Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Apa Itu Skimming ATM : Ciri-Ciri, Cara Kerja & Menghindari

Apa Itu Skimming ATM
Advertisements

Apa Itu Skimming ATM – Belakangan ini sedang banyak dibicarakan kejahatan pada dunia perbankan, dimana kejahatan tersebut disebut dengan skimming ATM. Namun tahukan kalian apa itu skimming ATM?

Bagaimana ciri-ciri rekening yang terkena skimming dan bagaimana cara kerja skimming ATM itu sendiri? Nah, untuk kalian yang sekiranya merasa belum mengetahui akan hal tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi yang akan kami berikan hari ini.

Dimana pada kesempatan hari ini kami akan membahasn secara lengkap tentang apa itu skimming ATM bersama dengan ciri-ciri rekening skimming, cara kerja dan bagaimana cara menghindari agar tidak terkena hal tersebut.

Dengan mengetahui beberapa hal tentang skimming ATM, paling tidak kalian dapat menghindari atau mengurangi resiko terjadinya pencurian data pada mesin ATM ke rekening yang kalian gunakan untuk bertransaksi sehari-hari.

Apa Itu Skimming ATM

Skimming adalah tindakan pencurian data yang dilakukan menggunakan sebuah alat khusus bernama skimmer dengan bentuk seperti lubang slot kartu atau berupa benda kecil yang terpasang pada tutup tombol angka mesin.

Dengan menggunakan data yang didapatkan tersebut, para pelaku kriminal tersebut akan mengambil uang pada rekening tanpa harus memiliki kartu debit atau ATM korban. Oleh karena itu, terkadang ada kasus uang direkening tiba-tiba hilang.

Ciri-Ciri Rekening Kena Skimming

Untuk dapat mengetahui apakah rekening yang digunakan terkena skimming atau tidak, maka perlu mengetahui beberapa ciri-ciri rekening kena skimming. Adapun ciri-ciri paling utama apabila rekening terkena skimming adalah muncul transaksi sendiri.

Advertisements

Beberapa jenis transaksi yang muncul sendiri misalnya adalah tagihan pembelian barang atau lainnya, padahal kalian tidak pernah melakukan transaksi tersebut sebelumnya. Dan ciri-ciri paling utama ialah uang di rekening hilang dengan sendirinya.

Cara Kerja Skimming ATM

Lantas bagaimana cara kerja skimming di ATM? Dengan menggunakan alat yang telah terpasang pada mesin ATM, nantinya alat tersebut akan menyalin beberapa data nasabah seperti misalnya PIN pada ATM tersebut, data pribadi sampai dengan jumlah saldo yang dimiliki.

Setelah mendapatkan data-data yang diperlukan, nantinya para pelaku kriminal tersebut akan menguras saldo pada rekening tersebut. Baik itu untuk pembelian barang atau memindahkan saldo ke rekening lain yang telah disiapkan sebelumnya.

Cara Menghindari Skimming ATM

Kemudian adakah cara menghindari skimming di ATM? Tentu saja ada, setelah mengetahui beberapa hal tentang skimming pastinya kalian dapat melakukan beberapa hal untuk menghindari terjadinya skmming pada mesin ATM yang digunakan.

1. Pemilihan Mesin ATM

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah memilih mesin ATM. Pastikan kalian menggunakan mesin ATM ditempat yang tidak terlalu ramai digunakan oleh orang, karena modus tersebut biasanya dilakukan pada mesin ATM yang ramai agar mendapatkan banyak mangsa.

Hal ini harus lebih kalian perhatikan apabila sedang berada di tempat wisata atau tempat yang asing bagi kalian. Karena kalian tidak mengetahui bagaimana kondisi lingkungan pada tempat wisata atau tempat asing yang sedang kalian kunjungi tersebut.

2. Perhatikan Kondisi Mesin ATM

Selanjutnya ialah memperhatikan kondisi mesin ATM. Pastikan kalian periksa terlebih dahulu mesin ATM yang akan digunakan, apakah pada mesin ATM tersebut terdapat alat untuk melakukan kejahatan tersebut. Seperti memeriksa lubang slot kartu dan pada bagian penutup tombol angka.

Karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas, alat yang digunakan pada modus pembobolan rekening melalui mesin ATM biasanya terpasang pada lubang slot kartu atau terpasang pada penutup angka yang terdapat pada mesin ATM.

3. Sembunyikan PIN ATM

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan ialah dengan cara menyembunyikan PIN pada saat menginput pada mesin ATM. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya skmming apabila alat tersebut terpasang pada bagian penutup angka.

Selain dengan cara menutupi dengan tangan pada saat memasukan PIN, kalian juga bisa membersihkan tombol angka pada mesin ATM setelah menggunakannya. Supaya tidak terdapat fingerprint pada tombol angka tersebut yang nantinya bisa juga digunakan untuk proses skimming.

4. Gunakan Fitur Cardless

Hal terakhir yang dapat dilakukan untk menghindari skimming pada mesin ATM adalah menggunakan layanan cardless atau tanpa kartu. Kalian bisa melakukan Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk menghindari terjadinya skimming.

Dengan menggunakan layanan tersebut, maka tidak alat skimmer yang terpasang pada mesin ATM tidak akan dapat menyalin data-data yang digunakan. Karena kalian tidak memasukan kartu debit ke lubang slot mesin ATM.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai apa itu skimming ATM yang sekiranya dapat Pakai Banking berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.