Biaya Transaksi Mesin EDC BCA 2023: Visa & Mastercard

Biaya Transaksi Mesin EDC BCA – Perkembangan dunia perbankan saat ini tergolong sangat pesat, hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya fasilitas perbankan yang ditawarkan, mulai dari mobile banking, internet sampai dengan mesin EDC.

Penggunaan mesin EDC mungkin lebih cocok untuk para pelaku bisnis, karena hal tersebut akan mempermudah transaksi para pembeli. Terutama untuk para pembeli yang ingin melakukan pembayaran dengan cara non tunai, untuk penggunaan mesin EDC pastikan gunakan jenis mesin EDC terbaik.

Dan saat ini sudah semua bank mengeluarkan layanan mesin EDC, mulai dari bank BCA, BRI, BNI, Mandiri atau bank lainnya. Namun perlu diketahui, setiap kali melakukan transaksi menggunakan mesin EDC juga ada biaya transaksi.

Biaya transaksi itu sendiri berdasarkan dari jenis kartu yang digesek atau digunakan pada mesin EDC. Oleh karena itu, sebelum kalian memutuskan untuk membayar dengan cara gesek pada mesin EDC, alangkah baiknya kalian memperhatikan jenis kartu yang digunakan.

Jenis Kartu Untuk Mesin EDC BCA

Lantas, mesin EDC BCA dapat menerima transaksi dengan kartu apa saja? Karena tidak semua jenis kartu dapat digunakan pada mesin EDC. Nah, untuk jenis kartu yang dapat digunakan untuk transaksi pada mesin EDC BCA diantaranya adalah sebagai berikut:

  • BCA Card
  • Visa
  • Mastercard
  • JCB (Japan Credit Bureau
  • UP (UnionPay)
  • Amex (American Express)
  • Debit BCA
  • Debit Domestik bank lain
  • Debit Maestro
  • Flazz

Jadi bisa dikatakan hampir semua jenis kartu dapat digunakan untuk transaksi pada mesin EDC BCA. Namun untuk potongan biaya transaksi mesin EDC BCA itu sendiri akan berbeda-beda antara BNI, BRI maupun Mandiri.

Biaya Transaksi Mesin EDC BCA

Nah, pada kesempatan ini, kami ingin membahas tentang biaya transaksi mesin EDC BCA. Dimana biaya EDC BCA sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan Biaya Mesin EDC Mandiri, yaitu dimulai dari 1.5% sampai dengan 3%.

Sedangkan untuk biaya EDC BCA terbagi menjadi dua, yaitu biaya transaksi kartu dan QRIS. Jadi selain kalian dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu pada mesin EDC BCA, kalian juga dapat melakukan pembayaran menggunakan QRIS pada mesin EDC BCA.

Adapun untuk biaya transaksi mesin EDC BCA baik menggunakan kartu ataupun QRIS bisa langsung kalian lihat secara lengkap dibawah ini.

1. Transaksi Kartu

Jenis KartuBiaya
BCA Card1,5%
Visa2%
Mastercard2%
Japan Credit Bureau (JCB)2%
UnionPay (UP)2%
American Express (Amex)3,25%
Debit BCA0,15% (Regular)
Debit Domestik Bank Lain1%
Kategori Merchant Pendidikan0,75%
Kategori Merchant SPBU0,5%
Kategori Merchant khusus untuk Bantuan Sosial0%
Debit Maestro2%
Flazz0%

2. Transaksi QRIS

KeteranganBiaya
Merchant Usaha Kecil (UKE)
Usaha Menengah (UME)
Usaha Besar (UBE)
0,7%
Merchant Usaha Mikro (UMI)0%
Merchant khusus untuk Bantuan Sosial, Donasi Sosial, & Nirlaba0%
Merchant Pendidikan0,6%
Merchant SPBU0,4%

Perlu diketahui, untuk pembayaran QRIS pada Merchant Usaha Mikro (UMI) hanya berlaku sampai dengan 30 Juni 2022. Setelah masa berlaku habis maka akan ada pembaruan seputar biaya transaksi pada merchant tersebut.

Cara Menggunakan Mesin EDC BCA

Meski semua orang mengetahui dengan mesin EDC, akan tetapi jarang menggunakan dikarenakan masih bingung akan caranya seperti apa. Buat kalian penasaran dan ingin sekali menggunakan mesin EDC, disini kami sampaikan akan langkah-langkahnya seperti apa.

  1. Pertama-tama harus dilakukan oleh setiap pengguna cukup memastikan apakah tersedia mesin EDC BCA atau mesin EDC suport dengan kartu debit BCA.
  2. Setelah itu tinggal informasikan saja hendak melakukan pembayaran menggunakan mesin EDC BCA, nantinya kasir akan membantu transaksi tersebut.
  3. Setelah itu serahkan kartu ATM BCA kalian ke kasir, dimana kartu tersebut akan digesek pada mesin EDC setelah input total tagihan dikenakan.
  4. Apabila tahap tersebut sudah selesai, maka kasir akan meminta ke kalian untuk input PIN ATM.
  5. Jika input PIN ATM sudah berhasil, langkah selanjutnya tinggal tekan tombol warna hijau dan biasanya terletak pada bagian pojok kanan bawah.
  6. Tunggu beberapa saat nantinya struk bukti pembayaran tersebut akan muncul, silahkan ambil kartu ATM serta struk tadi sebagai bukti sah.

Sangat mudah bukan akan cara menggunakan mesin EDC BCA, cara seperti diatas bisa dilakukan ketika menggunakan mesin EDC BRI. Jadi tidak perlu bingung atau takut lagi ketika melakukan transaksi tersebut.

Keuntungan Mengunakan Mesin EDC

Sebagai informasi tambahan buat kalian semua, pada pembahasan kali ini juga disampaikan akan beberapa keuntungan jika sering transaksi menggunakan mesin EDC. Agar mengetahui informasi lebih lengkapnya, dapat simak langsung rangkuman sudah dipersiapkan sebagai berikut.

  • Pertama, pastinya proses pembayaran jauh lebih cepat karena cukup masukkan PIN pembayaran berhasil.
  • Bisa membayar dengan uang pas, dengan begitu tidak perlu lagi menunggu uang kembalian.
  • Mendapatkan bonus poin, pada umumnya beberapa perbankan di Indonesia memberikan sebuah reward berupa poin dimana poin bisa didapatkan ketika transaksi menggunakan mesin EDC.

Akhir Kata

Jadi untuk kalian yang sekiranya ingin melakukan pembayaran menggunakan kartu debit atau kredit pada mesin EDC BCA, alangkah baiknya jika kalian memperhatikan jenis kartu yang digunakan. Karena biaya potongan yang dikenakan pada setiap kartunya berbeda-beda.

Sekiranya cukup sekian dulu informasi tentang biaya transaksi mesin EDC BCA yang dapat Pakai Banking berikan untuk kalian semua pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang biaya transaksi mesin EDC diatas bisa memberikan banyak manfaat.