Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

4 Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu M Banking BCA, BRI, BNI & Mandiri

Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu M Banking
Advertisements

Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu M Banking – Bukti transfer merupakan alat bukti seseorang telah melakukan transfer uang kepada rekening tujuan, hal tersebut biasanya digunakan sebagai alat bukti pada saat melakukan pembelian online atau sebagainya.

Akan tetapi bukti transfer tersebut bisa saja dibuat palsu, sehingga seseorang dapat mengatakan telah melakukan transfer dengan menunjukan bukti transfer tersebut. Padahal orang tersebut belum melakukan transfer uang ke rekening tujuan.

Modus-modus penipuan seperti ini sering sekali terjadi di dunia online, karena modus penipuan saat ini sudah mulai berkembang dengan pesat. Tidak hanya melalui mesin ATM, namun m banking juga saat ini sudah mulai dirambah oleh para penipu.

Nah, untuk kalian yang sekiranya pelaku bisnis online, maka perlu kalian ketahui bagaimana ciri-ciri bukti transfer palsu m banking. Barang kali saja ada salah satu customer kalian yang gerak-geriknya mencurigakan atau melihat bukti transfer seperti ciri-ciri bukti transfer palsu.

Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu M Banking

Ciri-ciri bukti transfer palsu m banking sebenarnya dapat diketahui dengan mudah, karena cetakan atau bentuk bukti transfer m banking sudah dibuat secara permanen dari memiliki ciri khas sendiri untuk setiap banknya. Sehingga akan sangat mudah untuk dikenali.

Adapun beberapa ciri-ciri bukti transfer palsu m banking itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Background Bukti Transfer

Hal pertama yang paling mudah untuk diketahui ialah background bukti transfer. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, apabila background bukti transfer setiap bank sudah memiliki ciri khas masing-masing dengan desain yang sama.

Advertisements

Sehingga saat kalian melihat bukti transfer bank tersebut memiliki background berbeda dengan desain yang biasanya, sudah dapat dipastikan apabila bukti transfer tersebut merupakan bukti transfer palsu.

2. Font Tidak Jelas dan Seragam

Hal selanjutnya yang dapat menjadi ciri-ciri bukti transfer palsu ialah bentuk font yang digunakan tidak jelas dan seragam atau sama. Pada saat seseorang mengedit bukti transfer, maka akan sangat terlihat jelas perbedaan font yang digunakan.

Terkecuali orang tersebut mengetahui font yang digunakan pada bukti transfer asli, karena font yang digunakan pada bukti transfer asli terkadang sulit untuk diidentifikasi. Sehingga saat seseorang mengedit bukti transfer akan sangat terlihat jelas perbedaan pada fontnya.

3. Tata Letak Tulisan Tidak Rapi

Ciri-ciri selanjutnya adalah tata letak tulisan pada bukti transfer tidak rapi. Hal tersebut akan terlihat sangat jelas ketika seseorang yang mengedit bukti transfer dengan tidak teliti, maka posisi tulisan akan sangat terlihat tidak rapi.

Karena bukti transfer asli biasanya akan memiliki tata letak tulisan yang sudah tersusun rapi, karena memang sudah ada template bukti trasnfer yang digunakan. Sehingga tata letaknya juga pasti akan rapi.

4. Warna Tulisan Terlihat Berbeda

Ciri-ciri terakhir adalah warna tulisan terlihat berbeda. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dimana bukti transfer asli sudah memiliki template khusus. Sehingga tata letak sampai dengan warna tulisan juga pasti akan sama.

Sehingga pada saat kalian melihat bukti transfer dengan warna tulisan berbeda, baik itu terlihat lebih tebal atau tipis. Maka sudah dapat dipastikan apabila bukti transfer yang diberikan atau dikirimkan tersebut merupakan bukti transfer palsu.

Cara Cek Rekening Bukti Transfer Palsu M Banking

Untuk lebih meyakinkan apabila orang tersebut memang mengirimkan bukti transfer asli atau palsu, maka ada baiknya kalian coba melakukan cek nomor rekening yang digunakan untuk mengirim atau transfer uang tersebut di cekrekening.id.

Apabila rekening tersebut sudah pernah dilaporkan oleh orang lain, maka sudah dapat dipastikan apabila rekening yang digunakan merupakan rekening penipu dan bukti transfer yang digunakan juga bisa dikatakan merupakan bukti transfer palsu.

Akan tetapi untuk rekening yang di cek tidak memiliki laporan oleh pengguna lainnya, maka bisa dipastikan rekening tersebut bukan merupakan rekening penipu. Meskipun demikian, kalian harus tetap waspada dengan ciri-ciri bukti transfer palsu yang telah kami jelaskan diatas.

Tips Terhindar Bukti Transfer Palsu M Banking

Selain memastikan nomor rekening pengirim bukti transfer tersebut, hal lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan diantaranya melakukan cek mutasi. Pastikan uang transfer sudah masuk ke rekening tujuan sesuai dengan bukti transfer.

Apabila pada saat cek mutasi sudah ada uang masuk ke dalam rekening dengan nomor rekening pengirim sesuai dengan bukti transfer, maka dapat dipastikan bukti transfer tersebut merupakan bukti transfer asli dan bukan merupakan bukti transfer palsu.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang dapat Pakai Banking berikan mengenai ciri-ciri bukti transfer palsu m banking, semoga saja informasi seputar dunia perbankan yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian.

Advertisements
Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *