Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

20 Arti Kode Transaksi Bank BRI : CCM, DCM, OVB, LIC & INT

Arti Kode Transaksi Bank BRI

Arti Kode Transaksi Bank BRI – Bank BRI merupakan salah satu bank tertua dan terbesar di Indonesia. Bank BRI sendiri mulai beroperasi pada tahun 1895 yang berdiri di kota Purwokerto, Jawa Tengah. Bank BRI juga menjadi salah satu pilihan bank utama bagi masyarakat Indonesia.

Karena pelayanannya sangat lengkap dan biaya transaksi tidak begitu tinggi, seperti saja contohnya untuk BIAYA SMS BANKING BRI yang tergolong cukup murah jika dibandingkan dengan beberapa biaya transaksi bank lainnya di Indonesia.

Sama dengan kebanyakan bank lainnya, bank BRI juga memiliki kode transaksi atau sandi transaksi yang bisa dilihat pada buku tabungan BRI. Apabila diperhatikan lebih teliti, pada bagian buku tabungan BRI terdapat kolom sandi atau kode transaksi.

Bagi anda yang sekiranya masih belum memahami arti dari kode transaksi tersebut, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat pembahasan yang akan kami berikan secara lengkap pada kesempatan hari ini. Sehingga nantinya anda akan mengetahui arti kode transaksi tersebut.

Apa Itu Kode Transaksi Bank BRI

Apa Itu Kode Transaksi Bank BRI

Sebelum kami bahas arti setiap kode transaksi pada bank BRI, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu kode transaksi bank BRI? Kode transaksi bank BRI merupakan kode atau sandi yang digunakan untuk menandai setiap transaksi.

Hal tersebut bertujuan untuk lebih mempermudah nasabah melakukan tracking dana yang digunakan, karena cukup dengan melihat kode transaksi pada buku tabungan anda akan mengetahui dana tersebut digunakan untuk keperluan apa.

Contoh Kode Transaksi Bank BRI

Contoh Kode Transaksi Bank BRI

Lantas seperti apa contoh kode transaksi bank BRI itu sendiri? Kode transaksi pada bank BRI biasanya menggunakan singkatan seperti CCM, OVB, LIC, INT, ADM, MDB, AFT dan masih banyak lagi kode transaksi bank BRI lainnya.

Jadi setiap kali anda melakukan transaksi, maka kode tersebut secara otomatis akan muncul pada buku rekening ataupun pada saat anda cek mutasi melalui internet banking, sms banking dan mobile banking.

Arti Kode Transaksi Bank BRI

Arti Kode Transaksi Bank BRI Terlengkap

Lantas, apa arti setiap kode transaksi tersebut? dan kenapa ada kode transaksi? untuk anda yang ingin mengetahui arti kode transaksi bank BRI secara lengkap, maka anda bisa langsung melihat informasi arti kode transaksi bank BRI dibawah ini.

1. Arti Kode AFT Bank BRI

Kode AFT atau kepanjangan dari Automatic Fund Transfer memiliki arti adanya transaksi auto debet ke sesama bank BRI. Transaksi ini biasanya terjadi jika anda memiliki dua jenis tabungan BRI, diantaranya adalah tabungan Britama serta Britama rencana.

Dimana akan terjadi setoran secara otomatis dari tabungan Britama ke Britama rencana setiap bulan. Namun hal tersebut akan terjadi jika anda menggunakan fitur AFT, jika tidak maka transaksi AFT tidak akan terjadi.

2. Arti Kode FAS Bank BRI

Kode FAS atau kepanjangan dari Facility Account Sweep memiliki arti terjadinya transaksi auto debet ke bank lain. Transaksi ini biasanya terjadi jika anda memiliki dua tabungan dengan bank berbeda, kemudian anda menjadwalkan untuk transfer secara otomatis setiap tanggal yang telah ditentukan.

3. Arti Kode AGF Bank BRI

Kode AGF kepanjangan dari Automatic Grab Fund yang artinya adalah terjadi auto debet pada rekening untuk membayar angsuran atau cicilan. Jadi untuk anda yang memiliki cicilan rumah, motor atau lainnya dan mengaktifkan auto debet BRI sebagai media pembayarannya, maka akan muncul kode transaksi tersebut.

4. Arti Kode CHG Bank BRI

Kode CHG atau singkatan dari Charge, arti kode ini adalah terdapat transaksi debet biaya admin. Kode transaksi ini sudah pasti akan muncul setiap bulannya, karena biaya admin sudah pasti akan dikenakan kepada para nasabah setiap bulan.

5. Arti Kode OVB Bank BRI

Kode OVB atau Overbooking, arti kode tersebut ialah terdapat pemindahan bukuan tabungan pada rekening BRI. Jadi pada saat anda menemukan kode transaksi tersebut pada buku tabungan, maka terjadi pemindahan bukuan pada rekening anda.

6. Arti Kode MDB Bank BRI

Kode MBD (Multi Debet) arti kode tersebut ialah terdapat debet untuk biaya notifikasi pada pengguna tabungan BRI. Kode ini biasanya akan muncul bagi anda yang menggunakan layanan sms banking BRI, karena ada biaya notifikasi pada saat melakukan transaksi.

7. Arti Kode INT Bank BRI

Kode INT (Inters) atau bunga artinya adalah adanya penambahan saldo atau kredit bunga pada rekening BRI anda. Kode ini juga biasanya akan muncul setiap bulan, apabila anda sering cek mutasi atau cetak buku tabungan.

8. Arti Kode TAX Bank BRI

Kode TAX artinya adalah terjadi debet pada rekening tabungan BRI untuk pembayaran pajak. Pajak disini biasanya dikenakan untuk setiap bunga bank yang diterima oleh nasabah.

9. Arti Kode CWD Bank BRI

Arti kode CWD (Cash Withdrawal) bank BRI ialah terjadi transaksi penarikan tunai. Jadi pada saat anda melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM BRI, maka kode CWD otomatis akan muncul pada bagian mutasi atau buku tabungan.

10. Arti Kode CSD Bank BRI

Arti kode CSD (Cash Deposit) ialah terjadi transaksi penyetoran tunai pada rekening BRI. Jadi setiap kali anda melakukan penyetoran tunai melalui teller bank secara langsung atau melalui mesin ATM, kode CSD akan muncul.

11. Arti Kode LIC Bank BRI

Arti kode LIC ialah terjadinya transaksi auto debet untuk pembiayaan angsuran. Jadi untuk anda yang memiliki pinjaman di bank BRI, kemudian cara pembayaran menggunakan auto debet dari rekening BRI. Maka kode tersebut akan muncul pada buku tabungan.

12. Arti Kode DCM Bank BRI

Arti kode DCM bank BRi ialah terjadinya transaksi auto debet pada rekening untuk biaya admin karena tidak melakukan cetak buku dengan jangka waktu cukup lama. Namun kode transaksi ini jarang sekali muncul, karena transaksi tersebut tidak terjadi setiap bulan.

13. Arti Kode CCM Bank BRI

Arti kode CCM tidak berbeda jauh dengan kode INT yang artinya adalah terjadinya transaksi pemberian bunga kepada nasabah karena tidak melakukan cetak buku dengan jangka waktu cukup lama. Namun kode CCM tidak muncul sebanyak kode INT.

14. Arti Kode C Bank BRI

Arti kode C (Credit) ialah terjadi transaksi uang masuk ke dalam rekening, baik itu transfer dari sesama BRI, bank lain ataupun setoran tunai.

15. Arti Kode D Bank BRI

Arti kode D (Debet) ialah terjadi transaksi uang keluar pada rekening BRI, baik itu transfer ke sesama BRI, bank lain, pembayaran tagihan, angsuran atau lainnya.

16. Arti Kode NBMB Bank BRI

Arti kode NBMB atau New BRI Mobile Banking ialah kode transaksi yang ditujukan untuk para pengguna mobile banking baru atau lebih dikenal dengan sebutan BRImo.

17. Arti Kode CSC Bank BRI

Arti CSC atau Card Scurity Code ialah kode keamanan pada kartu debet atau dikenal juga dengan kode CVV (Card Verification Value). Kode ini biasanya terdapat pada bagian belakang kartu ATM berjumlah 3 digit.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang arti kode transaksi bank BRi dari Pakaibanking, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat bagi anda bisa menambah pengetahuan anda seputar dunia perbankan.

Reza Penulis Aktif Di Beberapa Media Perbankan Salah Satunya Website Ini. Semoga Artikel Yang Saya Bagikan Ini Bermanfaat Untuk Para Pembaca dan Pengunjung Website Pakaibanking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *