8 Cara Bayar Unpam Lewat Livin Mandiri 2022 : Syarat & Biaya

Cara Bayar Unpam Lewat Livin Mandiri

Cara Bayar Unpam Lewat Livin Mandiri – Hadirnya fasilitas e-channel dari perbankan seperti internet banking hingga mobile banking semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai macam transaksi. Dimana melalui layanan tersebut nasabah bisa melakukan transaksi transfer online, bayar belanjaan, bayar tagihan dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, tentunya Mandiri juga menghadirkan layanan tersebut dengan nama Livin by Mandiri yang saat ini sudah berganti logo atau warna menjadi kuning. Hanya bermodalkan smartphone Android atau iOS, saat ini nasabah bank Mandiri sudah dapat melakukan transaksi perbankan dengan mudah.

Dimana Livin Mandiri sendiri saat ini sudah bisa digunakan oleh nasabahnya untuk membayar tagihan pendidikan di Universitas Pamulang atau biasa disebut dengan Unpam. Namun, ketika seorang nasabah bank Mandiri hendak melunasi tagihan pendidikan Unpam melalui fasilitas mobile banking, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Sementara untuk langkah-langkah pembayarannya sendiri sebenarnya tergolong sangat mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara bayar Unpam lewat Livin Mandiri logo kuning dilengkapi dengan syarat beserta besaran biaya administrasi tambahannya.

Syarat Bayar Unpam Lewat Livin Mandiri

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika seorang nasabah bank Mandiri ingin melakukan pembayaran tagihan pendidikan Unpam melalui layanan mobile banking, tentunya mereka perlu memenuhi beberapa syarat beserta ketentuannya. Adapun beberapa syarat bayar Unpam melalui Livin by Mandiri tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Memiliki aplikasi Livin by Mandiri versi terbaru (logo kuning).
  • Mempunyai koneksi jaringan internet lancar serta stabil.
  • Memiliki saldo di dalam rekening Mandiri.
  • Mempersiapkan nomor VA atau nomor tagihan milik mahasiswa Unpam.

Cara Bayar Unpam Lewat Livin Mandiri

Setelah memenuhi beberapa syarat dan ketentuan membayar tagihan Unpam lewat Livin Mandiri, selanjutnya pastinya kalian harus mengerti bagaimana tata cara pembayarannya. Perlu diketahui, pada intinya nasabah yang hendak membayar tagihan Unpam nantinya akan melakukan transfer saldo atau dana ke penyedia jasa Yayasan Sasmita Jaya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Universitas Pamulang sendiri berada di bawah naungan Yayasan Sasmita Jaya. Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja perhatikan baik-baik tata cara bayar Unpam lewat Livin Mandiri di bawah ini, entah itu di smartphone Android maupun iOS.

1. Buka Livin by Mandiri

Buka Livin by Mandiri

Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Livin by Mandiri di smartphone kalian. Sebelum melanjutkan langkah-langkahnya, pastikan kalian memiliki koneksi jaringan internet lancar dan stabil serta sudah update aplikasi Livin by Mandiri ke versi terbarunya (logo kuning).

2. Masuk ke Menu Bayar

Masuk ke Menu Bayar

Apabila sudah berhasil masuk atau login ke dalam Livin by Mandiri, maka kalian akan disuguhkan mengenai beberapa fasilitas atau layanan dari bank Mandiri. Cara selanjutnya yaitu masuk ke menu Bayar.

3. Pilih Opsi Pendidikan

Pilih Opsi Pendidikan

Kemudian akan muncul kembali beberapa pilihan pembayaran yang tersedia di Livin Mandiri. Silahkan ketuk atau scroll layar ke basah sampai menemukan opsi Pendidikan. Jika sudah ketemu, pilihlah opsi Pendidikan.

4. Cari Penyedia Jasa Pembayaran

Cari Penyedia Jasa Pembayaran

Pada tahap ini, kalian nantinya akan diminta untuk mencari penyedia jasa pembayaran Unpam lewat Livin Mandiri. Seperti sudah disinggung sebelumnya, Unpam sendiri berada di bawah naungan Yayasan Sasmita Jaya sehingga kalian hanya perlu mencari penyedia jasa tersebut.

5. Masukkan Nomor Tagihan

Masukkan Nomor Tagihan

Cara berikutnya, masukkan nomor tagihan Unpam. Pastikan kalian memasukkan nomor tagihan pembayaran Unpam tersebut dengan benar tanpa kurang satu angka pun. Apabila sudah, silahkan klik Selanjutnya.

6. Ketuk Lanjutkan

Ketuk Lanjutkan

Jika tagihan Unpam memang belum dibayarkan, maka secara otomatis halaman atau jendela akan menampilkan nominal uang yang harus dibayar oleh kalian. Jika tagihan Unpam sudah sesuai, silahkan klik tombol Lanjutkan di bagian bawah layar.

7. Konfirmasi Pembayaran

Konfirmasi Pembayaran

Setelah itu secara otomatis kalian akan di bawah ke halaman konfirmasi pembayaran tagihan Unpam. Pada tahap ini, layar akan menampilkan seluruh detail tagihan Unpam mulai dari no tagihan, NIM, Nama dan program studi mahasiswa serta jatuh tempo angsuran. Jika sudah sesuai, silahkan tekan Lanjut Bayar.

8. Masukkan PIN Livin Mandiri

Masukkan PIN Livin Mandiri

Cara terakhir, masukkan PIN Livin Mandiri kalian. Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan notifikasi terkait transaksi pembayaran di Livin by Mandiri. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara bayar Unpam lewat Livin Mandiri sudah berhasil dilakukan.

Biaya Transaksi Pembayaran di Livin Mandiri

Seperti halnya saat bayar Shopee Paylater lewat Livin Mandiri, nasabah juga akan dikenai biaya administrasi tambahan ketika membayar tagihan Unpam. Dimana nantinya biaya administrasi tambahan tersebut akan memotong saldo di rekening nasabah secara langsung apabila transaksi berhasil.

Untuk besaran biaya administrasi tambahan di dalam pembayaran Unpam lewat Livin by Mandiri sendiri yaitu sekitar Rp 1.500 per transaksinya. Maka dari itu, supaya transaksi pembayaran tagihan Unpam lewat Mobile Banking Mandiri tersebut dapat berhasil, kalian perlu memastikan bahwa saldo di dalam rekening lebih dari cukup.

Penyebab Gagal Bayar Unpam Lewat Livin Mandiri

Meskipun tata cara bayar Unpam lewat Livin Mandiri di atas terbilang sangat mudah dilakukan, namun masih ada sebagian nasabah di luar sana mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya. Secara garis besar, kegagalan pembayaran Unpam melalui Livin by Mandiri tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, seperti halnya saat Livin Mandiri tidak bisa dibuka.

Oleh sebab itu, supaya terhindar dari kegagalan bayar Unpam lewat Livin Mandiri, sebaiknya cari tahu beberapa penyebabnya berikut ini.

  • Koneksi jaringan internet buruk.
  • Belum update aplikasi Livin by Mandiri ke versi terbarunya.
  • Pengguna salah memasukkan penyedia jasa pembayarannya.
  • Pengguna salah memasukkan nomor tagihan Unpam.
  • Server Livin Mandiri sedang dalam gangguan.
  • Aplikasi Livin Mandiri sedang dalam masa perawatan atau maintenance.
  • Aplikasi Livin Mandiri mengalami permasalahan di perangkat (crash).

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan dari Pakaibanking.com seputar cara bayar Unpam lewat Livin Mandiri dilengkapi dengan syarat hingga biaya administrasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membayar tagihan Unpam melalui aplikasi Livin by Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.