Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

10 Cara Membayar BPJS Lewat BRImo : Iuran & Denda

Cara Membayar BPJS Lewat BRImo

Cara Membayar BPJS Lewat BRImo – BRImo atau BRI mobile merupakan salah salah satu layanan perbankan dari BRI, dimana layana ini memanfaatkan sebuah aplikasi mobile. Sehingga nasabah dapat melakukan transaksi melalui sebuah aplikasi mobile.

BRImo sendiri bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi layaknya internet banking, mulai dari cek saldo, transfer uang sampai dengan melakukan berbagai macam pembayaran, seperti misalnya bayar BPJS, Indihome dan tagihan lainnya.

Selain itu, BRImo juga dapat digunakan untuk melakukan top up atau isi ulang saldo bank digital, seperti misalnya TOP UP SALDO OVO LEWAT BRIMO. Nah, untuk anda yang kebetulan ingin memanfaatkan layanan BRImo untuk membayar BPJS namun belum mengetahui cara menggunakannya.

Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih dahulu cara membayar BPJS lewat BRImo yang akan kami berikan pada kesempatan ini. Namun selain memberikan cara membayar, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya.

Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan

Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi cara membayar lewat aplikasi BRI ini, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa besarnya iuran BPJS kesehatan setiap bulannya. Karena besarnya iuran BPJS kesehatan saat ini sudah naik berdasarkan PP No. 64 Tahun 2020.

KelasIuran Per Bulan
Kelas IRp 150.000,00
Kelas IIRp 100.000,00
Kelas IIRp 42.000,00

Silahkan anda sesuaikan besarnya iuran yang harus dibayarkan setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih pada saat mendaftar BPJS kesehatan. Sehingga nantinya anda tidak salah dalam membayar jumlah iuran BPJS.

Denda Telat Membayar BPJS

Denda Telat Membayar BPJS

Selain informasi besarnya iuran BPJS yang perlu dibayarkan, informasi lain yang perlu diketahui juga adalah denda telat membayar BPJS. Dimana jatuh tempo pembayaran BPJS setiap bulannya adalah tanggal 10, jadi kalau melakukan pembayaran lewat dari tanggal tersebut akan terkena denda.

Adapun denda atau sanksi yang didapatkan apabila telat membayar BPJS kesehatan adalah seperti berikut:

  1. Status menjadi non-aktif per tanggal 1 pada bulan berikutnya.
  2. Status bisa menjadi aktif kembali, apabila membayar iuran yang tertunggak paling banyak 24 bulan ditambah dengan membayar iuran berjalan.
  3. Peserta BPJS akan dikenakan denda pelayanan sebesar 2,5% apabila membutuhkan pelayanan rawat inap dalam kurun waktu 45 hari semenjak status kepesertaan telah aktif.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda tidak pernah telat dalam membayar BPJS. Karena jika sampai telat membayar BPJS, maka fasilitas kesehatan tersebut akan di non-aktifkan dan anda tidak dapat menggunakan layanan tersebut atau akan terkena denda.

Cara Membayar BPJS Lewat BRImo

Apabila anda sudah mengetahui beberapa infromasi lain seputar BPJS kesehatan, maka saatnya anda mengetahui bagaimana cara membayar BPJS lewat BRImo? Sebelum mengikuti cara membayar tersebut, alangkah baiknya jika anda sudah memiliki aplikasi BRImo terlebih dahulu.

Apabila anda belum memiliki aplikasi BRImo, maka bisa download terlebih dahulu aplikasi tersebut di Google Play atau App Store. Setelah itu silahkan ikuti cara membayar lewat aplikasi tersebut dibawah ini.

1. Buka Aplikasi BRImo

Buka Aplikasi BRImo

Cara pertama silahkan buka aplikasi BRImo, kemudikan pilih menu Login dan masukan User dan Passwod masing-masing.

2. Pilih Menu Lainnya

Pilih Menu Lainnya

Setelah itu silahkan pilih menu Lainnya untuk melanjutkan membayar BPJS.

3. Pilih Menu BPJS

3. Pilih Menu BPJS

Cara berikutnya ialah memilih menu BPJS, silahkan scroll ke bawah jika tidak menemukan menu tersebut.

4. Pilih Pembayaran Baru

4. Pilih Pembayaran Baru

Bagi yang belum pernah melakukan pembayaran BPJS menggunakan BRImo, maka silahkan pilih menu Pembayaran Baru. Sedangkan yang sudah pernah silahkan pilih pada menu Daftar Pembayaran.

5. Mengisi Detail BPJS

5. Mengisi Detail BPJS

Cara selanjutnya ialah mengisi detail BPJS dengan memilih jenis BPJS (BPJS Kesehatan / Denda) dan mengisikan juga nomor BPJS yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan.

6. Centang Simpan Untuk Selanjutnya

6. Centang Simpan Untuk Selanjutnya

Bagi anda yang sering melakukan pembayaran BPJS menggunakan BRImo, maka anda bisa centang pada bagian menu Simpan Untuk Selanjutnya. Kemudian pilih menu Bayar untuk melanjutkan.

7. Konfirmasi Detail Pembayaran

Konfirmasi Detail Pembayaran

Cara selanjutnya ialah mengkonfirmasi detail pembayaran, pasitkan nama dan jumlah iuran yang harus dibayarkan sesuai. Jika detail pembayaran sudah benar, silahkan piliha menu Bayar untuk melanjutkan.

8. Masukan PIN BRImo

8. Masukan PIN BRImo

Terakhir tinggal memasukan PIN BRImo dengan benar, setelah itu transaksi pun telah selesai.

9. Transaksi Berhasil

Transaksi Berhasil

Silahkan simpan bukti pembayaran jika anda membutuhkannya sewaktu-waktu, apabia anda tidak membutuhkannya maka bisa langsung keluar dari aplikasi BRImo.

Akhir Kata

Demikian itu cara membayar BPJS lewat BRImo yang sekiranya dapat Pakaibanking berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi tentang cara membayar lewat aplikasi mobile diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi anda-anda sekalian semuanya.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *