akan membahas bagaimana cara mendapatkan mesin EDC BRI secara lengkap dengan syarat pengajuan mesin EDC BRI dan biaya transaksi menggunakan mesin tersebut. Sehingga nantinya anda dapat lebih mudah untuk mendapatkan mesin EDC tersebut.

Kelebihan Mesin EDC BRI

Sebelum kami lanjutkan ke informasi utama yaitu cara mendapatkan mesin EDC BRI, kami ingin memberikan terlebih dahulu apa saja kelebihan mesin EDC BRI. Karena hal tersebut bisa menjadi nilai tambah bagi anda untuk lebih yakin saat akan menggunakan mesin EDC BRI.

  1. Dapat menerima transaksi dari semua jenis kartu, seperti kartu master dan visa, kemudian kartu debit simpedes dan jinuo serta kartu BRIzzi.
  2. Proses pembayaran ke merchant dapat dilakukan H+1 setelah proses settlement oleh pihak merchant, termasuk pada saat hari libur.
  3. Dapat meningkatkan jumlah transaksi, hal tersebut dikarenakan para pembeli dapat melakukan pembayaran dengan model non tunai dan tunai.
  4. Dapat mengurangi biaya penanganan, hal tersebut dikarenakan proses transaksi pembayaran langsung masuk kedalam nomor rekening merchant.

Syarat Mendapatkan Mesin EDC BRI

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari mesin EDC BRI, maka saatnya anda mengetahui apa saja syarat untuk mendapatkan mesin EDC BRI. Karena tidak berbeda jauh dengan mendapatkan hal lainnya, perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila ingin mendapatkan mesin EDC.

Adapun syarat mendapatkan mesin EDC BRI sendiri terbagi menjadi dua, yaitu syarat untuk perorangan dan badan usaha. Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda lihat syarat mendapatkan mesin EDC berikut ini:

Syarat Perorangan

  • Memiliki rekening BRI (Tabungan/Giro)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • Sertifikat kepemilikan atau surat keterangan sewa tempat usaha
  • Akta pendirian usaha/anggaran dasar

Syarat Badan Usaha

Sedangkan bagi anda yang berada dibawah badan usaha, maka syarat untuk mendapatkan mesin EDC BRI cukup dengan memiliki rekening BRI (Tabungan/Giro) saja. Karena badan usaha biasanya sudah berada dibawah hukum, sehingga syarat mendapatkan EDC akan berbeda dengan perorangan.

Biaya Transaksi Mesin EDC BRI

Hal lainnya yang perlu diketahui tentang mesin EDC BRI ialah biaya transaksi, dimana biaya transaksi mesin EDC atau MDR (Merchant Discount Rate) terdapat kesepakatan antara pihak bank dan pihak merchant. Namun biaya yang dikenakan umumnya sama saja seperti biaya berikut ini:

Jenis TransaksiBiaya/MDR
Sesama Rekening BRIRp 3.000,00
Bank lain dalam negeriRp 15.000,00 – Rp 20.000,00
Setor TunaiRp 3.000,00
Pembelian/PembayaranRp 3.000,00

Cara Mendapatkan Mesin EDC BRI

Setelah mengetahui beberapa hal tentang mesin EDC BRI, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu cara mendapatkan mesin EDC BRI. Cara mendapatkan mesin ini sebenarnya sangat mudah, hal terpenting semua syarat yang telah kami jelaskan diatas telah terpenuhi.

Apabila semua syarat mendapatkan mesin EDC sudah terpenuhi. Maka silahkan anda kunjungi salah satu kantor cabang bank BRI untuk mendapatkan mesin tersebut dan mengikuti cara – cara berikut ini:

  1. Mengambil nomor antrian untuk CS (Customer Service).
  2. Silahkan tunggu sampai nomor antrian anda terpanggil.
  3. Setelah nomor antrian terpanggil, silahkan menemui CS (Customer Service) bank BRI.
  4. Sampaikan kepada CS (Customer Service) apabila anda ingin mendapatkan mesin EDC BRI.
  5. Setelah itu mengisi formulir pengajuan mesin EDC.
  6. Pastikan data pada formulir pengajuan terisi dengan benar.
  7. Cara selanjutnya adalah mengembalikan formulir pengajuan tersebut kepada CS bank BRI.
  8. Jangan lupa lampirkan juga syarat mendapaktan mesin EDC.
  9. Setelah itu CS bank BRI akan menjelaskan sedikit tentang mesin EDC.
  10. Selanjutnya tinggal memilih JENIS MESIN EDC yang ingin digunakan.
  11. Setelah itu proses mendapatkan mesin EDC telah selesai.

Harga Mesin EDC Bank BRI

Mesin EDC sendiri tidak diperjual belikan secara bebas, karena mesin tersebut harus terintegrasi dengan pihak bank. Oleh karena itu mendapatkan mesin EDC bisa dilakukan secara gratis, akan tetapi ada biaya kehilangan atau kerusakan kepada pihak merchant.

Namun ada juga beberapa pihak yang menjual mesin EDC, akan tetapi tidak untuk semua bank. Adapun untuk kisaran harga mesin EDC sendiri berada diantara 3 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah sesuai dengan jenis mesin EDC itu sendiri.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang cara mendapatkan mesin EDC BRI yang sekiranya dapat PakaiBanking berikan pada kesempatan hari ini, kami harap informasi tentang cara mendapatkan mesin EDC diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi anda.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.