8 Cara Bayar Pajak Motor Lewat KlikBCA 2022 : Syarat & Biaya

Cara Bayar Pajak Motor Lewat KlikBCA

Cara Bayar Pajak Motor Lewat KlikBCA – Seperti diketahui, sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentunya mereka harus memenuhi kewajibannya, salah satunya yaitu membayar pajak kendaraan bermotor. Dulu pembayaran pajak memang dapat dikatakan sangat sulit dan membutuhkan waktu lama karena masyarakat diharuskan untuk mengantre di kantor pajak.

Namun, seiring berkembangnya era digital seperti sekarang ini, proses pembayaran pajak sepeda motor sudah bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan masyarakat. Dimana tata cara pembayaran pajak kendaraan bermotor sendiri saat ini dapat dilakukan melalui beberapa jenis fasilitas perbankan dari BCA, termasuk Internet Banking BCA atau KlikBCA.

Akan tetapi, masih ada sebagian besar nasabah BCA di luar sana yang mengeluhkan bahwa mereka merasa bingung bagaimana langkah-langkah pembayarannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah ketika ingin membayar pajak motor lewat KlikBCA.

Maka dari itu, apabila kalian berencana membayar pajak motor secara online lewat KlikBCA, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata caranya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara bayar pajak motor lewat KlikBCA dilengkapi dengan syarat beserta ketentuannya.

Syarat Bayar Pajak Motor Lewat KlikBCA

Sebelum membahas poin utama mengenai cara bayar pajak motor lewat KlikBCA lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa syarat hingga ketentuannya. Salah satu syarat utama supaya proses pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui internet banking BCA dapat berhasil yaitu kalian perlu mempersiapkan kode billing atau e-billing.

Dimana kode billing sendiri nantinya dapat kalian dapatkan di situs resmi resmi Direktorat Jenderal Pajak di https://sse3.pajak.go.id. Tata cara mendapatkannya sendiri kalian hanya perlu memasukkan beberapa data atau informasi mengenai sepeda motor, entah itu nomor STNK, nomor KTP dan lain sebagainya.

Selain itu, karena fasilitas KlikBCA hanya bisa diakses melalui web panel di browser, maka kalian perlu mempersiapkan sebuah perangkat elektronik seperti smartphone, laptop ataupun komputer. Pastinya perangkat alat elektronik tersebut harus dilengkapi dengan koneksi jaringan internet yang stabil serta lancar.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat KlikBCA

Setelah memenuhi beberapa syarat dan ketentuan bayar pajak motor lewat KlikBCA di atas, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tahapan-tahapan melakukannya. Meskipun sama-sama menggunakan fasilitas dari bank BCA, namun pembayaran pajak motor lewat KlikBCA akan sedikit berbeda dengan cara bayar pajak motor lewat M Banking BCA.

Meskipun demikian, kalian jangan khawatir karena disini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana langkah-langkah pembayarannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara bayar pajak motor lewat KlikBCA berikut ini, entah itu di HP, laptop ataupun komputer/PC.

1. Kunjungi Situs KlikBCA

Kunjungi Situs KlikBCA

Cara pertama, silahkan kunjungi situs KlikBCA di https://ibank.klikbca.com/ melalui smartphone, laptop maupun komputer. Sebelum melanjutkan tutorialnya, pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi jaringan internet di perangkat kalian dalam keadaan stabil dan lancar.

2. Login Akun KlikBCA

Login Akun KlikBCA

Apabila sudah masuk ke dalam web panel atau situs resmi KlikBCA, cara selanjutnya yaitu login ke dalam akun milik nasabah. Biasanya agar bisa login ke dalam KlikBCA, kalian perlu memasukkan user ID serta PIN Internet Banking BCA.

3. Masuk Menu Pembayaran

Masuk Menu Pembayaran

Setelah berhasil login ke dalam akun KlikBCA, nantinya akan muncul beberapa opsi atau pilihan menu di kolom sebelah kiri layar. Untuk melanjutkan langkah-langkahnya, silahkan masuk ke menu Pembayaran.

4. Pilih Opsi Pajak

Pilih Opsi Pajak

Kemudian akan muncul kembali beberapa sub menu dari opsi Pembayaran. Karena disini kalian akan membayar pajak kendaraan sepeda motor, maka silahkan pilih opsi Pajak.

5. Pilih Jenis Pajak

Pilih Jenis Pajak Motor

Setelah itu, nantinya halaman secara otomatis akan menampilkan detail pembayaran pajak lewat KlikBCA. Cara berikutnya silahkan tentukan jenis pajak menjadi Penerimaan Negara.

6. Masukkan Kode Billing

Masukkan Kode Billing

Lalu masukkan kode billing yang sudah kalian dapatkan sebelumnya pada kolom persis di bawah opsi Jenis Pajak. Pastikan kalian memasukkan kode billing pembayaran pajak motor tersebut dengan benar tanpa kurang satu angka pun.

7. Masukkan PIN KlikBCA

Masukkan PIN KlikBCA

Pada tahap ini, kalian diminta untuk memasukkan PIN KlikBCA. Cara mendapatkan PIN KlikBCA sendiri yaitu dengan menekan Aplly 1 pada Respon KeyBCA. Silahkan masukkan PIN tersebut dengan benar. Jika sudah klik Kirim.

8. Simpan Bukti Pembayaran Pajak Motor

Simpan Bukti Pembayaran Pajak Motor

Apabila transaksi pembayaran pajak motor online melalui KlikBCA berhasil, maka halaman akan menampilkan detail transaksi. Silahkan simpan bukti pembayaran pajak motor dengan cara menekan tombol Cetak dan Simpan atau menyimpannya sebagai tangkapan layar (screenshot).

Biaya Bayar Pajak Motor Lewat KlikBCA

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara bayar pajak motor online lewat KlikBCA dilengkapi dengan syarat beserta ketentuannya. Sebagai informasi tambahan, selain mengharuskan nasabah memenuhi sejumlah syarat, pihak bank BCA juga memiliki ketentuan mengenai biaya administrasi tambahan untuk transaksi pembayaran pajak.

Dimana untuk besaran biaya administrasi tambahan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui KlikBCA sendiri yaitu sebesar Rp 5.000 per transaksinya. Dengan kata lain, setiap kali nasabah membayar pajak sepeda motor lewat Internet Banking BCA, maka saldo rekening mereka akan terpotong sebesar Rp 5.000.

Penyebab Gagal Bayar Pajak Motor Lewat KlikBCA

Memang benar bahwa pembayaran pajak motor lewat KlikBCA masih terbilang cukup sulit untuk dilakukan, khususnya bagi para nasabah baru. Maka dari itu, tidak heran jika masih ada beberapa keluhan dari nasabah mengenai transaksi pembayaran pajak sepeda motor melalui KlikBCA tidak berhasil dilakukan.

Adapun penyebab kegagalan pembayaran pajak motor online melalui Internet Banking BCA dapat berasal dari sejumlah hal. Nah, supaya terhindar dari kegagalan pembayaran pajak motor lewat KlikBCA, ada baiknya cari tahu beberapa penyebab permasalahannya di bawah ini.

  • Koneksi jaringan internet di perangkat buruk atau tidak stabil.
  • Browser yang digunakan oleh nasabah belum diupdate ke versi terbarunya.
  • Nasabah salah memasukkan PIN KlikBCA.
  • Nasabah salah memasukkan kode billing pembayaran pajak.
  • Server bank BCA sedang mengalami gangguan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan dari Pakaibanking.com seputar cara bayar pajak motor lewat KlikBCA dilengkapi dengan syarat hingga besaran biaya transaksinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membayar pajak kendaraan bermotor melalui layanan KlikBCA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.