Mesin EDC BCA Tidak Keluar Struk: Penyebab & Cara Mengatasi

Mesin EDC BCA Tidak Keluar Struk – Mesin EDC (Electronic Digital Capture) merupakan salah satu dari layanan perbankan yang digunakan untuk mempermudah para nasabah dalam menerima pembayaran, terutama pembayaran non tunai. Bagi anda yang memiliki bisnis akan sangat pas sekali jika menggunakan mesin EDC, karena hal tersebut akan lebih mempermudah para pelanggan anda dalam melakukan pembayaran.

Selain itu, hal tersebut juga dapat memudahkan anda karena uang akan langsung masuk ke rekening tabungan. Tidak jarang pengguna mesin EDC mengalami kendala. Misalnya seperti struk tidak keluar dalam proses pencetakan atau print struk.

Hal tersebut bisa saja terjadi pada beberapa mesin EDC di semua bank Indonesia. Misalnya seperti BCA, Mandiri, BNI dan beberapa bank nasional lainnya. Namun apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi mesin EDC BCA tidak keluar struk?

Nah pada artikel kali ini, Pakaibanking.com akan menyajikan ulasan tentang cara mengatasi mesin EDC BCA tidak keluar struk. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu ulasan tentang penyebab mesin EDC tidak bisa cetak struk berikut ini.

Penyebab Mesin EDC BCA Tidak Keluar Struk

Ada beberapa masalah yang membuat mesin EDC tidak bisa keluar struk. Misalnya seperti adanya masalah pada Paper Roll, jaringan tidak bagus maupun adanya masalah lainnya di mesin EDC. Penyebab kenapa mesin EDC BCA tidak bisa mengeluarkan struk adalah sebagai berikut:

1. Paper Roll Habis

Penyebab pertama struk tidak keluar bisa dikarenakan paper roll sudah habis. Baik mesin EDC BCA atau bank lainnya umumnya akan mengeluarkan tanda apabila paper roll sudah hampir habis, namun dikarenakan sensor atau pun kerusakan pada mesin EDC.

Maka tanda tersebut tidak keluar, sehingga pada saat melakukan transaksi struk tidak keluar. Dan hal tersebut mungkin saja bisa membuat anda merasa sedikit kebingungan.

2. Jaringan Tidak Bagus

Penyebab kedua struk tidak keluar bisa dikarenakan oleh jaringan mesin EDC tidak bagus. Karena mesin EDC sendiri beroperasi secara online, terutama untuk tipe mesin EDC yang menggunakan SIM card atau LAN (internet kabel).

Apabila jaringan mesin EDC tidak bagus saat digunakan, maka tidak menutup kemungkinan struk tidak keluar pada saat melakukan transaksi.

3. Penyebab Lainnya

Selain beberapa penyebab di atas, tentunya masih banyak lagi masalah lainnya yang membuat mesin EDC tidak keluar struk. Misalnya seperti adanya mesin EDC rusak, kertas struk digunakan tidak sesuai maupun adanya masalah lainnya.

Secara umum, mesin EDC yang tidak bisa keluar struk tentunya lebih berkaitan dengan bagian atau komponen kertas, roller maupun komponen lainnya di dalam mesin struk. Sehingga untuk ketahui masalah lainnya pada error EDC BCA tidak keluar struk perlu dilakukan pembongkaran.

Cara Mengatasi Mesin EDC BCA Tidak Keluar Struk

Apabila sudah mengetahui beberapa penyebab mesin EDC BCA tidak keluar struk, maka saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Adapun cara mengatasi permasalahan tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya itu sendiri.

1. Ganti Paper Roll

Apabila permasalahan struk tidak keluar dikarenakan paper roll sudah habis, maka silahkan isi ulang paper roll dengan yang baru. Pastikan posisi pemasangan paper roll dengan benar, kemudian tutup kembali penutup paper roll dengan benar.

Apabila paper roll tidak terpasang pada posisi yang benar dan penutupnya juga tidak terpasang dengan benar, maka tidak menutup kemungkinan struk tidak dapat keluar kembali.

2. Refresh Jaringan

Sedangkan untuk permasalahan struk tidak keluar dikarenakan oleh jaringan mesin EDC yang tidak bagus, maka anda bisa memanfaatkan kode function mesin EDC BCA untuk memeriksa jaringan koneksi.

Yaitu dengan cara menekan tombol F+0, setelah itu silahkan refresh jaringan. Yakni dengan cara menekan tombol F+9+6+Password (3636).

Apabila jaringan mesin EDC BCA masih bermasalah, maka silahkan tukar koneksi pada mesin EDC BCA. Pastikan jaringan koneksi yang digunakan baik, jika jaringan koneksi yang digunakan masih buruk maka permasalahan tidak dapat print struk akan kembali lagi.

3. Reprint Struk Mesin EDC BCA

Jika anda sudah melakukan cara mengatasi yang kami berikan diatas, maka saatnya untuk test mesin EDC BCA. Caranya anda bisa melakukan reprint struk mesin EDC BCA dengan menekan tombol F+7+2 (Reprint transaksi terakhir) atau reprint struk dengan menekan F+7+3.

Apabila struk pada mesin EDC sudah mau keluar, berarti permasalahan diatas sudah dapat diatas. Apabila masih belum keluar, maka solusinya bisa menghubungi pihak bank BCA atau pun teknisi mesin EDC. Karena mungkin saja hal tersebut dikarenakan mesin EDC nya yang error.

Menggunakan beberapa cara di atas tentunya bisa saja berhasil dan juga bisa saja tidak berhasil. Pasalnya setiap penanganan mesin EDC BCA error harus disesuaikan dengan masalahnya. Sehingga proses perbaikan mesin EDC BCA dapat sesuai dengan penyebab atau jenis masalahnya.

Kesimpulan

Sekiranya cukup sekian dulu informasi tentang mesin EDC BCA tidak keluar struk dari Pakaibanking pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang tidak keluar struk pada mesin EDC diatas bisa membantu anda sekalian semua.