7 Cara Bayar PDAM Lewat Livin Mandiri 2022

Cara Bayar PDAM Lewat Livin Mandiri

Cara Bayar PDAM Lewat Livin Mandiri – Sekarang tidak perlu bingung untuk melakukan pembayaran tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Dimana untuk membayar tagihan PDAM bisa dilakukan dari rumah tanpa harus datang ke kantor PDAM maupun ke mesin ATM, Alfamart dan Indomaret.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membayar PDAM dari rumah yakni menggunakan layanan Mobile Banking. Seperti pakai Livin Mandiri Biru dan New Livin Mandiri Kuning. Namun bagaimana cara bayar PDAM lewat Livin Mandiri?

Melakukan pembayaran tagihan PAM di aplikasi Livin Mandiri dan New Livin Mandiri hampir sama. Dimana cara bayar tagihan PDAM di Livin Mandiri dan New Livin Mandiri yaitu melalui menu Bayar. Namun ada beberapa persyaratan yang perlu anda siapkan sebelum melakukan pembayaran PDAM lewat Livin Mandiri.

Nah pada artikel kali ini, admin Pakaibanking akan memberikan ulasan mengenai cara bayar PDAM lewat Livin Mandiri. Namun sebelum masuk ke cara tersebut, silahkan simak ulasan tentang syarat, biaya admin dan kode PDAM Mandiri berikut ini.

Syarat Bayar PAM di Livin Mandiri

Ada beberapa persyaratan yang perlu anda penuhi ketika akan bayar PAM lewat Livin Mandiri. Dimana syarat tersebut meliputi saldo di rekening Mandiri, kode PDAM atau nama wilayah dan nomor meter pelanggan PDAM. Syarat membayar tagihan PDAM lewat Livin Mandiri lama dan baru diantaranya sebagai berikut :

  • Saldo Rekening Mandiri
    Syarat pertama yang wajib dipenuhi yakni mengenai saldo di rekening Mandiri. Dimana saldo rekening Mandiri yang akan digunakan untuk bayar PDAM wajib memiliki saldo lebih dari nominal tagihan PDAM. Sehingga nantinya saat melakukan proses bayar PDAM tidak terjadi kegagalan.
  • Kode PDAM atau Nama Wilayah
    Syarat kedua untuk bayar PAM lewat Livin Mandiri yaitu tentang kode atau nama wilayah penyedia jasa layanan PAM. Dimana setiap wilayah atau perusahaan penyedia air minum di wilayah Indonesia berbeda-beda. Sehingga agar bisa menemukan tagihan PDAM lewat Livin Mandiri, anda perlu mengetahui atau memilih penyedia jasa yang sesuai.
  • Nomor Pelanggan PDAM
    Syarat ketiga agar bisa bayar PDAM lewat New Livin yakni tentang nomor pelanggan PDAM. Dimana nomor pelanggan ini fungsinya sama seperti nomor rekening listrik atau PLN. Yaitu untuk menemukan nominal tagihan PDAM anda lewat Livin Mandiri.

Nah setelah mengetahui beberapa syarat untuk membayar PDAM lewat Livin Mandiri, sekarang berapa besaran biaya administrasi saat membayar PDAM lewat Livin Mandiri? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Biaya Bayar PDAM Lewat Livin Mandiri

Berbicara mengenai biaya admin atau layanan pembayaran tagihan di Livin Mandiri hampir semuanya sama. Seperti halnya biaya admin membayar PDAM lewat Livin Mandiri, dimana biaya admin tersebut sebesar Rp. 2.500. Jadi nanti saldo rekening yang perlu disiapkan untuk bayar PDAM lewat Livin yaitu sebesar nominal tagihan PDAM + biaya admin.

Setelah ketahui informasi tentang biaya admin bayar PDAM, sekarang bagaimana cara melakukan pembayarannya? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Bayar PDAM Lewat Livin Mandiri

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa cara bayar PAM lewat Livin Mandiri yakni dapat dilakukan pada aplikasi Livin Mandiri Biru (lama) dan New Livin Mandiri Kuning (baru). Yaitu dengan lewat menu Bayar pada aplikasi Livin Mandiri. Cara bayar PAM lewat Livin Mandiri adalah sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Livin Mandiri

Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi Livin Mandiri di HP Android maupun iPhone. Serta pastikan aplikasi Livin Mandiri tersebut sudah diperbarui ke versi terbaru. Nah pada artikel kali ini, admin Pakaibanking praktik dengan menggunakan New Livin Mandiri atau Livin Mandiri Kuning (versi baru).

Buka Aplikasi Livin Mandiri

2. Lakukan Login di Livin Mandiri

Langkah kedua yaitu melakukan login ke akun Livin Mandiri. Silahkan lakukan login sesuai dengan metode yang sudah dipilih. Seperti menggunakan sidik jari maupun metode lainnya. Kali ini admin Pakaibanking praktik login dengan menggunakan metode sidik jari. Yaitu dengan cara ketuk tombol Login, lalu silahkan lakukan sidik jari.

Lakukan Login di Livin Mandiri

3. Masuk ke Menu Bayar

Setelah masuk pada halaman utama Livin Mandiri, silahkan lanjutkan dengan menuju layanan bayar di Livin Mandiri. Yaitu dengan cara ketuk menu Bayar di tampilan beberapa layanan di Livin Mandiri. Dengan begitu nantinya anda akan diarahkan menuju halaman memilih jenis layanan bayar lewat Livin Mandiri.

Masuk ke Menu Bayar

4. Pilih Layanan PDAM

Selanjutnya silahkan masuk ke layanan bayar PDAM menggunakan Mandiri Online tersebut. Yaitu dengan cara pilih layanan bayar PDAM di aplikasi Livin Mandiri. Sehingga nantinya anda diminta untuk memilih penyedia jasa PDAM sesuai wilayah dan memasukkan nomor pelanggan PDAM.

Pilih Layanan PDAM

5. Pilih Penyedia Jasa PDAM

Setelah masuk pada halaman pelayanan bayar PDAM, silahkan lanjutkan menuju ke halaman memilih penyedia jasa PDAM. Pada halaman ini sudah ditampilkan beberapa penyedia jasa PDAM seperti wilayah Tangerang, Bandung, Banyumas, Bogor, Malang maupun wilayah lainnya. Silahkan pilih penyedia PDAM sesuai dengan alamat anda.

Buat anda yang wilayahnya tidak ditampilkan pada halaman ini bisa dengan memilih PAM Premium. Sehingga nantinya anda akan diminta kode PDAM sesuai dengan wilayah atau penyedia PDAM yang anda gunakan. Lalu masukkan nomor pelanggan di kolom yang tersedia untuk melihat tagihan dan melakukan pembayaran lewat Livin Mandiri.

6. Masukkan Nomor Pelanggan PDAM

Kemudian setelah memilih setelah memilih wilayah PDAM, sekarang silahkan masukkan nomor pelanggan PDAM anda. Yaitu dengan cara tap kolom nomer pelanggan, lalu masukkan nomer pelanggan PDAM anda. Setelah itu silahkan lanjutkan menuju halaman bayar PDAM di Livin Mandiri dengan cara tap tombol Lanjutkan.

Masukkan Nomor Pelanggan PDAM

7. Selesaikan Bayar PDAM Lewat Livin Mandiri

Nah setelah sistem menemukan tagihan PDAM anda, silahkan cek total tagihan tersebut, jika sudah benar silahkan lanjutkan proses pembayaran PDAM lewat Livin Mandiri. Yaitu dengan cara pilih nomor rekening Mandiri dan ketuk tombol Bayar.

Selain untuk melakukan pembayaran PAM, Livin Mandiri juga bisa digunakan untuk bayar tagihan Shopee PayLater. Kemarin admin Pakaibanking sudah pernah mencoba cara bayar Shopee PayLater lewat Livin Mandiri. Serta bisa juga untuk bayar Indihome lewat Mandiri Online.

Sebagai tambahan berikut ini admin Pakaibanking akan memberikan informasi tentang beberapa kode PDAM di Mandiri, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kode PDAM Mandiri

Sesuai dengan penyedia jasa PDAM yang terdaftar di bank Mandiri, berikut ini adalah kode pembayaran PDAM di bank Mandiri :

Penyedia PDAMKode PDAM Mandiri
PAM AETRA TANGERANG30132
PAM Kota Bandung30216
PAM PALYJA32014
PAM Premium30000
PAM TPJ/AETRA30215
PDAM Banyumas30115
PDAM Kabupaten Bogor30105
PDAM Kota Bogor30104
PDAM Kota Malang30100
PDAM Kota Surabaya30123
PDAM Lampung30110
PDAM Samarinda30120
PDAM Sidoarjo30111
PDAM Tirta Medan30129
Daftar Kode PDAM Mandiri

Itulah informasi mengenai cara membayar PDAM lewat Livin Mandiri beserta penjelasan syarat, biaya admin dan daftar kode PDAM di bank Mandiri. Bagaimana, apakah masih ada yang alami kendala ketika mencoba pembayaran PDAM melalui New Livin by Mandiri menggunakan cara-cara di atas?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa cara bayar PDAM lewat Livin Mandiri yaitu dengan menggunakan layanan Bayar PDAM di aplikasi Mobile Banking Mandiri. Dimana anda perlu menyiapkan kode PDAM dan nomor pelanggan PDAM sebelum melakukan pembayaran di aplikasi Livin Mandiri.

Sekian artikel kali ini mengenai cara membayar PDAM di New Livin by Mandiri. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Pakaibanking.com dan semoga artikel tentang cara bayar PDAM di atas bisa menambah informasi buat anda semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.