Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

4 Cara Tukar Uang Baru di Bank 2022 : Syarat & Biaya

Cara Tukar Uang Baru di Bank
Advertisements

Cara Tukar Uang Baru di Bank – Diantara kalian mungkin ada yang bertanya-tanya apakah bisa menukar uang di bank? Hal tersebut tentunya dapat dilakukan, bahkan proses menukar uang dapat dilakukan meskipun orang tersebut bukan merupakan nasabah bank tersebut.

Namun akan lebih baik proses tukar uang dilakukan pihak nasabah bank tersebut, agar proses penukaran uang dapat dilakukan dengan lebih aman dan cepat. Tradisi tukar uang sendiri biasanya sering dilakukan pada saat hari raya Idul Fitri yang nantinya digunakan sebagai angpau atau hadiah.

Untuk kalian yang sekiranya belum mengetahui bagaimana cara tukar uang di bank, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan tentang cara menukar uang baru di bank.

Namun selain memberikan cara menukar uang baru, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya seperti syarat, biaya sampai dengan jadwal tukar uang baru. Sehingga kalian dapat mengetahui secara detail bagaimana cara menukar uang baru di bank.

Syarat Tukar Uang Baru di Bank

Sebelum kami lanjutkan ke cara tukar uang baru, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat menukar uang baru di bank. Dengan mengetahui apa saja syarat yang diperlukan, maka proses penukaran uang dapat berjalan dengan lancar.

Adapun syarat menukar uang baru di bank sendiri adalah sebagai beriku:

  • Kartu Identitas (KTP/Paspor)
  • Buku Tabungan (bagi nasabah bank tersebut)
  • Uang yang akan ditukarkan

Perlu diketahui, satu kartu identitas hanya dapat digunakan satu kali penukaran saja. Jadi untuk kalian yang sekiranya ingin menukar uang lebih dari satu kali, maka kalian bisa menyuruh anggota keluarga lain atau teman untuk menukar uang baru di bank.

Advertisements

Biaya Tukar Uang Baru di Bank

Sedangkan untuk biaya penukaran uang baru di bank sendiri sebenarnya tidak ada, karena hal tersebut tidak termasuk ke dalam salah satu layanan perbankan. Sehingga tidak dikenakan biaya penukaran uang baru.

Berbeda dengan Biaya Administrasi Bank BRI Per Bulan, dimana hal tersebut merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh pihak bank. Dimana biaya tersebut digunakan untuk biaya layanan dan penanganan.

Kalau pun ada biaya penukaran, biaya tersebut biasanya hanya diberikan kepada orang tertentu, seperti misalnya teller atau petugas lainnya sebagai bentuk uang tip karena sudah membantu proses penukaran uang baru dengan cepat.

Cara Tukar Uang Baru di Bank

Lantas bagaimana cara tukar uang baru di bank? Nah untuk kalian yang sekiranya masih memiliki pertanyaan apakah bisa tukar uang baru di bank? Alangkah baiknya jika kalian langsung saja melihat cara menukar uang baru secara lengkap dibawah ini.

1. Mengunjungi Bank

Cara pertama yang dapat dilakukan ialah mengunjungi kantor cabang bank terdekat, kalian bisa mengunjungi bank yang sudah dimiliki ataupun bank lainnya seperti BCA, BNI, BNI, BRI ataupun beberapa bank nasional lainnya yang menyediakan jasa menukar uang.

Jangan lupa pada saat akan menuju ke bank, kalian sudah mempersiapkan semua syarat yang diperlukan agar proses penukaran uang baru dapat berjalan dengan lancar.

2. Ambil Nomor Antrean

Setibanya disalah satu kantor cabang bank terdekat, silahkan mengambil nomor antrean. Pastikan kalian mengambil nomor antrean untuk ke teller bukan ke layanan CS. Karena bagian yang dapat melakukan penukaran uang baru ialah di teller.

3. Menemui Teller

Apabila nomor antrean sudah dipanggil, silahkan menemui teller dan sampaikan keperluan kalian untuk menukar uang baru. Jangan lupa juga untuk memberikan atau melampirkan syarat yang diperlukan. Apabila ada syarat tambahan biasanya bagian teller akan memberitahukan.

4. Proses Selesai

Setelah semua syarat yang diperlukan sudah lengkap dan kalian juga sudah menyampaikan keperluan kalian untuk menukar uang, maka silahkan tunggu proses penukaran uang sampai dengan selesai. Dan pastikan sebelum meninggalkan bank, kalian hitung terlebih dahulu jumlah uangnya.

Jadwal Tukar Uang Baru di Bank

Hal lainnya yang perlu kalian ketahui ialah jadwal tukar uang di bank, dimana kalian pasti pernah bertanya-tanya kapan bisa tukar uang baru di bank? Waktu penukaran uang baru biasanya dapat dilakukan 3 minggu sebelum hari raya Idul Fitri atau h-21.

Jadi untuk kalian yang sekiranya memang memiliki niatan untuk menukar uang baru, pastikan kalian tidak melewati jadwal penukaran uang tersebut. Dan kalau bisa lakukan penukaran uang di awal jadwal penukaran, agar proses penukaran uang dapat berjalan dengan cepat.

Karena tidak sedikit orang yang memang melakukan hal tersebut, jadi proses penukaran uang baru apabila sudah mendekati hari raya Idul Fitri akan memiliki jumlah penukar yang banyak.

Jumlah Maksimal Tukar Uang Baru di Bank

Proses penukaran uang baru di bank sendiri tidak dapat dilakukan sesuka hati sesuai dengan jumlah uang yang ingin ditukar, melainkan pihak bank juga memiliki batas penukaran yaitu 3,7 juta rupiah untuk setiap orang yang ingin menukar.

Selain itu, pecahan uang yang dapat diterima juga disesuaikan dengan jumlah yang ingin ditukar. Seperti misalnya pecahan uang Rp 100.000 ditukar menjadi pecahan uang Rp 1.000 dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung melihat jumlah uang yang dapat ditukar berikut ini:

Jumlah PenukaranNominal Setelah di Tukar
Rp 100.000Rp 1.000
Rp 200.000Rp 2.000
Rp 500.000Rp 5.000
Rp 1.000.000Rp 10.000
Rp 2.000.000Rp 20.000
Advertisements

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang cara tukar uang baru di bank dari Pakai Banking, mudah-mudahan saja informasi tentang cara menukar uang baru diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi kalian semuanya yang belum mengetahui.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.