Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

8 Cara Cek Kartu ATM BRI Masih Aktif atau Tidak

Cara Cek Kartu ATM BRI Masih Aktif atau Tidak

Cara Cek Kartu ATM BRI Masih Aktif atau Tidak – Kartu ATM adalah alat transaksi yang diterbitkan oleh setiap bank untuk mempermudah transaksi nasabah tanpa harus ke bank. Karena dengan menggunakan kartu ATM, nasabah dapat melakukan transaksi melalui mesin ATM atau mesin EDC.

Kartu ATM sendiri memiliki masa aktif yang disesuaikan dengan masa aktif rekening atau tabungan yang dimiliki. Apabila rekening atau tabungan tersebut tidak aktif, maka secara otomatis kartu ATM tersebut juga tidak aktif atau tidak dapat digunakan.

Dan pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai cara cek kartu ATM BRI masih aktif atau tidak, barang kali saja ada diantara kalian nasabah BRI yang masih belum mengetahui akan hal tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kalian melihat informasi yang akan kami berikan.

Karena selain memberikan informasi mengenai cara cek kartu ATM BRI masih aktif atau tidak, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya seperti masa aktif kartu ATM BRI. Adapun untuk informasi selengkapnya bisa langsung kalian lihat dibawah ini.

Cara Cek Kartu ATM BRI Masih Aktif atau Tidak

Adapun untuk cara cek kartu ATM masih aktif atau tidak ini ada dua cara, yaitu secara online dan offline. Dan dari setiap cara tersebut masih terdapat beberapa cara lagi, untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung melihat cara cek kartu ATM sebagai berikut.

1. Cara Cek Kartu ATM BRI Masih Aktif atau Tidak Secara Online

Cara cek pertama yaitu cara cek secara online, dimana cara cek kartu ATM masih aktif atau tidak secara online ini ada dua cara, yaitu melalui e-wallet dan call center BRI. Adapun cara cek kartu ATM tersebut bisa dilakukan sebagai berikut.

Cara Cek Melalui E-Wallet

Cara cek melalui e-wallet dapat dilakukan dengan cara top up e-wallet tersebut, sebagai contoh ialah melakukan Top Up Ovo Pakai BRImo. Apabila status rekening masih aktif, maka akan muncul nama dan nomor rekening.

Sedangkan untuk status rekening yang sudah tidak aktif, maka akan muncul pesan error yang menandakan nomor rekening tersebut sudah tidak aktif atau tidak terdaftar. Sehingga tidak dapat melakukan top up.

Cara Cek Melalui Call Center BRI

Cara cek masa aktif kartu ATM BRI yang selanjutnya ialah melalui call center BRI, kalian bisa langsung menghubungi call center BRI di 14017 / 1500017. Setelah itu sampaikan keperluan kalian untuk memeriksa masa aktif rekening.

Jangan lupa untuk mempersiapkan buku tabungan BRI dan kartu ATM yang akan di cek. Selain itu juga perlu mempersiapkan KTP yang nantinya akan digunakan sebagai verifikasi data kepemilikan rekening tersebut.

2. Cara Cek Kartu ATM BRI Masih Aktif atau Tidak Secara Offline

Selain secara online, memeriksa masa aktif kartu ATM BRI juga dapat dilakukan secara offline. Dimana cara cek kartu ATM secara offline dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu melalui mesin ATM BRI, BRILink dan kantor BRI terdekat.

Cara Cek Melalui Mesin ATM

Cara cek pertama ialah melalui mesin ATM BRI. Caranya ialah dengan memeriksa saldo pada rekening BRI tersebut, apabila saat melakukan cek saldo muncul pesan “Proses Gagal / Transaksi Ditolak“. Maka hal tersebut menandakan kartu ATM sudah tidak aktif.

Cara Cek Melalui BRILink

Cara cek berikutnya ialah melalui agen BRILink. Proses pengecekan melalui agen BRILink juga tidak berbeda jauh dengan cara cek melalui mesin ATM, kalian bisa cek saldo melalui mesin EDC BRI. Apabila muncul pesan yang sama seperti diatas maka kartu ATM sudah tidak aktif.

Cara Cek Melalui Kantor BRI

Sedangkan cara cek yang terakhir ialah melalui kantor cabang BRI. Untuk cara cek ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara cek melalui call center BRI, hanya saja kalian perlu mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan kalian.

Jangan lupa juga untuk membawa kelengkapan dokumen seperti buku tabungan, kartu ATM dan KTP. Setelah itu silahkan menuju ke CS BRI dan sampaikan keperluan kalian untuk memeriksa apakah rekening BRI tersebut masih aktif atau tidak.

Masa Aktif Jenis Kartu ATM BRI

Setelah mengetahui bagaimana cara cek masa aktif kartu ATM BRI, maka hal lainnya yang perlu diketahui ialah masa aktif kartu ATM BRI. Apabila kalian mengetahui masa aktif setiap kartu ATM BRI, maka kalian tidak perlu lagi melakukan cek kartu ATM tersebut.

Karena dengan mengetahui masa aktif kartu, kalian sudah dapat mengetahui bahwa kartu ATM atau rekening BRI tersebut masih aktif atau tidak. Dimana setiap masa aktif kartu tersebut berdasarkan dari jenis tabungan yang digunakan.

1. BritAma

Jenis tabungan pertama ialah BritAma, dimana jenis tabungan ini memiliki batas minimal saldo yang perlu disimpan adalah sebesar Rp 50.000. Dengan masa aktif kurang lebih adalah 541 hari, dan status aktif tersebut akan berubah menjadi pasif apabila melebihi masa aktif tersebut.

Setelah melewati 542 hari, maka status pasif pada kartu akan berubah menjadi non aktif secara otomatis dan kartu ATM atau rekening tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali.

2. BRI Simpedes

Jenis tabungan yang kedua adalah BRI simpedes, dimana masa aktif tabungan ini lebih sebentar dibanding dengan BritAma, yaitu 365 hari. Apabila rekening tersebut tidak ada transaksi selama masa tersebut, maka pada hari ke 366 status akan berubah menjadi non aktif.

3. BRI Junior

Jenis tabungan yang terakhir adalah tabungan BRI junior, untuk masa aktif tabungan ini tidak terlalu berbeda jauh dengan jenis tabungan BritAma, yaitu memiliki masa aktif 540 hari. Apabila tidak ada transaksi dengan jangka waktu tersebut, maka status akan berubah menjadi pasif.

Dan pada hari ke 541 status pasif tersebut akan berubah menjadi non aktif apabila kartu ATM atau rekening tersebut masih tetap tidak ada transaksi.

Akhir Kata

Demikian itu informasi yang sekiranya dapat Pakai Banking berikan mengenai cara cek kartu ATM BRI masih aktif atau tidak, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *